Uang Jamaah Haji Indonesia Hilang Rp14 Juta, Ini yang Dilakukan Managemen Hotel di Arab, Sangat Menyentuh!

  • Bagikan
SUJUD SYUKUR: Sebanyak 450 jamaah haji asal Tuban, Jawa Timur, tiba di Bandara Juanda kemarin pukul 05.45 WIB. Mereka lalu dibawa ke asrama haji untuk tes PCR. (DIPTA WAHYU/JAWA POS)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, ARABSAUDI-- Jamaah haji asal Indonesia patut bersyukur meski telah kehilangan uang senilai Rp14 juta. Jamaah haji Indonesia dikabarkan mengalami kehilangan uang di kamar hotel di Sektor 5, wilayah Misfalah-Makkah yang dihuni oleh jamaah asal Provinsi Jawa Barat, pada 15 Juli 2022 lalu. Kabar ini pun sempat beredar di media sosial.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah, Mukhammad Khanif memastikan uang jamaah haji tersebut sudah diganti oleh pihak hotel.

“Petugas selanjutnya berkoordinasi dengan pihak manajemen hotel. Setelah dikonfirmasi, dipastikan bahwa uang jamaah tersebut dicuri di kamar sehingga langsung diganti pada hari itu juga oleh manajemen hotel,” ucapnya, Jumat, 22 Juli 2022.

Khanif menjelaskan, ada tiga jamaah yang kehilangan uangnya. Ketiganya tinggal di satu kamar yang sama.

Jumlahnya berbeda-beda setiap jemaah, yaitu SAR 2.500, SAR 900, dan SAR 100. Selain itu, salah satu jamaah juga kehilangan tas kecil dan beberapa dokumen yang ada di dalamnya.

“Jadi, total yang hilang SAR 3.500 atau sekitar Rp 14 juta, tidak sampai Rp 30 juta sebagaimana yang disebutkan dalam video yang beredar. Semuanya sudah diganti oleh manajemen hotel dan uangnya sudah langsung diterima jamaah,” jelas Khanif.

“Penggantian dilakukan pada hari yang sama. Pihak manajemen hotel sebelumnya minta penjelasan kronologis dari jemaah, lalu menghitung jumlah kerugian, langsung memberikan uang penggantinya,” sambungnya.

Khanif mengapresiasi komitmen manajemen hotel untuk mengganti uang jamaah yang hilang. Hal itu sejalan dengan perjanjian kontrak sewa akomodasi yang sudah disepakati sejak awal.

Dalam salah satu klausul kontrak disebutkan, apabila ada kehilangan dalam kamar jamaah/hotel karena dicuri, maka pihak manajemen akan bertanggung jawab terkait kehilangan tersebut.

“Alhamdulillah, manajemen komitmen dan hari itu langsung memberikan ganti,” pungkasnya. (jawapos/pp)

  • Bagikan