Mantap nih, Ada SIM Gratis Buat yang Lahir 1 Juli, Ini Persyaratannya

  • Bagikan
--Ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Anda lahir di bulan Juli? Anda beruntung. Karena, pihak kepolisian akan memberikan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara cuma-cuma alias gratis.

Kepolisian memberi layanan khusus pembuatan SIM seperti Hari Ulang Tahun Bhayangkara yang ke-76.

Hanya saja, sejauh ini baru diketahui baru Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menawarkannya.

"Kami mensyaratkan pembuatan SIM gratis untuk warga yang lahir tanggal 1 Juli karena bertepatan dengan peringatan HUT (Hari Ulang Tahun) Bhayangkara," kata Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah NTB Komisaris Besar Polisi Djoni Widodo, Rabu, 15 Juni 2022.

Djoni mengungkap syarat bagi masyarakat yang ingin mendapatkan SIM gratis 1 Juli, yakni sudah berusia 17 tahun. Selain itu dikatakan ini cuma berlaku untuk 76 orang warga NTB saja.

Warga yang memenuhi syarat bisa langsung datang ke Polres kemudian menunjukkan identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan akta kelahiran.

Bukan cuma itu, Djoni juga bilang pihaknya akan memberikan helm gratis kepada warga yang taat berlalu lintas. Pembagian helm itu dilakukan di setiap kegiatan pengamanan arus lalu lintas di seluruh kabupaten atau kota.

SIM gratis pada momen ulang tahun Bhayangkara ini sudah dilakukan selama beberapa tahun ke belakang, namun tidak di semua Polda.

Pada 2021 diketahui berbagai Polda dan Polres memberikan layanan ini, termasukrat Polda Sumatera Utara, Polres Aceh Jaya, Polres Lebak dan Polres Bogor Kota. (net/pp)

  • Bagikan