Peringati Hari Dharma Karya Dhika ke 77, Kanim Palopo Gelar Upacara Bendera

  • Bagikan

Palopo - Rangkaian peringatan Hari Dharma Karya Dhika ke 77 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia telah mencapai puncaknya yang ditandai dengan penyelenggaraan upacara bendera. Berbeda dari tahun sebelumnya, upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika ke 77 tahun ini diselenggarakan secara tatap muka diseluruh Unit Pelaksana Teknis Kemenkumham se Indonesia. Upacara Bendera kali ini, Jum'at (19/08/2022) dihadiri langsung oleh jajaran Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Palopo yang bertempat di pelataran Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Palopo.

Pada kesempatan kali ini, bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Subseksi Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Keimigrasian, Alfitrul Yunis. Upacara bendera diawali dengan pembacaan Sejarah Singkat Kementerian Hukum dan HAM. Pengibaran bendera Merah Putih, pembacaan teks pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan pembacaan Panca Prasetya KORPRI menambah hikmatnya upacara bendera kali ini.

Alfitrul sebagai Inspektur Upacara berkesempatan untuk membacakan sambutan seragam Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI pada peringatan Hari Dharma Karya Dhika ke 77 Tahun 2022. Dalam sambutannya Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Yasonna H. Laoly, menegaskan kepada seluruh Insan Pengayoman Insan Pengayoman bahwa mendasari indeks kepuasan masyarakat di dalam pelayanan publik terdapat hal-hal yang perlu dipahami. Kita harus tahu tugas utama ‘core business' kita yakni keberhasilan pembangunan di bidang hukum dan HAM. Dalam rangka implementasinya kita harus memperkuat kemampuan internal, meningkatkan sinergitas K/L, serta membuka partisipasi masyarakat yang seluas-luasnya.

Ukuran keberhasilan kita bukan lagi sekedar memperoleh penghargaan dan seremonial belaka, tetapi terpenting adalah memperoleh kepercayaan publik ‘public trust dan memperoleh legitimasi "legitimacy" Masyarakat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya berbagai pemberitaan positif serta menurunnya public complaint dan pemberitaan negatif yang menerpa Kementerian Hukum dan HAM.

Yasonna mengajak kepada seluruh Insan Pengayoman yang berada diseluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote, untuk menyatukan hati dan pikiran serta teguhkan komitmen secara bersama untuk terus berkarya bagi Negeri didasari tata nilai PASTI dan BerAKHLAK sesuai tema yang kita usung tahun ini “Dengan Semangat Kebersamaan Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin PASTI dan BerAHKLAK”.

"Seluruh Insan Pengayoman, khususnya Insan Pengayoman di Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Palopo, bersuka cita pada hari ini seiring dengan terlaksananya upacara bendera sebagai acara puncak dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika ke 77 Tahun 2022. Upacara kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena diselenggarakan secara tatap muka di seluruh Unit Pelaksana Teknis Kemenkumham di seluruh Indonesia', ungkap Alfitrul.

Secara terpisah Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Palopo, Benyamin Kali Patembal Harahap, menghadiri upacara bendera tingkat Kantor Wilayah Sulawesi Selatan yang dipusatkan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Watampone menambahkan, tema Hari Dharma Karya Dhika ke 77 Tahun 2022 ini adalah Dengan Semangat Kebersamaan, Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin PASTI dan BerAKHLAK. Tentunya kita berharap bahwa semua Insan Penayoman khususnya seluruh pegawai di Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Palopo dapat menjalankan tugas dan fungsi sesuai dengan nilai-nilai PASTI dan BerAKHLAK sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap publik.(rls/ary)

  • Bagikan