Dewi Sartika Pasande Hadiri Peringatan Hari Jadi Toraja ke-775 dan HUT Kabupaten Tana Toraja ke-65

  • Bagikan
Dewi Sartika Pasande foto bersama Bupati Tana Toraja Theofilius Alloreng.

MAKALE --- Ketua Umum PMTI Mayjend TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa bersama Kepala Bidang Luar Negeri PMTI, Ir Dewi Sartika Pasande, M.Sc, menghadiri acara peringatan Hari Jadi Toraja ke-775 dan HUT Kabupaten Tana Toraja ke-65, Rabu 31 Agustus 2022, di eks Bandara Pongtiku, Kecamatan Rantetayo, Tana Toraja.

DSP-sapaan akrab Dewi Sartika Pasande--yang tiba di lokasi acara tampil cantik dan anggun dengan balutan busana putih dan sanggul. Ia langsung disambut panitia dan pejabat teras Pemkab Tana Toraja. DSP yang memang hadir khusus untuk acara peringatan Hari Jadi Toraja dan HUT Kabupaten Tana Toraja jadi magnet di acara yang sakral tersebut.

Beberapa pejabat dan tamu foto bersama dengan DSP. Mulai dari bupati, ketua dan anggota DPRD. Tokoh masyarakat, tokoh perempuan, dan lainnya. Ia foto bersama dengan Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, SE., M.Si. Kemudian Bupati Enrekang, Drs. H. Muslimin Bando, M.Pd.

DSP mengatakan, masyarakat Tana Toraja yang ada di luar negeri sejak awal mengikuti peringtan hari Jadi Toraja dan HUT Kab. Tana Toraja. “Selamat Hari Jadi Toraja ke-775 dan HUT kabupaten Tana Toraja ke-65,'' ujar DSP, kepada Palopo Pos, usai menghadiri acara peringatan tersebut.

Melalui momentum ini, DPS berharap semoga Toraja semakin maju melalui sektor pariwisata. Apalagi dengan adanya kegiatan Magical Toraja. ''Magical Toraja banyak dikunjungi banyak pengunjung, baik manca negara maupun domestik,'' ujarnya.

Lanjutnya, dalam usia yang ke-65 harapan Kabupaten Tana Toraja dapat memajukan pariwisata untuk bangkit kembali. Ini mengingat kurun waktu dua tahun akibat pandemi covid dan di tengah situasi dunia yang ekonomi semakin sulit pemerintah harus berbuat lebih baik lagi. ''Kita berharap pariwisata kabupaten Tana Toraja bisa bangkit kembali. Pemerintah daerah diharapkan meski di tengah situasi dunia yang ekonominya sulit, pemerintah daerah harus berbuat lebih baik lagi,'' harap dia.

Pariwisata Tana Toraja harus kembali maju dan berkembang. Untuk itu, butuh dukungan semua pihak untuk menyukseskan semua program pengembangan pariwisata di Bumi Lakipadada. DSP juga mengapresiasi bantuan dari Pemprov Sulsel yang digelontorkan untuk Tana Toraja sudah mencapai Rp290 miliar.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, mengungkapkan bantuan dari Pemprov Sulsel yaitu Rp290 miliar pembangunan infrastruktur dalam menunjang destinasi pariwisata dan pembangunan jembatan. Lalu, Rp22,5 miliar bantuan keuangan dalam mendukung akses jalan ke destinasi wisata Ollon, Bonggakaradeng, perekonomian dan subsidi pesawat rute Toraja-Balikpapan, Bandara Buntu Kunik (BBK), mendorong penghijauan ribuan pohon menuju ke bandara, program siswa menanam di sekolah sebanyak 16 ribu bibit pohon, sektor pertanian dan menyasar tani bantuan pupuk serta alat pertanian dan Rp2,5 miliar bantuan lainnya.

Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung dalam sambutannya menyampaikan Toraja sebagai daerah tertua di Sulsel memiliki budaya tinggi, sehingga itu Toraja patut menjadi daerah tujuan wisata di Indonesia yang memiliki kekayaan budaya dan sumber daya manusia yang sangat hebat.
Maka itu, patut disyukuri perjalanan panjang Toraja, bukan hanya dirayakan Pemkab Tana Toraja tapi juga Toraja Utara, Mamasa dan kabupaten yang ada di Sulsel dan Sulawesi Tengah.(ary)

  • Bagikan