Menteri Pariwisata Dijadwalkan Hadiri Event Magical Toraja

  • Bagikan

Sekjen PMTI Dating Palembangan, SE,Ak, MM, bersama Ketua Panitia Magical Toraja Belo Tarran,Waket Briken , Sek panitia dan para panitia lainnya, Sabtu, 20 Agustus 2022. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, RANTEPAO-- Menteri Pariwisata dan UMKM, Sandiaga Uno, dijadawalkan akan menghadiri Event Magical Toraja.

Menurut Sekretaris Jenderal Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (Sekjen PMTI) Dating Palembangan, SE,Ak, MM, pihaknya akan mengundang Menteri Pariwisata dan UMKM.

Event Magical Toraja PMTI ini, oleh pengurus pusat menjadikan suatu event besar. Dan, kali ini, didukung oleh berbagai pihak termasuk dari Kementerian Pariwisata dan UMKM, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Toraja Utara, Pemerintah Tana Toraja, dan Pemerintah Kabupaten Mamasa.

Ini semua akan mengambil bagian dalam mensukseskan program ini.

"Program Megical Toraja ini, dirangkaikan dengan memperingati kemerdekaan Republik Indonesia yang kita peringati setiap tanggal 17 Agustus. Juga, dalam rangka mensyukuri etnis Toraja yang menurut para ahli kira-kira 775 tahun yang lalu sudah ada di Indonesia.

Termasuk juga menyambut G 20 , yaitu pertemuan para pimpinan negara di Bali pada bulan November 2022 nantinya.

Kegiatan Event Magical Toraja PMTI, akan berjalan dengan lancar bila didukung semua pihak termasuk insan pers.

Hal ini dikemukakan saat panitia melaksanakan konpers terkait kegiatan Magical Toraja di Kedai Kopi Iyoo di Rantepao, Sabtu, 20 Agustus 2022.

Dalam konpres tersebut, turut hadir Ketua Panitia Belo Tarran bersama Wakil Ketua dan Sekretaris Panitia.

Mereka memaparkan rangkaian kegiatan Magical Toraja yang mulai digelar dari tanggal 15 - 31 Agustus 2022.

Berbagai kegiatan carnaval budaya dan lainnya akan digelar di Tana Toraja dan Toraja Utara.

Sekretaris Jenderal PMTI menyampaikan dengan adanya dukungan insan pers, maka kegiatan PMTI tidak akan jadi milik pengurus pusat saja, tetapi juga milik masyarakat umum.

Lebih jauh Sekjen PMTI menjelaskan, selain itu, PMTI membuat event Magical Toraja ini menjadi suatu program dengan harapan bahwa seluruh diaspora Toraja, mengajak para diaspora untuk hadir di Toraja setiap saat.

Kiranya sepanjang tahun diaspora datang ke Toraja, baik di Tana Toraja,Toraja Utara, dan Mamasa tentunya.

"Ini untuk membangkitkan Pariwisata itu sendiri. Kalau kita mengharapkan orang lain di luar sana untuk datang ke Toraja, mereka akan berpikir banyak, waktu, akses ke sini. Tetapi kalau kita membangkitkan semangat diaspora, maka generasi ke generasi yang sudah jutaan ini rindu untuk kembali ke Toraja. Maka, Toraja tidak perlu lagi mempromosikan lagi dirinya, cukup wisatawan diaspora, maka ekonomi di Toraja ini akan bangkit. Kalau sepanjang tahun ini masyarakat Diaspora Toraja kembali ke Toraja yang sekian jutaan itu," Jelas Sekjen PMTI.

Ditambahkan Sekjen PMTI, Toraja ini akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi kreatif nantinya. Karena, setiap diaspora yang akan datang ke Toraja ini, datang membelanjakan duitnya seberapa kemampuan mereka sesuai dengan keadaan ekonomi masing-masing. Sehinggah itu terakumulasi akan membangkitkan semangat UMKM di Toraja ini, baik di Tana Toraja,Toraja Utara dan Mamasa.

"Ini akan kita ceritakan kepada generasi -generasi bahwa kita sebagai diaspora punya tanah leluhur, sehinggah nantinya mereka akan selalu ingat kampung halamannya ,untuk selalu pulang kampung,'' pungkas Sekjen PMTI Dating Palembangan.

Ditambahkan Ketua Panitia Magical Toraja Belo Tarran, bahwa kegiatan ini Mendorong masyarakat Toraja untuk mendukung dalam meningkatkan pariwisata, membangkitkan ekonomi kerakyatan guna meningkatkan kesejahteraan warga tentunya.

"Kegiatan Megical Toraja, Mampu menjadi daya tarik Diaspora datang untuk menyaksikan pagelaran even ini.Jika hal tersebut terlaksana dengan baik, maka Miliaran anggaran yang akan berputar selama event ini berlangsung.

Nantinya, katanya, para diaspora akan memakai baju khas Toraja saat pulang ke Toraja mulai keberangkatan hingga tiba di Toraja. Tentu hal ini membuat pengrajin tenun kewalahan memenuhi pesanan, sehingga ekonomi kerakyatan di desa meningkatkan ekonominya,'' ungkap Ketua Panitia Magical Toraja.

Lanjut Belo, acara puncak Magical Toraja Tanggal 25 hinggah 31 Agustus 2022 dimana akan dihadiri juga Komjen Australia dan beberapa tamu lainnya seperti Bupati, Pangdam, Kapolda, Walikota Makassar, Wali kota Pare-Pare dan beberapa pejabat dari Papua akan hadir.

"Peserta ribuan akan hadiri even ini. Ada 20 Tim Marching Band baik itu dari Palopo dan Toraja. Even Magical Toraja juga dimeriahkan Drumband dari Palopo dan Toraja. Pertandingan Catur yang diikuti 200 peserta , Carnaval Fashion budaya, atraksi Budaya, Lomba Fork Song , Paduan Suara, dan lainnya," kunci Belo Tarran. (albert tinus)

  • Bagikan