Saltima-Suaib Mewacana Berpaket Sebagai Paslon di Pilkada Luwu Utara Mendatang

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MASAMBA -- Figur bakal calon Bupati Luwu Utara terus bermunculan. Setelah edisi lalu, mewacana paket Ketua KKLR, H. Arsyad Kasmar dengan Ketua IDI Kota Kendari, dr Alghazali Amrullah. Kini juga mulai hangat dibicarakan satu-satunya srikandi yang akan maju di Pilkada Lutra ialah pengusaha sukses di Jakarta, Saltima Ri'Pi Tangjong.

Bahkan disebut-sebut kalau putri asli kelahiran Luwu Utara ini akan berpasangan dengan Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur.
Figur Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur dengan pengalaman di pemerintahan saat ini, punya pengalaman dan jaringan kuat bagi di daerah ataupun di pusat.

Yang diketahui, sebelumnya Suaib Mansur adalah Kepala Dinas PU Luwu Utara. Tentunya memiliki jaringan kuat di Kementerian PU dan nasional dalam mendapatkan anggaran tambahan untuk pembangunan di Bumi Lamaranginang.

Elektabilitas Suaib tidak diragukan lagi, apalagi saat ini beliau menjabat sebagai Wakil Bupati, membantu Bupati Lutra Indah Putri Indriani. Sementara Saltima Ri'Pi Tangjong, srikandi Luwu Utara yang telah menyatakan siap maju di pilkada Luwu Utara, Pengusaha sukses tersebut kini menjadi pengurus teras PDI Perjuangan Luwu Utara dan Ketua PMTI Kab. Bogor.

Walau terbilang baru di Luwu Utara, popularitas Saltima semakin hari semakin meningkat. Buktinya wacana berpaket dengan Suaib terus menguat di masyarakat.

Keduanya Akrab
Terlihat di sela-sela pelantikan H. Arsyad Kasmar sebagai Ketua Umum Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) di Jakarta 16 Juli 2022, lalu, terpantau Palopo Pos kalau bakal calon Bupati Luwu Utara, Saltima Ri'pi Tangjong nampak akrab dengan Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur. Bahkan, keduanya berfoto bersama sambil berjabat tangan salam komando.

Saltima yang juga merupakan pengusana sukses di bisnis pertambangan ini sejak belakangan ini mulai intens membangun komunikasi dengan banyak tokoh di Luwu Utara. Salah satunya dengan Wabup Lutra Suaib Mansur, lalu sebelumnya juga ada Andi Sukma.

Saat ditanyakan oleh Palopo Pos, apakah akan berduet dengan Pak Suaib Mansur di Pilkada Lutra mendatang? Dijawab singkat Ibu Saltima, kalau ini hanya silaturahmi biasa, tidak ada unsur politiknya, sekadar menyapa saja, karena saya juga bagian warga Luwu Utara.

Saltima adalah satu-satunya srikandi Luwu Utara yang menyatakan akan maju melanjutkan kepemimpinan Bupati Lutra Indah Putri Indriani mendatang. Ia pun disebut sebagai The Next Bupati Perempuan Lutra.

Keberanian untuk maju bagi Saltima, sapaan akrab pengusaha sukses ini bukan tanpa alasan. Yah, Saltima ingin kaum perempuan tetap tampil dan menjadi pemimpin di Bumi Laramanginang ini.

''Saya ingin melanjutkan gerakan politik yang telah dirintis Bupati Indah Putri Indriani. Sebagai perempuan pertama di Sulsel sebagai kepala daerah,'' kata Saltima.
Bahkan kebulatan tekad Saltima juga mendapat dukungan dari sejumlah tokoh. Salah satunya Ketua PMTI, Mayjen TNI (purn) Yulius S Lumbaa.

Purnawirawan TNI AD berpangkat bintang dua menyatakan, kalau dirinya mendukung ada anggota PMTI yang mau maju sebagai bupati, wali kota, atau legislatif.
"Organisasi PMTI ini tidak boleh berpolitik, tetapi masing-masing anggotanya punya hak politik. Jadi kalau ada yang mau maju, kita dukung dan persilakan. Agar bagaimana bisa mensejahterakan masyarakat," pungkas Ketum PMTI ini di Hotel Sultan, Jakarta.

Menurut Saltima, perempuan kini telah diberikan akses untuk berkiprah di dunia politik. Dan, telah dibuktikan oleh Bupati Indah. Kemampuan perempuan sudah tidak diragukan lagi. Buktinya, Bupati Indah terpilih kedua kalinya. Karenanya, ungkap Saltima, siap melanjutkan perjuangan perempuan di bidang politik. Dan, yang paling utama tentunya untuk mensejahterakan masyarakat Luwu Utara.

Pengamat Pembangunan dan Politik di Luwu Utara, Ilham Maletting saat dimintai tanggapannya Rabu 27 Juli 2022 kemarin mengatakan ia kira apa yang menjadi wacana di masyarakat dalam melihat pilkada Luwu Utara ke depan itu hal yang wajar termasuk dalam melihat figur calon termasuk pasangan calon idaman setiap masyarakat.

Terkait wacana Suaib Mansur dan Saltima Rippi Tandjong ia menilai ini paket yang ideal. Satu birokrat dan sekaligus incumbent wakil bupati dan satunya pengusaha. "Jika birokrat dan pengusaha di paketkan saya kira ini baik sekali," ujarnya.

Lanjutnya, pengalaman Suaib Mansur selama menjadi birokrat sudah teruji apalagi saat ini sudah menajdi Wakil Bupati Luwu Utara, ditambah Ibu Saltima pengusaha sukses.

"Jadi jika ini berpaket saya kira sangat di perhitungkan baik dilihat dari geo politik maupun dari segi kompetensi dan tentunya finasial untuk bertarung di pilkada 2024 mendatang," kuncinya. (jun/idr)

  • Bagikan