Ahsan/Hendra ke Final, Kejuaraan Tradisi Medali Bagi The Daddies

  • Bagikan
Ahsan/Hendra melaju ke final usai mengalahkan pasangan Indonesia Fajar/Rian, Sabtu, 27 Agustus 2022 pagi ini. --twitter--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOKYO-- Luar biasa penampilan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 (Kejuaraan Dunia BWF 2022). Mereka berhasil melaju ke final usai mengalahkan Fajar/Rian dengan skor 21-23, 21-12, dan 16 21.

Melajunya Ahsan/Hendra ke final, merulakan tradisi bagi keduanya. Yakni, selalu membawa pulang medali dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis (Kejuaraan Dunia BWF).

Yah, The Daddies melangkah ke final usai mengalahkan junironya dengan rubber set babak semi final,, Sabtu, 27 Agustus 2022 pagi WIB. Meski bermain rubber set, mereka menang di Tokyo Metropolitan Gymnasium.

Dengan melaju ke final, maka pasangan tua-tua keladi ini, sudah memastikan diri mendapatkan medali perak Kejuaraan Dunia BWF 2022. Artinya, mereka meneruskan tren positif di ajang tersebut dengan selalu membawa pulang medali selama berpartisipasi sebagai pasangan.

Ya, sejak dipasangkan pada 2012 lalu, Ahsan/Hendra memiliki rekor kemenangan 100 persen di Kejuaraan Dunia. Mereka langsung keluar sebagai juara dunia ketika melakukan debut di turnamen tersebut pada 2013 di Guangzhou, China.

Pada tahun berikutnya di Copenhagen, Denmark, Ahsan/Hendra mundur di babak 32 besar. Alhasil, mereka tidak terhitung mengalami kekalahan serta tidak dianggap gagal membawa pulang medali lantaran belum mentas satu laga pun. Sebab, Ahsan/Hendra mendapat bye di babak 64 besar.

Pada Kejuaraan Dunia 2015 yang digelar di Jakarta, The Daddies kembali merebut takhta tertinggi sebagai juara dunia. Lalu, sesudah itu pada edisi 2016 dan 2018, mereka tak berpartisipasi.

Sedangkan pada 2017, Ahsan berpasangan dengan Rian Agung di mana mereka berhasil meraih medali perunggu. Kemudian, ketika kembali berduet pada 2019, The Daddies lagi-lagi menyabet medali emas Kejuaraan Dunia, atau yang ketiga sejak berpasangan.

Sesudah itu, pada edisi 2020, Kejuaraan Dunia ditiadakan karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Pada edisi 2021 di Huelva, Spanyol, pemain Indonesia ditarik mundur oleh PBSI karena merebaknya virus Covid-19 varian Omicron di Eropa.

Kini, Ahsan/Hendra kembali mengamankan medali di Kejuaraan Dunia 2022, yang untuk pertama kalinya digelar di Tokyo, Jepang. Mereka pun masih berpeluang untuk menjadi juara dunia untuk keempat kalinya sebagai pasangan.

Namun, The Daddies harus menang, calon lawan mereka di partai puncak adalah pemenang antara Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) dengan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India).

Sebagai tambahan, sebelum bersama Ahsan, Hendra pernah satu kali meraih gelar juara dunia, tepatnya pada edisi 2007. Kala itu, dia berpasangan dengan Markis Kido dan membawa pulang medali emas. (net/jpnn/pp)

  • Bagikan