Indonesia Juara AFF U-16, Bekuk Vietnam 1-0

  • Bagikan

Kafiatur Rizky saat merayakan gol semata wayang timnas Indonesia. --net-- --net--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, SLEMAN-- Viva Indonesia! Indonesia akhirnya juara Piala AFF U16. Timnas berhasil mengalahkan Vietnam 2-0 pada partai final di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jogyakarta, Jumat, 12 Agustus 2022 malam yang mulai dilangsungkan pukul 20.00 WIB. 

Pada duel ini, pelatih Timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, merotasi dua gelandang.

Adalah Achmad Zidan dan Figo Dennis. Mereka diturunkan sejak awal laga.

Sebelumnya, kedua pemain itu di bangku cadangkan saat mengalahkan Myanmar di semifinal.

Di lini depan, Bima Sakti tetap mengandalkan trio Muhammad Riski Afrisal, Arkhan Kaka dan Nabil Asyura. Untuk pemain lainnya, skuadnya sama dengan yang dimainkan di laga semifinal.

Bermain di hadapan pendukung yang memenuhi tribun Stadion Maguwoharjo, Nabil Asyura dan rekan-rekannya berusaha memberikan tekanan ke lini pertahanan Vietnam sejak meni-menit awal.

Berbeda dengan penampilan Vietnam sebelumnya saat kedua tim bertemu di babak penyisihan Grup A, tim asuhan Nguyen Quoc Tuan bermain lebih berhati-hati. Hal itu menyulitkan skuad Garuda Asia untuk mencetak gol.

Pada menit ke-40, Timnas U-16 Indonesia melancarkan serangan. Namun, rapatnya barisan belakang Vietnam, membuat upaya Arkhan Kaka dan rekan-rekannya gagal.

Menjelang berakhirnya babak pertama, Vietnam meningkatkan serangannya. Namun, tembakan yang mengarah ke gawang Indonesia masih dapat diantisipasi kiper Andrika Fathir Rachman.

Pada waktu tambahan di babak pertama sebelum istirahat turun minum, Kafiatur Rizky mencetak gol melalui tembakan dari kotak penalti, setelah menerima umpan dari Figo Dennis. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk Timnas U-16 Indonesia.

Pada babak kedua, Indonesia tidak mengendorkan serangan. Gelombang serangan dilakukan. Hanya saja, tidak adalagi tercipta gol.

Pada partai ini, kedua tim sudah bertemu di penyisihan Grup A, di mana Garuda Asia menang 2-1.

Seperti diketahui, Timnas U16 Indonesia asuhan Bima Sakti melangkah ke final Piala AFF U16 2022 seusai mengalahkan Myanmar 5-4 (1-1) via adu penalti.

Sebelumnya, kedua tim sudah pernah bertemu di penyisihan grup. Hasilnya, timnas yunior Indonesia menang 2-1.

Namun, pada laga itu, Vietnam mampu unggul duluan 1-0. Indonesia kemudian mampu bangkit dan mencetak dua gol. 

Laga final ini menjadi kesempatan emas bagi Indonesia kembali merebut gelar juara untuk kedua kalinya di ajang Piala AFF U16.

Indonesia baru sekali juara Piala AFF U16 yakni pada edisi 2018, sejak event ini digelar. Ketika itu, tim Merah Putih juara di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. 

Timnas Indonesia U16 ketika itu antara lain diperkuat pemain kembar, Bagus Kahfi dan Bagas Kaffa. Pelatihnya adalah Fakhri Husaini. 

Kini, momen kemenangan itu diulang Bima Sakti. "Kemenangan (tahun 2018) itu menjadi motivasi tersendiri bagi kami," kata Bima Sakti. 

Sebelum itu, pada Jumat sore, ada perebutan tempat ketiga antara Thailand melawan Myanmar. Thailand berhasil juara 3 usai membekuk Myanmar 3-0. (*/pp)

Timnas Indonesia U-16:

Andrika Rachman, Rizdjar Subagja, Mohamad Andre Pangestu, Sultan Zaky, Habil, Iqbal, Muhammad Kafiatur, Narendra Tegar, Muhammad Riski Afrisal, Arkhan Kaka, Muhammad Nabil Asyura.(*)

  • Bagikan