TNI Latih 71 Anggota Paskibra

  • Bagikan
Anggota Paskibra Tahun 2022 Kabupaten Luwu berfoto bersama usai mengikuti latihan di Tribun Andi Djemma, Jumat lalu. Total jumlah anggota Paskibra sebanyak 71 orang perwakilan siswa SLTA sederajat se Luwu.--ft: andrie/palopopos--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA-- Sebanyak 71 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di Kabupaten Luwu, mulai intens berlatih sejak 3 Agustus 2022 lalu di Belopa. Mereka digembleng selama 16 hari untuk dipersiapkan menaikkan bendera merah putih saat apel peringatan detik-detik Proklamasi pada 17 Agustus 2022.

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Luwu selaku Ketua Panitia Paskibra Luwu, Muhammad Arfail SPd MSi kepada Harian Palopo Pos, Jumat, 12 Agustus 2022 lalu mengungkapkan, anggota Paskibra ini merupakan perwakilan dari SLTA sederajat se Kabupaten Luwu yang berjumlah 71 orng terdiri dari 38 orang putra dan 33 orang putri.

"Mereka direkrut sejak bulan Maret lalu dan saat ini sudah berlatih baris berbaris yang dilatih instruktur dari TNI Kodim 1403 Sawerigading Palopo yang dimulai sejak tanggal 3 Agustus 2022 lalu. Para pelatih anggota Paskibra yaitu Danramil Belopa, Kapten Czi Syarifuddin, Peltu Miswan R, Serka Oktapianus, Serda Herman, Praka Muslimin, Praka Mursam dan Praka Zulkifli," ungkap Arfail.

Arfail mengatakan, anggota Paskibra Luwu yang rencananya akan membentuk variasi "Payung Luwu" pada peringatan detik-detik Proklamasi, Rabu 17 Agustus 2022 lusa. Terdiri dari tiga barisan utama, yaitu barisan enam, barisan 17, dan barisan 45.

"Kami sangat berharap calon anggota Paskibra dapat berlatih sungguh-sungguh, menjalani latihan dengan penuh disiplin dan rasa tanggung jawab, sehingga dalam melaksanakan tugas nantinya dapat berjalan lancar, sukses dan mendapat pujian dari publik yang akan menontonnya saat peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dipusatkan di Tribun Lapangan Andi Djemma Belopa,'' katanya.

Arfail mengatakan, disamping menerima latihan fisik secara out door yang dipusatkan di Lapangan Andi Djemma Belopa, pula para calon anggota Paskibra Luwu ini juga mendapatkan materi penguatan mental spritiual yang dipusatkan dilokasi karantina yaitu di Wisma Anda Belopa.

"Mereka juga mendapatkan pembinaan mental dengan materi seperti sejarah tentang bendera merah putih, tentang Bela negara, Struktur Purna Paskibraka Indonesia, Peran Pemuda Terhadap Pembangunan Bangsa, Semangat Perjuangan Pahlawan Luwu, Pancasila sebagai karakter Indonesia," kata Arfail seraya menambahkan 71 orangcalon anggota Paskibra Luwu ini rencananya akan dikukuhkanmenjadi anggota Paskibra pada Senin malam tanggal 15 Agustus 2022 oleh Bupati Luwu di Aula rujab Bupati Luwu di Kelurahan Pammanu Kecamatan Belopa Utara. (and/ikh)

  • Bagikan