1.163 Mahasiwa Terima Beasiswa di UNCP

  • Bagikan
Suasana pelaksanaan Wisuda Periode kedua UNCP Palopo tahun 2022, Sabtu 23 Juli 2022. ALDY/PALOPO POS

Kukuhkan 318 Wisudawan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Sebanyak 1.163 mahasiswa telah mendapat beasiswa dari sejumlah program di Universitas Cokroaminoto Palopo periode 2021-2022. Beasiswa ini berasal dari sejumlah program yang difasilitasi oleh UNCP.

Itu diungkapkan Rektor UNCP Palopo, Rahman Haeruddin, S.P., M.Si dalam laporan akademiknya pada wisuda sarjana dan magister yang digelar, Sabtu 23 Juli 2022 di gedung Sinar Setuju, JL. Pemuda, Kelurahan Takkalala, Kec. Wara Selatan.

"Bantuan beasiswa ini meliputi biaya pendidikan dan biaya hidup serta penyelesaian tugas akhir," kata Rektor.

Ia juga mengungkapkan beasiswa ini berasal dari sejumlah prograp, baik dari Dikti, Yayasan hingga Pemerintah daerah. Ia merinci, diantaranya, dari Dikti sebanyak 374 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa, Beasiswa Scholarship dari Yayasan Cokroaminoto selama 8 semester sebanyak 70 orang, 695 mahasiswa mendapatkan bantuan beasiswa dari Pemerintah Daerah Luwu Timur, dan penyelesaian tugas akhir sebanyak 24 mahasiswa dari bantuan yayasan perguruan tinggi Cokroaminoto Palopo. "Kita akan terus berupaya untuk meningkatkan prestasi untuk output UNCP yang berkualitas," katanya.

Selain beasiswa, Rektor juga mengungkap sejumlah prestasi yang telah ditorehkan oleh perguruan tinggi ini. Diantaranya, sebanyak 3 judul program kreativitas mahasiswa berhasil mendapatkan pendanaan dari Kemendikbud Ristek pada 2022, selain itu, HMPS Kimia mendapatkan pendanaan dalam program peningkatan kapasitas organisasi kemahasiswaan dari Kemendikbud Ristek, sebanyak 5 tim lolos dalam program pembinaan mahasiswa witrausaha dan sebanyak 7 mahasiswa berhasil mendapatkan pendanaan dari japan tekhnologi agancy dalam kegiatan Sakura Science Ex Change dimana mahasiswa ini difasilitasi untuk berkunjung ke jepang selama satu minggu.

Sementara itu Asisten III Pemkot Palopo, Dr dr Ishaq Iskandar yang hadir mewakili Wali Kota Palopo menyampaikan, Pemkot selalu mendorong perguruan tinggi untuk terus berkembang untuk mewujudkan visi Palopo sebagai Kota Tujuan pendidikan. Namun tidak dapat dipungkiri persaingan perguruan tinggi di Kota ini harus menonjolkan kualitas masing masing, ia menjelaskan Keberadaan perguruan tinggi di Kota Palopo ini merupakan terbanyak kedua setelah Kota Makassar. "Tapi eksistensi UNCP sendiri telah memberikan manfaat yang besar dalam mencetak SDM yang unggul," katanya.

Ia mengharapkan ini terus ditingkatkan dengan lebih baik lagi, dimana kualitas SDM jebolan UNCP berilmu, beriman, berkahlak dan beramal yang baik.

Pelaksanaan wisuda periode kedua ini berlangsung khidmat, sebanyak 318 wisudawan dikukuhkan. Ini dihadiri oleh sejumlah tamu dan undangan, diantaranya, Kepala LLDIKTI Wilayah IX Dr Lukman, mewakili Walikota Palopo, Dr dr Ishaq Iskandar, Pembina Yayasan UNCP, Hj Fatimah Saruman, Ketua Yayasan, Ketua BPH, pengruus yayasan, Ketua dan Senat UNCP serta guru besar UNCP. Tampak pula hadir perwakilan Polres Palopo dan perwakilan perguruan tinggi se-Kota Palopo serta mitra perbankan.(ald/idr)

  • Bagikan