Bentuk SDGs Center, UNANDA Siap Go Internasional

  • Bagikan

Universitas Andi DjemmaPalopo(UNANDA) membentuk Pusat StudiTujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustanable Development Goals Center) pada tanggal15 Juni2022. Pembentukaniniresmitertuangdalam SK yang ditandatanganilangsung oleh Rektor UNANDA Dr. Ir. H. Annas Boceng, MSi. TerpilihsebagaiKetua SDGs Center UNANDA adalah Dr. Henny TribuanaCinnawara, MSi.

Ada beberapanama guru besarterteradalam SK tersebutdiantaranya Prof. Dr. BaharuddinMappangajasebagaiPelindung dan beberapapejabat di lingkungna UNANDA sebagaiPenanggungjawabdiantaranya Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Dr. Abdurrahman Nur, Dr. SukrimingSaparang, RafiqhAsaff, MSi, dan Hasbi, MSP.

SDGs Center di UNANDA diawalidengandiskusi Seminar Pembentukan SDGs yang dilaksanakan di UNANDA tanggal21 Mei 2022. Pertemuaninidiinisiasi oleh perwakilanProgram USAID MADANI di Kota Palopo dan Luwu Utara. USAID MADANI adalahsebuahprogram bantuanInternasionaldari Amerika Serikat yang bertujuanmemperkuatOrganisasi Masyarakat Sipilberkolaborasidenganparapihakdan pemerintahdaerahdalammendorongisu-isupembangunan, termasukmendorongpencapaianTujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Hadirsebagaipembicara pada seminar pembentukaniniadalahDirekturSDGs Center Universitas Negeri Gorontalo, Dr. Raghel YungingersertaperwakilanGesellschaft fur InternationaleZusammenarbeit(GIZ) Jerman, Dr. Bobby R. Payu. Keduapembicaramembagikanpengalamanmerekadalammenginisiasipembentukanpusatstudi Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia, sehinggamenjadiacuanbagiterbentuknya SDGs Center UNANDA.

Seminar inilaludikuti oleh kesepakatanpembentukan Pusat StudiTujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs Center) dan disusuldenganterbitnya SK RektorNomor354/UM.7/023/VI/2022 yang resmimendaulat Dr. Henny TribuanasebagaiKetuadan langsungberkoordinasidenganSekretariat SDGs Center di Jakarta, sehingga SDGs Center UNANDA sudahresmimasukdalam daftar SDGs Center di Indonesia.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) adalahtujuanpembangunan global yang ditelorkan oleh PerserikatanBangsa-bangsa (PBB) untukmenjagapeningkatankesejahteraanekonomimasyarakatsecaraberkesinambungan, menjagakeberlanjutankehidupansosialmasyarakat, menjagakualitaslingkunganhidupsertapembangunan yang inklusif dan terlaksananya tata kelola yang mampumenjagapeningkatankualitaskehidupandarisatugenerasikegenerasiberikutnya.Tujuaninidisepakatiberdasarkanhakasasimanusia dan kesetaraandenganprinsip Universal, Integrasi dan Inklusif, untukmeyakinkanbahwatidakadasatupun yang tertinggalataudisebut NO ONE LEFT BEHIND.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutanterdiridari 17 Goals yang diharapkantercapai di tahun 2030 nantidiantaranyaPenguranganKemiskinan, PerbaikanPelayanan Kesehatan, tersedianyalayanan air minum, energi, sertaisu-isuterkaitdenganlingkunganhidupsepertipelestarianhutan, laut, penangananperubahaniklim, masalahperkotaan, termasukpengelolaansampah. Tujuan SDGs dibagiatas 4 pilar yaituPilar Pembangunan Sosial, Ekonomi, LingkunganHidupserta Pilar Pembangunan Hukum dan Tata Kelola. Di daerah, diharapkansemuatujuaniniterintegrasidengan RPJMD (Rencana Pembangunan JangkaMenengah Daerah), sehinggadiharapkanpencapaintujuan-tujuanpembangunanbisalangsungterasa di masyarakat, terutamamasyarakat yang terpinggirkan.

PerserikatanBangsa-bangsa (PBB), yang diikuti oleh Pemerintah Indonesia melalui BAPPENAS mendorongketerlibatanNon State Actors (NSA),atauAktor Non Pemerintahterutama ORMAS/LSM dan Perguruan Tinggi untukmenjadibagianpentingdaripencapaian Goals SDGs. Hal iniditegaskan oleh Direktur SDGs Center UNANDA Dr Henny dimana UNANDA sebagaiPerguruan Tinggi terbesar di Luwu Raya (Kota Palopo, Luwu, Luwu Utara, dan Luwu Timur)dalammendorongpencapaiantersebut.Beliaumenambahkan, dalamwaktudekatUNANDA melaksanakan Workshop tentangSDGs bersama para pihakterkait, terutamadengan ORMAS/LSM dan PemerintahDaerah di 4 Kabupaten di Luwu Raya untukmenjalinsinergi intern dan eksterndalampercepatanpencapaian SDGs di Indonesia 2030 mendatang.(rls)

  • Bagikan