Dhevy Bijak Sebut Perintah DPP

  • Bagikan
Anggota DPR RI Fraksi Demokrat, Muhammad Dhevy Bijak Pawindu foto bersama bakal caleg Ansir Ismu dan mantan Sekkot Palopo, HM Jaya sata melayat di Kandoa Desa Puty, Rabu, kemarin. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

Perebutan Kursi Ketua Demokrat Palopo

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Tanda-tanda akan digelarnya Musyawarah Cabang (Muscab) Partai Demokrat Cabang (DPC) Kota Palopo masih belum ada. Saat ini ada dua nama yang disebut-sebut dijagokan akan nakhodai DPC Demokrat Palopo. Yakni, Anggota DPR RI Muhammad Dhevy Bijak dan Wakil Ketua DPRD Palopo, Irvan Majid ST.

Salah satu calon ketua DPC Demokrat Palopo yang sempat diwawancara Palopo Pos, Rabu 20 Juli 2022,kemarin, adalah Anggota DPR RI Muhammad Dhevy Bijak Pawindu.

Saat dikonfirmasi tentang sejauh mana pelaksanaan gelaran muscab? Dikatakan Dhevy yang juga putra Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak, kalau ia sebenarnya tidak lagi akan maju di daerah, hanya saja karena adanya perintah dari atas (DPP), sehingga ia siap untuk menjalankan perintah.

"Kita diarahkan untuk ke daerah. Tetapi, tetap kita mengikuti mekanisme yang berlaku di Partai Demokrat," pungkas Dhevy Bijak saat ditemui melayat di kediaman almarhum mantan Sekda Kab. Luwu, Drs H. Ansar Pandaka di Desa Puty, Kec. Bua, kemarin.

Sebelumnya diberitakan, pasca pelantikan pengurus DPD Demokrat Sulsel di Kota Makassar, Sabtu 28 Mei 2022, lalu, kini daerah juga mempersiapkan untuk pemilihan ketua baru. Salah satu yang mewacana adalah akan digelarnya Musyawarah Cabang (Muscab) Partai Demokrat Cabang (DPC) Kota Palopo.

Dikatakan Plt Ketua DPC Demokrat Kota Palopo, Ir Fadriaty AS MM. Kami di DPC tidak punya kewenangan bicara muscab. Yang punya kewenangan adalah DPP Demokrat yang perpanjangan tangannya adalah DPD Sulsel, untuk membentuk panitia muscab. Jadi yang ada di daerah, kapan pun akan dilaksanakan muscab, kita siap. Karena kewenangannya memang ada di atas (DPP). Saya selaku Ketua Demokrat Palopo siap, karena kita diatur oleh partai.

Enceng --sapaan akrab-- dari Anggota DPRD Sulsel ini, mengakui kalau masa kepengurusannya sebagai Pelaksana Tugas Ketua DPC Demokrat Palopo diperpanjang kembali, meskipun sampai saat ini ia belum melihat SK tersebut. Lantaran saat ini ia fokus dalam rangka menghadapi verifikasi parpol calon peserta Pemilu 2024.

Syarat Dukungan Balon
Pada kesempatan itu, Enceng juga menjelaskan tentang persyaratan bakal calon ketua di muscab, jika betul ini digelar, yaitu, minimal mempunyai dukungan 20 persen dari total jumlah suara.

Kata Enceng, misalnya Bata Manurung mau maju, dia bisa lolos menjadi bakal calon minimal punya dukungan minimal dua suara.
Adapun yang memiliki hak suara di Muscab sebanyak 12 suara. Yang terdiri dari 9 DPAC, 1 Ketua DPC, 1 Ketua DPD, dan 1 DPP.

"Jadi misalnya di DPC masing-masing calon punya dukungan suara, jadi kemungkinan ada 6 bakal calon. Yang kesemua nama itu didorong ke DPD Sulsel untuk dilakukan fit and proper test, lalu, dipilih tiga nama untuk didorong ke DPP yang nantinya akan dipilih satu nama oleh tim lima untuk menjadi Ketua DPC Demokrat Kota Palopo.

Dimana tim lima ini terdiri dari 2 suara dari DPD Sulsel yaitu, Ketua DPD Sulsel dan Sekretaris DPD Sulsel, Ketua Umum Partai Demokrat, Sekjen Partai Demokrat, dan BPOKK.

Kader Maju
Enceng juga mendorong kader Demokrat Kota Palopo untuk maju sebagai bakal calon. Silakan menggalang dukungan dari pemilik suara, utamanya DPAC.

Sekadar informasi, kata Enceng, sejumlah nama yang menyatakan ingin menjadi Ketua Demokrat Kota Palopo adalah Anggota DPR RI, Muhammad Dhevy Bijak, mantan anggota DPRD Palopo H. Hendri Ghalib, mantan Wakil Ketua DPRD Palopo, Islamuddin yang merupakan Wakil Ketua DPC Demokrat Palopo, anggota Fraksi Demokrat Palopo, Cendrana Saputra, Wakil Ketua II DPRD Palopo, Irvan Majid ST, dan Ketua BPOKKK Demokrat Palopo, Bata Manurun.

Satu lagi kader yang juga disebut-sebut akan meramaikan bursa pemilihan ketua Demokrat Palopo adalah istri mantan Anggota DPR RI dua periode dari Partai Demokrat almarhum Dr Ir H Bahrum Daido adalah, Irmawati Yahya. Saat ini ia dipercaya menempati posisi sebagai Wakil Bendahara V DPD Partai Demokrat Sulsel. (idr)

  • Bagikan