Sekjen PMTI Dating Palembangan Nyatakan Maju 01 di Pilkada Torut, juga Mendukung Ketua PMTI Bogor Saltima Maju di Pilkada Lutra

  • Bagikan
SEKJEN PMTI, Dating Palembangan (kedua kiri) yang juga disebut bakal calon Bupati Toraja Utara salam komando dengan Saltima Ri'Pi Tangjong (kedua kanan) yang juga disebut-sebut akan maju di Pilkada Lutra mendatang di Hotel Sultan, Jakarta. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), Dating Palembangan menyatakan diri siap maju membidik kursi 01 di Pilkada Toraja Utara mendatang.
Diwawancarai Palopo Pos di sela-sela menghadiri pelantikan Ketua Umum Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) dan pengurus KKLR periode 2022-2027 di Hotel Sultan, Jakarta, Sekjen PMTI ini menyatakan siap untuk maju di Pilkada Toraja Utara mendatang.

Saat ditanyakan alasannya untuk maju sebagai calon Bupati Toraja Utara, Sekjen PMTI, Dating Palembangan dengan lugas menyatakan kalau Kabupaten Toraja Utara harus dipimpin seorang yang visioner.

Ia yakin dengan bekal pengalaman di kancah nasional dan daerah, Dating Pelembangan bisa membawa Toraja Utara lebih maju dan bersaing dengan daerah lain di Sulsel, serta di Indonesia umumnya.
"Toraja Utara itu sangat banyak potensi untuk di kembangkan, sehingga membutuhkan sosok yang visioner. Oleh karena itu, kiranya masyarakat Toraja Utara terpanggil untuk bersama-sama menjadikan Toraja Utara lebih baik dan maju lagi," ungkap Sekjen PMTI Dating Palembangan yang juga mantan Ketua Umum DPP GAMKI tahun 2007-2011 lalu, usai mengantar Ketua PMTI Mayjen TNI (purn) Yulius Selvanus Lumbaa pulang menghadiri pelantikan Arsyad Kasmar sebagai Ketua Umum KKLR.

Dikatakan Dating, saat ini terjadi pergeseran sektor wisata di Toraja Utara. Dimana, dulunya wisatawan datang untuk menyaksikan kegiatan budaya, baik itu Rambu Solo', Rambu Tuka' dan sebagainya. Kini, terjadi pergeseran pelaku wisata yang kini juga mengarah pada sektor pariwisata keindahan alam.
Oleh karena itu, kata Dating, dibutuhkan seorang pimpinan yang kreatif untuk mengembangkan daerah menarik banyak wisatawan datang, sehingga ekonomi kerakyatan tumbuh.

Sebagaimana diketahui dulunya orang senang dengan wisata budaya kini bergeser dan senang dengan wisata alam, kuliner, kopi, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, kebulatan tekad Sekjen PMTI Dating Palembangan untuk maju mendapat dukungan dari sejumlah tokoh. Salah satunya Ketua PMTI, Mayjen TNI (purn) Yulius S Lumbaa.

Purnawirawan TNI AD berpangkat bintang dua menyatakan, kalau dirinya mendukung semua anggota PMTI yang mau maju sebagai bupati, wali kota, atau legislatif.

"Organisasi PMTI ini tidak boleh berpolitik, tetapi masing-masing anggotanya punya hak politik. Jadi kalau ada yang mau maju, kita dukung dan persilakan. Agar bagaimana bisa mensejahterakan masyarakat," pungkas Ketum PMTI ini di Hotel Sultan, Jakarta.

Dukung Saltima Maju di Lutra

Usai mengantar pulang Ketua Umum PMTI, Sekjen PMTI Dating Palembangan lalu terlihat perbincangan empat mata dengan bakal calon Bupati Luwu Utara, Saltima Ri'Pi Tangjong yang juga Ketua PMTI Kabupaten Bogor di loby Hotel Sultan dan diakhiri dengan foto bersama salam komando.

Dengan adanya dua figur petinggi PMTI pusat ini menjadi bukti PMTI mendukung sepenuhnya anggota dan pengurus PMTI untuk maju di pilkada.

Baik itu Pak Dating Palembangan di Pilkada Toraja Utara dan Ibu Saltima Ri'Pi Tangjong di Pilkada Luwu Utara, dan akan saling support.(idr)

  • Bagikan