Banggar Sarankan Anggarkan Bus Sekolah hingga Honorarium Nakes

  • Bagikan
Wali Kota Palopo, HM Judas Amir dan Wakil DPRD Abdul Salam menandatangani berita acara penetapan KUA-PPAS APBD 2023 di DPRD Palopo, Sabtu, 13 Agustus 2022 malam.--ft: istimewa--

DPRD Tetapkan Nota Kesepakatan Rancangan KUA-PPAS APBD 2023

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA-- DPRD Kota Palopo telah menetapkan hasil pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD tahun 2023 melalui sidang paripurna di gedung DPRD Palopo, Sabtu, 13 Agustus 2022 malam.

Berdasarkan hasil pembahasan KUA PPAS APBD 2023 ini tim badan anggaran (Banggar) DPRD Palopo memberikan beberapa saran sebagaimana dalam pelaporannya yang disampaikan anggota DPRD, Muhammad Mahdi.

Saran tersebut yakni, agar kiranya pagu anggaran yang ditetapkan untuk perangkat daerah (PD) menjadi pedoman penyusunan APBD tahun 2023 yang harus ditaati oleh setiap PD.

Dalam meningkatkan pelayanan Pemkot Palopo harus memperhatikan honor para tenaga medis sehingga terjadi keseimbangan terhadap kesejahteraan dengan pelayanan. Untuk mendukung aktivitas anak belajar ke sekolah pada daerah yang terdapat keterbatasan transportasi diharapkan Pemkot Palopo menganggarkan pengadaan bus.

Perlu adanya keberpihakan anggaran untuk mengantisipasi kemungkinan krisis pangan dan kelangkaan pupuk yang kini menjadi isu nasional dan menyarankan agar aset berupa tanah dan bangunan harus jelas payung hukumnya sehingga dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat terukur.
Demikian pula dengan aset Pemrov Sulsel yang dikuasai Pemkot Palopo agar memperjelas dari dana bagi hasil yang didapat.

Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, dalam sambutannya mengucapkan penghargaan dan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada anggota DPRD Palopo atas disahkannya KUA PPAS ini. Sehingga, eksekutif dan legislatif bisa fokus menyelesaikan APBD pokok 2023.

Ia menyampaikan, selain membutuhkan sumber daya cukup besar penetapan pos belanja harus benar-benar memperhatikan skala prioritas program kegiatan yang disesuaikan ketersediaan sumber pendapatan untuk dijabarkan ke Ranperda APBD 2023.

"Pos belanja yang dialokasikan diharapkan nantinya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta perekonomian di Palopo yang selaras pembangunan di 2023," katanya.

Paripurna penetapan KUA/PPAS yang dipimpin Wakil Ketua I DPRD, Abdul Salam SH, dihadiri dan dihadiri anggota DPRD lainnya termasuk pimpinan PD. (rul/ikh)

  • Bagikan