Mahasiswa KKN UKI Paulus Perkenalkan Kain Tenun Asal Balusu, Pasarkan dengan Sistem Online

  • Bagikan

Nampak mahasiswa KKN UKI Paulus bersama masyarakat. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TORAJA UTARA-- Kuliah kerja nyata tematik (KKN-T) UKI Paulus Makassar yang berlokasi di kelurahan balusu, kecamatan Balusu, Kab Toraja Utara, Senin, 8 Agustus 2022.

Kuliah Kerja Nyata yang di laksanakan kurang lebih selama 1 bulan ini, dibekali tema "Ekonomi Kerakyatan dan Enterpreneurship Toraja Utara.''

Melalui observasi dan konsultasi dengan tokoh masyarakat, pemerintah dan dosen pembimbing, telah disepakati bersama bahwa produk unggulan lokal adalah kain tenun Jelurahan Balusu.

"Mengawali langkah strategis pertama, kami melakukan eksplorasi dan studi terkait produksi kain tenun yang ada di Kelurahan Balusu ini,," ungkap Fery sebagai Koordinator Kelurahan pada saat dikonfirmasi media via WhatsApp.

Kain tenun Kelurahan Balusu, Toraja Utara merupakan salah satu dari banyaknya ikonik yang ada di Toraja Utara

Namun, karena adanya persaingan pasar, sehingga kain tenun Kelurahan Balusu sudah jarang masyarakat luar kenal.

Selain daripada problem persaingan pasar, kebutuhan bahan baku tenun yang juga minim di Kota Rantepao, sehingga masyarakat kadang mendatangkan bahan dari kota Makassar.

Erik selaku koordinator produk, menjelaskan agar masyarakat luar Toraja juga mengetahui bahwa kain tenun yang ada di Kelurahan Balusu juga tidak kalah hebat dengan kain tenun di luar Toraja, sehingga strategi pemasaran yang perlu diubah.

"Jadi strategi pemasaran yang kami lakukan ialah menggunakan marketplace shopee, Tokopedia, Fanpage, dan Instagram, serta penggunaan branding packaging," tambah Erik

Program UMKM naik kelas merupakan salah satu program pemerintah agar produk UMKM memiliki kemasan brand dan memiliki daya tarik tersendiri bagi para konsumen.

Berangkat program pemerintah Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan UMKM naik kelas seharusnya berangkat dari desa, dusun atau kelurahan.

"Mudah-mudahan semua yang kita lakukan untuk masyarakat setempat di Kelurahan Balusu, dapat bermanfaat dalam memutar ekonomi masyarakat," tutup Fery. (rls/pp)

  • Bagikan