29 Juni, Suzuki Ertiga Hybrid Mengaspal di Tana Luwu

  • Bagikan
LAUNCHING All New Suzuki Ertiga Hybrid di Makassar beberapa waktu lalu.IST

Harga Mulai Rp281 Juta, Termahal Rp305 Juta

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Dealer Suzuki Mobil, Megahputera Sejahtera Palopo dalam waktu dekat ini akan memperkenalkan type terbaru mereka yakni All New Suzuki Ertiga Hybrid. Ini adalah Type terbaru mobil Suzuki yang disebut sebut bakal menghentak pasar LMPV yang siap mengaspal di Tana Luwu 29 Juni mendatang.

Disampaikan Branch Manager PT Megahputra Sejahtera Palopo, Rahmat saat diwawancara, Ahad 19 Juni 2022, kemarin. "Kita perkenalkan type terbaru ini di Tana Luwu tanggal 29, bulan ini, sekarang ini sementara persiapan," ungkapnya.

Hanya, kata Rahmat mengenai spesifikasi type ini belum bisa disampaikan. Ertiga Hybrid ini berbeda dengan mobil elektrifikasi yang seluruh sumber tenaganya mengandalkan listrik, type ini menggunakan sumber tenaga yang berasal dari mesin bensin conventional digabungkan dengan Integrated Starter Generation (ISG) serta Lithium-Ion Battery.

Sehingga, memberikan fungsi motor dan generator yang menangkap dan menyimpan energi ke Lithium-Ion Batery. Hal ini yang menjaga komponen kelistirikan mobil tetap menyala saat mobil dalam posisi berhenti sehingga konsumsi bahan bakar lebih efisien karena tidak terjadi proses pembakaran.

Dari sisi tekhnologi, mobil hybrid ini, tentu ramah lingkungan serta hemat bahan bakar. Bahkan disebut-sebut inilah mobil hybrid paling "murah" dikelasnya di pasar otomotif Indonesia terkini. Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, mobil baru itu dinamakan All New Ertiga Smart Hybrid, itu akan dipasarkan dengan empat varian, yakni All New Ertiga Smart Hybrid GX TM, All New Ertiga Smart Hybrid GX AT, All New Ertiga Smart Hybrid Sport MT dan All New Ertiga Smart Hybrid Sport AT.

Suzuki Smart Hybrid merupakan teknologi untuk optimalkan efisiensi kendaraan dengan mengandalkan dua komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal. Dua komponen tersebut adalah Integrated Stater Generator (ISG) dan Lithium-Ion Battery.

Bekerja secara bersamaan dengan mesin pembakaran internal, penyematan teknologi Suzuki Smart Hybrid ini akan menambah keunggulan fitur lain, seperti Auto Start-Stop, restart yang halus dan senyap, setelah auto start-stop aktif, bantuan tenaga untuk akselerasi lebih responsif dan kemudahan regenerasi daya baterai selama pengurangan laju kendaraan.

Prinsip mekanisme kerja Suzuki Smart Hybrid untuk mencapai efisiensi sangat praktis bagi pengendara. Ketika akselerasi, komponen ISG akan memberikan bantuan tenaga kepada mesin bila dibutuhkan untuk meringankan beban putaran mesin sehingga pengendara bisa memperoleh tenaga yang diperlukan secara lebih cepat.

Saat pengendara mengerem, fungsi ISG akan mengubah energi kinetik menjadi energi listrik, yang akan disimpan dalam Lithium-Ion Battery. Kondisi mobil berhenti akan mengaktifkan fitur Auto Start-Stop sehingga mesin mobil mati secara otomatis untuk menghemat konsumsi bahan bakar.

Saat sama seluruh komponen elektrikal yang berada di dalam kabin, seperti head unit, instrument cluster, Multi Information Display, power window, dan lampu kabin tetap berfungsi berkat pasokan listrik dari Lithium-Ion Battery 6Ah. Sementara AC dan lampu ekterior juga tetap aktif lewat pasokan listrik dari Lead Acid Battery 55Ah sehingga pengendara dan penumpang pun akan tetap merasa nyaman.

Peran ISG akan kembali bekerja secara halus untuk menyalakan mesin dengan otomatis ketika pengendara melepaskan injakan di pedal rem (mobil bertransmisi otomatis) atau pedal kopling (mobil bertransmisi manual). Alhasil, mobil dapat kembali digunakan berakselerasi.
All New Ertiga Hybrid tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-percepatan (MT) dan otomatis 4-percepatan (AT).

Harga On The Road (OTR) Makassar dan sekitarnya, All New Ertiga Hybrid SS-AT Rp305.400.000, All New Ertiga Hybrid SS-MT Rp292.200.000, All New Ertiga Hybrid GX-AT Rp294.600.000, dan All New Ertiga Hybrid GX-MT Rp281.450.000. (ald/idr)

  • Bagikan