Kunjungi Kandang Kerbau Bonga yang Mati Mendadak di Lembang Salu, Kadistan: Kerbau Yakob Positif Virus PMK

  • Bagikan

Lukas Pasarai, Kadis Pertanian Toraja Utara. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO -Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Toraja Utara, Lukas Pasarai mendatangi kandang kerbau yang mati mendadak jenis Bonga milik Yakob Tandi Payung warga Dusun Kalindungan, Lembang Salu, Kecamatan Sopai, Jumat, 22 Juli 2022.

Menurutnya kerbau milik Yakob Tandi Payung, Positif Terinfeksi Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK). "iya dari ciri-ciri Penyakitnya jelas PMK, Karena mulut sudah agak lain", kata Lukas .

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Toraja Utara, Lukas Pasarai. --albert tinus--

Lanjut Kata Lukas, Langkah serius yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara dalam upaya antisipasi penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Selain melakukan pengobatan dan pendataan hewan tertular, Pemkab Toraja Utara juga melakukan penyemprotan disinfektan ke beberapa tempat untuk mencegah penyebaran virus Penyakit Kuku Dan Mulut (PMK) pada hewan ternak.

"Seperti yang kami lakukan hari Ini (Jum'at, 22 Juli 2022) melakukan penyemprotan disinfektan di kandang hewan yang mati miliik Yakop di Dusun Kalindungan, Lembang Salu ,Kecamatan Sopai" ungkapnya.

Lukas juga mengatakan bahwa Pemkab Toraja Utara terus melakukan berbagai upaya dalam menekan penyebaran PMK. Sinergitas antara TNI, POLRI dengan dinas pertanian dan Peternakan terus dilakukan dengan melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa lokasi atau tempat penyebaran PMK pada hewan ternak, seperti di kandang.

"Dengan penyemprotan disinfektan ini, diharapkan penularan PMK bisa ditekan semaksimal mungkin. Sehingga masyarakat tak perlu khawatir dengan adanya penyakit tersebut. Selain itu, bagi para pedagang tak perlu khawatir dengan harga ternak bakal turun" .harap Lukas .

Lebih lanjut,  Lukas Pasarai menjelaskan bahwa pihaknya dibantu oleh PPL dan perangkat desa setempat untuk menunjukkan titik lokasi yang menjadi fokus penyemprotan disinfektan di wilayah-wilayah Lembang/Desa.

Sementara itu, PPL Pertanian Kabupaten Toraja Utara yang namanya enggan disebut, menambahkan bahwa penyemprotan desinfektan ini menjadi langkah preventif untuk menekan penyebaran PMK di Kabupaten Toraja Utara.

"Semoga dengan berbagai upaya yang kita laksanakan ini penyebaran PMK di Kabupaten Toraja Utara bisa terus menurun dan wabah ini hilang di lingkungan peternak," tambahnya.

Sebagai informasi, penyemprotan disinfektan ini menerjunkan Penyuluh dan Aparat Dinas Pertanian Toraja Utara.
(Albert tinus)

  • Bagikan