Minta RAPI Jalankan Fungsi Kontrol Sosial, IAS: Tapi Cara Harus Santun

  • Bagikan

Suasana saat pengukuhan Pengurus Wilayah RAPI 02 Kabupaten Gowa, di Gedung Wanita, Jalan Habibie Dg Kulle, Sungguminasa, Gowa, Sabtu, 26 Juni 2022. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, GOWA-- Ketua Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Provinsi Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin (IAS), meminta seluruh anggota ikut menjalankan fungsi kontrol sosial. Hanya saja, mantan wali kota yang pernah mengantar pertumbuhan ekonomi Makassar tembus dua digit ini mengingatkan agar cara ditempuh dengan sopan.

"RAPI perlu berada di garis depan menopang pembangunan. Salah satu fungsi yang perlu didorong adalah kontrol sosial. Bantu pemerintah daerah untuk bisa terus memperbaiki diri. Ini penting," pinta mantan Ketua DPD I Golkar Sulsel ini di sela-sela pengukuhan Pengurus Wilayah RAPI 02 Kabupaten Gowa, di Gedung Wanita, Jalan Habibie Dg Kulle, Sungguminasa, Gowa, Sabtu, 26 Juni 2022.

Hanya saja, sambung sosok yang dijuluki Bapak Pembangunan Kota Makassar ini, kontrol sosial kerap kali berujung konflik karena cara. "Jadi kita penting mengingat. Isi pesan kontrol itu sama pentingnya dengan cara menyampaikannya. Jangan sampai pesan baik itu tidak kelihatan karena cara menyampaikannya tidak tepat. RAPI harus bisa mempertontonkan pola kritik sosial yang konstruktif," pintanya.

Pelantikan kepengurusan RAPI Gowa juga terasa istimewa lantaran besarnya sambutan masyarakat.

IAS berpesan agar pengurus langsung tancap gas bekerja. Kepengurusan RAPI diinginkannya agar dapat berkontribusi dalam pembangunan daerah, serta mampu memberikan manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat maupun pemerintah.

“Organisasi ini harus mampu memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada publik. Harus bisa menopang aksi sosial, serta berkolaborasi dan menopang kinerja pemerintah daerah,” ungkap IAS.

IAS mengukuhkan Pengurus Wilayah 02 RAPI Gowa di bawah nahkoda ketuanya, Hj Ija Andi Mappegau. Dia mengaku siap mengantar RAPI Gowa memberi manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat. "Insya Allah Ini amanah akan saya jalankan sebaik-baiknya," tutup Hj Ija. (rls/pp)

  • Bagikan