FAJAR dan FAJAR.CO.ID Pemenang Media Brand Award 2022

  • Bagikan
Surat Kabar Harian Fajar dan Fajar.co.id menjadi pemenang Media Brand Award 2022. --FAJAR--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PEKANBARU-- Surat kabar Harian FAJAR dan portal FAJAR.CO.ID meraih penghargaan Top Brand Awards 2022 dari Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat. Pemberian penghargaan kepada dua media massa terbesar di Kawasan Timur Indonesia itu dilakukan pada puncak peringatan 76 tahun SPS di Hotel Premiere Pekanbaru, Riau, Rabu, 6 Juli.

Dalam surat undangan yang dikirimkan ke redaksi FAJAR, SPS melalui Ketua Harian SPS Pusat, Januar P Ruswita dan Sekretaris Jenderal, Asmono Wikan, menyebutkan, Media Brand Awards 2022, sebuah penghargaan yang diberikan kepada media lokal maupun nasional arus utama yang berhasil membangun, mengelola brand-nya di medium digital, dalam hal ini media sosial (Twitter, Facebook, instagram).

Penghargaan Media Brand Awards 2022 berbasis media monitoring, penilaiannya berdasarkan jumlah coverage positif tertinggi di media sosial yang dihitung sepanjang Mei 2021 – Mei 2022. Coverage dimaksud berupa: menyebut, menampilkan, atau mendiskusikan tentang media dimaksud.

Khusus kategori ini, SPS bekerja sama dengan KAZEE DIGITAL INDONESIA, perusahaan media monitoring independen. Menggunakan metode kuantitatif secara real time dan analisa kualitatif yang KAZEE dan SPS lakukan. Maka berdasarkan metode penilaian tersebut, Pemenang Media Brand Awards 2022: FAJAR.CO.ID dan Harian FAJAR.

Dirut Harian FAJAR sekaligus Dirut FAJAR.CO.ID, Agus Salim Alwi Hamu, mengatakan raihan kedua media yang dipimpinnya membuktikan bahwa kerja keras dalam semangat kebersamaan membuahkan hasil positif. Apalagi, ini baru pertama kali secara nasional SPS melakukan award terkait brand media massa pada usia 76 tahun.

Agus Salim menambahkan, koran Fajar dan portal FAJAR.CO.ID dua perusahaan media yang tak bisa dipisahkan. “Meski online, FAJAR.CO.ID mengedepankan kualitas konten selain kecepatan. Makanya, saya tempatkan wartawan dan redaktur terbaik untuk menjaga kualitas pemberitaan,” ujarnya.
Saat ini tambah Agus, FAJAR.CO.ID sudah menjadi portal nasional berjaringan dengan bergabungnya semua portal Fajar Grup. “Sekarang sudah sekitar 25 subdomain di bawah FAJAR.CO.ID. Insya Allah kita terus kembangkan, tak hanya di KTI, tetapi di Jawa dan Sumatera,” ujarnya.

Sementara untuk media cetak Harian FAJAR, Agus Salim, menekankan perlunya terus meningkatkan kualitas SDM wartawan dan redaktur. Agar bisa tetap eksis, tambahnya, maka media cetak mulai mengurangi liputan peristiwa dan berita straigh news. “Media cetak tak mungkin bersaing dengan online di dalam kecepatan. Karenanya, media cetak harus mengandalkan kedalaman berita lewat lapsus, investigasi, dan analisis,” ujarnya.

Lanjut dikatakan Agus, media mainstream juga harus mengembangkan sosial media di berbagain platform dan event.

Selain memberikan penghargaan Media Branda 2022 kepada media, SPS juga memberikan penghargaan kepada menteri, kepala lembaga, gubernur, wali kota, dan bupatj terpopuler di media arus utama.
Penghargaan juga diberikan kepada BUMN, anak usaha BUMN, dan BUMD terpopuler dan berkontribusi dalam penyampaian informasi kepada media.
Gubernur Riau yang diwakili Sekretaris Provinsi Riau, SF Ariyanto, mengatakan, pers dengan segala kekuatannya telah menjadi pilar utama. Meski telah menjadi industri, idealisme tetap menyertai kerja perusahaan pers. (fajar)

  • Bagikan