Golkar Usul 37 Bacaleg, PDIP 25 Orang, PPP Siapkan Incumbent

  • Bagikan

Hadapi Pileg 2024

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Tahap pencalonan anggota DPRD, baru akan dibuka pada 24 April-25 November 2023. Sejumlah partai politik (Parpol) di Palopo telah membuka penjaringan calon anggota legislatif (Caleg).

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Palopo telah selesai melakukan penjaringan caleg. Bahkan sudah mengusul 37 Bakal Caleg (Bacaleg) untuk tiga Daerah Pemilihan (Dapil) Palopo atau 150 persen dari kuota caleg ke DPD Golkar Sulsel tembusan DPP Golkar.

Ketua DPD Partai Golkar Palopo, H Rahmat Masri Bandaso (RMB) melalui Sekretaris DPD Partai Golkar Palopo, Taufan Rachman yang ditemui di Kantor Golkar Jl. Andi Djemma, Selasa, 28 Juni 2022 kemarin, mengatakan, Ketua Golkar Palopo, H Rahmat Masri Bandaso (RMB) bersama istrinya, Hj Nurlinda Sabani tidak masuk Caleg. ''Beliau akan fokus ke Pilkada,'' katanya.

Lima legislator Golkar Palopo masih diusul sebagai Bacaleg. Seperti Ketua DPRD Palopo Dr Hj Nurhaenih di Dapil 3 meliputi Kec. Wara Timur, Wara Selatan, dan Sendana. Di Dapil ini, juga masih ada nama Drs Baharman Supri dan H Harizal A Latief.

Ada juga wajah baru yang memperkuat komposisi Caleg Golkar di Dapil 3 yakni Hj Anita Octaviana Andi Leluasa SE MM yang merupakan anak kandung dari tokoh Golkar nasional asal Tana Luwu, almarhum Andi Fachri A Lelauasa. Untuk diketahui, Hj Anita Octaviana juga anak mantu dari Bupati Luwu, Dr Basmin Mattayang.

Di Dapil 1 (Wara, Wara Barat, dan Mungkajang), Steven Hamdani (anggota DPRD) dan Elisabeth Seru masih diunggulkan Golkar untuk meraup suara. Juga ada nama mantan Sekkot Palopo, Drs H Syamsul Rijal Syam MBA.

Lalu Dapil 2 (Wara Utara, Bara, dan Telluwanua), mengusul Drs H Zubir Surasman (anggota dewan) Syamsul Bahri, Afdhal Hamka (Ketua AMPG Palopo), dan Hj Idaria M Jaya.
Lanjut Taufan, komposisi Bacaleg Golkar Palopo Pileg 2024 ini, lebih kuat dibanding caleg 2019 lalu.

Ada sejumlah pensiunan ASN diusul Golkar. Seperti Hj Nurlina (mantan Kadis), HM Yusuf (mantan Kepsek), Akmal Hasan (mantan Camat), Drs Abdullah MP (mantan Kadis), Drs. Amirullah MSi (mantan Sekwan). Juga ada mantan anggota DPRD Palopo dari partai lain seperti Halim Ahmad dan Muh Nasir. Bahkan ada ASN pejabat lingkup Pemkot Palopo yang akan pensiun dini untuk Caleg di Dapil 1.
''Dengan komposisi Caleg tersebut, kami optimis Golkar bisa capai target sembilan kursi,'' katanya.

PPP

Sementara Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Palopo, Drs H Haidir Basir MM (HB) yang dikonfirmasi secara terpisah, Selasa, 28 Juni 2022, masih mengunggulkan dua legislator PPP, yakni Muhammad Mahdi di Dapil 2 dan Darmawati di Dapil 1. Lalu di Dapil 3, menjagokan mantan anggota DPRD Palopo, Budiman ST, juga ada Said Hasan (mantan kiper Gaspa).

''Kami juga telah membuat daftar panjang rekrutmen kader PPP yang akan kita distribusikan ke-3 Dapil. Ada beberapa tokoh masyarakat dan pengusaha yang siap untuk bersama-sama memajukan Partai Persatuan Pembangunan, minta agar diakomodasi menjadi caleg. Maaf kami belum bisa ekspose keluar,'' katanya.

HB sendiri menyatakan tidak maju Caleg DPRD Palopo. Ia akan mengambil peran sebagai pemimpin yang melihat dari atas, potensi dan kekuatan masing-masing figur yang akan diusung sebagai Caleg. Karena PPP menargetkan kursi Wakil Ketua DPRD atau minimal tiga kursi.

PDIP
Sementara itu, Partai Perjuangan Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Palopo siap mengusung para kader mereka untuk bertarung di Pileg untuk Kota Palopo pada Pemilu 2024 mendatang. Pengusulan untuk caleg ini lebih didasarkan hasil survey internal partai.

Kendati demikian, PDIP belum dapat membuka deretan nama-nama bakal caleg yang akan didorong.
Ketua DPC PDIP Kota Palopo, Alfri Jamil mengatakan bahwa saat ini pihaknya baru melakukan penyusunan daftar bakal caleg. Hal ini didasarkan persoalan tekhnis internal PDIP. Untuk saat ini sekira 25 nama sudah dimasukkan dalam daftar nama-nama caleg.

"Jadi kita di PDIP tidak asal memasukkan nama kader dalam daftar caleg. Mereka ini akan kita survey. Tentu nama-nama yang memiliki rating yang bagus kita utamakan," kata Alfri Jamil, Selasa l, 28 Juni 2022.

Selain itu, terkait kuota keterwakilan 30 persen perempuan yang juga harus dipenuhi. Adapun Alfri Jamil, bahwa nama-nama daftar bakal caleg ini nantinya diputuskan dalam rapat kerja dan selanjutnya ditembuskan ke tingkat DPD PDIP Sulsel.

"Tentu kaitannya melihat nama-nama yang akan diusulkan. Namun yang pasti PDIP Palopo siap bertarung di Pileg," katanya.
Selain itu, PDIP tidak mengenyampingkan tiga kader mereka yang duduk saat ini di parlemen DPRD Palopo sebagai perioritas untuk kembali diusung. Bahkan, Alfri juga tidak menampik keberadaannya yang ingin kembali maju di Pileg. "Ini karena permintaan masyarakat. Jadi, saya pribadi siap untuk maju," terang mantan anggota DPRD tiga periode ini. (rul/ikh)

  • Bagikan