Pecinta Arus Deras Daulat Bupati Indah sebagai Ketua Penggiat Arus Deras Sulsel

  • Bagikan
BUPATI LUTRA, Indah Putri Indriani mencoba olah raga rafting di Sungai Rongkong. DISKOMINFO LUTRA
  • Sungai Rongkong Semakin Indah Mendunia

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Penyelenggaraan Jambore Arus Deras Sungai Rongkong 2022 yang berlangsung tiga hari di Desa Pararra, Kecamatan Sabbang, ditutup Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Ahad (26/6/2022), kemarin.

Di akhir acara penutupan, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani didaulat oleh segenap pecinta arus deras Sulsel untuk menjadi Ketua Penggiat Arus Deras Sulawesi Selatan.

Dikatakan mantan Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Sulsel Periode 1996 - 2003, Munzyl kepada PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID yang ditemui di warkop Panyingkul, Blok A1 Perumahan Anggrek Kota Palopo, Senin 27 Juni 2022, kalau pengukuhan Ibu Bupati Luwu Utara sebagai Ketua Penggiat Arus Deras Sulawesi Selatan, tujuannya bagaimana kita bisa mengangkat potensi alam di Sungai Rongkong.

"Kita akan buat Sungai Rongkong Indah Mendunia, lewat berbagai event olah raga arus deras yang nantinya bisa diselenggarakan berkat dorongan dan bantuan Pemda Luwu Utara," kata Munzyl.

Mantan Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Sulsel, Munzyl bersama Bupati Lutra Indah Putri Indriani. IST

Harapan lainnya dengan terbentuknya penggiat arus deras Sulsel, maka seluruh olah raga yang berhubungan dengan air, seperti kayak, water tubing, dan river boarding itu juga bisa dimasukkan, tidak sebatas hanya olah raga water rafting (arung jeram).

Munzil, yang juga masuk dalam salah satu panitia Jambore Arus Deras Sungai Rongkong 2022 berharap, setelah Jamnas 2022 ini, masih akan menggelar event nasional kayak. "Kita coba akan buat event khusus kayak dan river boarding. Kalau di Sungai Citarum sudah pernah membuat event kayak skala nasional, maka selanjutnya kita akan buat di Sungai Rongkong," ucapnya dengan sangat optimis bisa diselenggarakan.

Kalau perlu, lanjut Munzyl, setelah event nasional, dilanjutkan dengan event internasional. "Jadi bagaimana Sungai Rongkong yang Indah ini bisa mendunia," tegasnya lagi.

Sekadar informasi, Sungai Rongkong termasuk dalam lima sungai terbaik di Indonesia yang memiliki arus deras sangat baik untuk olah raga arus deras. Bahkan di tahun 1993, lalu, salah satu iklan komersil terbesar kala itu, menjadikan Sungai Rongkong sebagai salah satu spot pengambilan foto dan video komersil iklan tersebut.

"Tahun 1993 salah satu iklan terbesar di ambil di Sungai Rongkong, setelah sekian lama mencari sungai di Indonesia, akhirnya jatuhnya ke Sungai Rongkong. Pada saat itu, agency yang terjun langsung membuat video tersebut dari Singapura. Bahkan sampai menggunakan helikopter," jelas Munzyl menceritakan.

Kembali ke acara penutupan, Bupati Lutra, Indah Putri memberikan apresiasi kepada seluruh pihak, baik itu panitia yang telah bekerja begitu keras, Basarnas yang telah ikut ambil bagian dalam memberikan materi dan pelatihan, Koni, serta Federasi Arung Jeram Indonesia (Faji). Karena tanpa peran serta kita semua, kegiatan ini tidak akan bisa sukses seperti yang telah dirasakan saat ini.

Indah berharap, selain menjadi kalender tahunan, ia ingin even ini juga membawa kejuaraan nasional (kejurnas) ke Sungai Rongkong.

"Tapi tentunya sukses tidaknya sangat tergantung dari dukungan teman-teman para penggiat arus deras,” pungkasnya.(idris)

  • Bagikan