Sehari Melayat di Dua Rumah Duka, Surya Bobby: IAS Selalu Ada dalam Suka Duka Warga Toraja

  • Bagikan

IAS saat melayat. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TORAJA-- Eks anggota DPRD Sulsel dapil Toraja dan Toraja Utara, Surya Bobby menegaskan eksistensi politisi senior Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) di mata warga Toraja dan Toraja Utara. Di matanya, IAS dianggap sebagai tokoh yang selalu ada dalam suka dan duka masyarakat Toraja di kabupaten hasil pemekaran itu.

"Sebenarnya ini bukan hal baru. Bahwa IAS selaku tokoh politik, memang selalu hadir di tengah warga Toraja baik dalam suka maupun duka," terang tokoh perempuan Toraja ini di Rantepao, Selasa, 9 Agustus 2022

Hal ini ditegaskan Surya setelah sehari sebelumnya menemani Ilham Arief Sirajuddin mengunjungi dua rumah duka dalam sehari, di Toraja Utara, Senin 8 Agustus 2022.

Rumah duka pertama di Tongkonan Lembang Rantu, Kec Rante Bua. IAS atas nama keluarga besarnya di Makassar dan Batu Allu, Sangalla, menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Puang Maccanne Danduru. Almarhum adalah ayah dari legislator Golkar Toraja Utara, Sarifuddin Lino Padang.

Puang Macanne wafat lima bulan silam, 23 September 2021. Dia meninggalkan 9 orang anak. Dua di antaranya adalah anak angkat, salah satunya adalah mantan Bupati Luwu, Andi Muzakkar alias Cakka. Upacara Ma'tambun (upacara Rambu Solo bagi Toraja muslim) mengenang almarhum dilaksanaka 5 hingga 13 Agustus. "Terima kasih atas kehadiran Pak IAS di kesempatan ini," ujar Sarifuddin, anak keenam Puang Macanne.

Di kesempatan inj, IAS juga bertemu sejumlah sahabat lamanya. Di antaranya adalah birokrat senior Sulsel, Tautoto Tana Ranggina.

IAS kemudian melanjutkan melayat ke rumah duka, Kris Pabatang, di Maruang Kecamatan Sopai. Kris adalah istri dari sahabat IAS, Fajar. Kris berpulang pada 4 Juli 2021 silam. "Saya berbelasungkawa. Dan memohon maaf karena saat hari duka, sedang tidak berada di Indonesia," terang wali kota Makassar dua periode itu. Di kesempatan ini, IAS sempat bertemu dengan Bupati Toraja Utara, Yohannis Bassang yang akrab disapa Om Bas. Keduanya bercengkerama sesaat sebelum IAS lebih dulu meninggalkan rumah duka.

"Sepanjang diundang dan tidak bertepatan dengan agenda lain, IAS selalu peduli dengan warga Toraja. Bahkan saat menjadi wali kota Makassar, kedekatan IAS dengan warga Toraja di Makassar sangat dalam," tutup Surya Bobbi.

IAS kembali melakukan roadshow politik selama sepekan penuh. Dimulai Minggu 7 Agustus hingga 13 Agustus mendatang. IAS sambangi Pinrang, Sidrap dan Enrekang. Roadshow sepekan ini juga akan menyentuh Toraja, Torut, Lutim, Luwu, Palopo, dan Parepare. (*/pp)

  • Bagikan