Tujuh Legislator Absen di Paripurna HUT Kota

  • Bagikan
PARIPURNA HUT KOTA. Ketua DPRD Palopo memimpin jalannya paripurna HUT Kota Palopo ke-20 di ruang Ratona Balai Kota dihadiri pimpinan DPRD Palopo lainnya, Wali Kota, Wakil Wali Kota, dan Kadis Perumahan Sulsel mewakili gubernur. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

Wali Kota Judas Klaim Palopo Semakin Maju

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Peringatan Hari Ulang Tahun Kota Palopo ke 20 yang diperingati secara sederhana di Ruang Pertemuan Ratona, Sabtu, 2 Juli 2022, pekan lalu. Namun demikian, pelaksanaannya berlangsung khidmat dihadiri sejumlah tamu dan undangan.

Pelaksanaan tahun ini berbeda dimana Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman tidak hadir, ia diwakili Kepala Dinas Perumahan Rakyat Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Muh. Iqbal S. Suhaeb SE. MTP, kemudian dari legislatif DPRD Sulsel hanya dihadiri, Rakhmat Kasjim dari Partai Nasdem.

Tampak Direktur Utama Bank Sulselbar, H Yulis Suwandi dan sejumlah pimpinan perusahaan se Kota Palopo. Turut pula hadir YM Datu Luwu La Maradang Andi Macculau Opu To Bau, Forkopimda se-Kota Palopo, Sekda Luwu, H Sulaiman, Rektor IAIN Palopo, Prof Dr Abdul Pirol, serta sejumlah tamu dan undangan.

Rapat Paripurna yang dibuka untuk umum ini dipimpin Ketua DPRD Kota Palopo, Dr Hj Nurhaeni Aziz, MKes. Seremoni ini diawali dengan pemutaran ucapan selamat kepada Pemerintah Kota Palopo secara virtual dari sejumlah pimpinan daerah di Indonesia diantaranya, Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranomo, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Wali Kota Makassar, Dany Pomanto dan sejumlah tokoh nasional lainnya. Lalu dilanjutkan dengan pembacaan singkat sejarah terbentuknya Kota Palopo oleh Wakil Ketua II DPRD Palopo, Irvan Majid ST.

Hj Nurhaeni Aziz dalam sambutannya mengajak semua pihak terkait peringatan HUT ini sebagai inspirasi untuk membangun daerah. "Semoga daerah ini selalu diberkahi dan menjadi semangat, menjadi kekuatan lahir batin untuk Palopo di masa mendatang,"sebutnya.
Wali Kota Palopo, HM Judas Amir hadir bersama Wakil Wali Kota Palopo, Ir H Rahmat M Bandaso. Pak Judas dalam sambutannya menjelaskan tentang tema kegiatan yakni Palopo Tangguh, Ekonomi Tumbuh, yang menjadi ukuran capaian Pemerintah Kota Palopo saat ini.

“Tema HUT ke- 20 Kota Palopo, pada tahun 2022, yaitu menandakan pertumbuhan ekonomi masyarakat, dan tingkat pengangguran kita tekan. Bahkan Kota Palopo akan kita jadikan sebagai kota wisata kesehatan, dengan dibukanya rest area di setiap rumah sakit dan puskesmas. Dan akan kita jadikan sebagai kota seribu taman,” jelas Wali Kota.

Wali Kota juga menjabarkan angka presentase penurunan yang signifikan di sektor penduduk miskin, Palopo juga sebagai kota jasa, yang tengah melakukan pelaksanaan pembangunan “multiyear” seperti Pembangunan Sirkuit Ratona Motor Sport, Pusat Kuliner dan Oleh-Oleh Palopo, atau dikenal sebagai Menara Payung, Revitalisasi Kawasan Islamic Center Kota Palopo, dan Pembangunan Kantor DPRD Kota Palopo.

“Perkembangan Kota Palopo ini bukan hanya bergerak dan digerakkan oleh sektor pemerintah, melainkan juga oleh sektor swasta, property, pebankan, perhotelan, tempat olah raga, rekreasi keluarga, rumah sakit, apotik, start up dengan ciri kaum milenial dan digital modelnya. Wali Kota berharap Kota Palopo, menjadi kota kunjungan tujuan wisata kesehatan,” sebutnya.

Selama memimpin Kota Palopo ia menyampaikan apresiasi atas kerjasama dari forkopimda, swasta dan masyarakat Kota Palopo, termasuk dari Pemprov Sulsel sehingga pembangunan dapat terwujud.
“Kami sadar demi kesinambungan di Kota Palopo memerlukan kesinambungan berbagai pihak dan seluruh masyarakat Kota Palopo dan Perhatian Pemerintah Sulawesi Selatan,” pungkasnya.

Hanya saja pada rapat paripurna pelaksanaan peringatan HUT ini 7 anggota DPRD absen diantaranya, Dua dari legislator dari fraksi Partai Nasdem, yakni Efendi Sarapang dan Angga Bantu, Fraksi Golkar yakni Baharman Supri dan Steven Hamdani, Aris Munandar (Partai Hanura), Budirani Ratu (Partai Gerindra), Robert A Rante (Partai Demokrat) dan Angga Bantu (PDIP).(ald/idr)

  • Bagikan