THF Kembali Digelar Selama Tiga Hari , Ajang Promosi Pariwisata di Toraja Utara

  • Bagikan

Ketua Masata Toraja Damayanti Batti bersama Wabup Torut Frederick Victor Palimbong dan ketua Panitia,saat rapat koordinasi di Marante, Kamis, 28 Juli 2022. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO - Toraja Highland Festival (THF) sukses digelar pada tahun 2021 bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), kini event Toraja Highland Festival 2022 dengan tagline ‘Taste Of Toraja’ akan digelar.

Penyelenggara event tersebut adalah Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Toraja Utara ,kembali gelar event dan mengajak beberapa komunitas dan sponsor untuk menyukseskan event Toraja Highland Festival (THF) yang kedua kalinya digelar.

THF 2022 ‘Taste Of Toraja’ dimulai tanggal 11 sampai 13 Agustus 2022 dengan beragam acara seperti Run Above The Cloud 10K, Pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Pentas Seni Musik dan Tari, Fun XC Jelajah Desa Wisata Toraja, Pasar Kopi dan Lomba Mural.

Ketua DPC Masata Toraja Utara, Damayanti Batti ,Kamis ,28 Juli 2022 menjelaskan THF 2022 berbeda dengan tahun sebelumnya yang digelar tujuh hari, kali ini hanya tiga hari di dua lokasi yakni kawasan Lolai Negeri Diatas Awan Kecamatan Kapalapitu dan dipusatkan di Lapangan Bakti Kecamatan Rantepao.

“Event kedua ini kita lebih mengedepankan wisata alam Toraja sehingga itu ada Run Above The Cloud 10K di kawasan Lolai dan Fun XC Jelajah Desa Wisata Toraja bagi para goweser yang start dari Lolai dan finish di Rantepao,” ucapnya saat Rapat Koordinasi di kantor gabungan dinas Marante.

Menurutnya, THF 2022 dibuat untuk dikhususkan kepada para wisatawan mancanegara dan domestik untuk menikmati alam Toraja yang indah dengan kekayaan panorama alam.

“Kita promosikan Toraja ini baik pariwisatanya, alam dan budaya sehingga nanti wisatawan betah dan punya sensasi sendiri menjelajah di Toraja Utara ini, apalagi THF sudah masuk calender of event dari Kemenparekraf RI,” kata Damayanti.

Selain itu kegiatan lain seperti pentas musik dan tari, pasar kopi, lomba mural, jalan santai dan lomba mewarnai anak PAUD serta pameran UMKM baik kuliner dan jasa dipusatkan di Lapangan Bakti Rantepao dengan mengambil full satu lapangan untuk stand-stand UMKM dan para sponsor.

Sementara Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong turut hadir pada Rapat Koordinasi THF 2022 menyampaikan tanggapan Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari bahwa event THF sebagai momentum kebangkitan Toraja.

“Harapan kita dari event yang berlangsung tiga hari ini nanti memiliki impact promosi pariwisata, dikenalkan ke daerah lain di Indonesia bahwa bukan hanya Bali daerah wisata tapi juga Toraja Utara,” ungkapnya.

Untuk itu, Dedi Palimbong sapaan Frederik Victor Palimbong mengharapkan kerjasama antara penyelenggara dari Masata dan komunitas Toraja Utara, pengusaha, pemuka pariwisata, pemerintah daerah dan TNI-Polri.

“Mari kita bersama dorong pariwisata Toraja mulai dari event dan juga menjaga hutan lindung, dan bukan hanya dukung budayanya tapi juga daya tarik wisata seperti sport tourism dan perkebunan,” pesan Dedi.

Sehingga nantinya kata Dedi dapat diwariskan kekayaan budaya, fasilitas dan pariwisata Toraja, dan menjadi daerah yang nyaman untuk dikunjungi.

Dedi berpesan kepada pihak yang terlibat agar event THF 2022 dapat memberikan impact besar dengan bantuan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta dinas terkait, aparat Camat dan Lembang serta TNI-Polri.

Hadir pada Rapat Koordinasi THF 2022 dan Konferensi Pers yakni jajaran Kepala OPD, Camat Kapalapitu dan Camat Rantepao, komunitas, sponsor serta media. (albert tinus)

  • Bagikan