Komisi II DPRD Luwu Kecewa, TBBM Pertamina Karang-karangan Enggan Beri Data Realisasi Kuota BBM Subsidi

  • Bagikan

Rapat Dengar Pendapat Komisi II DPRD Luwu Kamis (2/9). Anggota DPRD Luwu kecewa karena pihak TBBM Karang-karangan tidak memberikan data realisasi kuota BBM Bersubsidi di 12 SPBU di Luwu. --andrie islamuddin--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA-- Komisi II DPRD Luwu merasa kecewa, pasalnya dalam rapat dengar pendapat (RDP) Kamis (1/9) pihak Terminal BBM Palopo, Chikara P Karouw bersama rekannya Abdul Malik tidak memberikan data realisasi pemakaian kuota BBM yang diberikan kepada 12 SPBU yang ada di Kabupaten Luwu.

Dalam RDP yang dipimpin Ketua Komisi II DPRD Luwu, Sulaeman Ishak, Anggota DPRD Luwu Wahyu Napeng, SE dalam kesempatan tersebut mempertanyakan berapa sesungguhnya kuota Bahan bakar bersubsidi (Pertalite dan Solar) yang ada di kabupaten Luwu dan sejauhmana realisasinya hingga bulan Agustus 2022.

"Data jumlah kuota dan realisasi BBM yang diberikan setiap SPBU ini perlu kami dapatkan, hal ini untuk mencocokkan apakah ada kaitan sehingga terjadi fenomena antrian kendaraan di setiap SPBU, bahkan dilain sisi ada SPBU yang cepat sekali tutup dengan alasan BBM yang dijual sudah habis. Kami menduga, jangan sampai BBM jatah untuk masyarakat, petani dan nelayan kabupaten Luwu malah dibawa keluar ke daerah lain seperti ke Morowali atau Kolaka Utara, " ungkap Wahyu Napeng.      

Bukannya memberikan data tersebut, pihak Terminal BBM Palopo, Karang-karangan malah enggan memberikan dan meminta pihak komisi II DPRD Luwu agar bersurat resmi ke pimpinan mereka.

"Kami tidak bisa memberikan data yang bapak minta, jika tidak ada ijin dari pimpinan kami. Untuk itu kami minta bersurat ke pimpinan kami di Makassar. Sebab tanpa ada persetujuan dari pimpinan kami bisa dipecat pak," kata Abdul Malik.

Pembahasan terkait kuota BBM Bersubsidi dan lemahnya pengawasan twrhadap SPBU di ruang komisi II DPRD Luwu tersebut akhirnya menjadi alot, dan pihak komisi II DPRD Luwu memutuskan untuk mempertanyakan ke BPH Migas di Jakarta.

" Karena pihak TBBM Karang-karangan tidak memberikan jawaban memuaskan, kami lebih baik melakukan konsultasi saja ke BPH Migas di Jakarta. Kami ingin tahu berapa realisasi kuota BBM Subsidi Kabupaten Luwu, sekaligus ingin mengusulkan penambahan kuota BBM bersubsidi, karena berdasarkan penjelasan tadi ternyata simpang siur bahkan mengalami penurunan, " kata Wahyu Napeng.

Ketua Komisi II DPRD Luwu Sulaeman Ishak, mengatakan, RDP menarik 4 kesimpulan, terkait BBM Subsidi yang saat ini mengalami kelangkaan dan menyebabkan banyaknya kendaraan mobil khususnya truk yang antri berjam-jam di sejumlah SPBU.

" Pertama, kami akan mengusulkan penambahan kuota BBM Kabupaten Luwu. Kedua, perlu ada solusi untuk pelayanan lebih optimal bagi petani dan nelayan, mengingat mereka sangat kesulitan mendapatkan BBM diSPBU, dimana surat keterangannya berlaku sangat terbatas, sehingga mungkin diperlukan adanya pelayanan khusus kepada petani dan nelayan. Ketiga, perlunya ada aspek pengawasan yang lebih ketat di SPBU, demi menghindari praktek kecurangan pengelola SPBU terhadap pemanfaatan BBM bersubsidi. Keempa, kami akan menjadwalkan kembali pertemuan dengan TBBM Karang-karangan bersama pengelola 12 SPBU yang ada di Kabupaten Luwu, " kata Sualeman Ishak.

Anggota Komisi II DPRD Luwu Zaenal Arifin S.Sos mengatakan, ditengarai dan diduga ada praktek kecurangan di sejumlah SPBU yang merugikan masyarakat Luwu, seperti di SPBU Seppong, hal ini dikarenakan SPBU tersebut terkadang hanya sebentar sekali melayani masyafakat dan tiba-tiba ditutup, dengan alasan BBM telah habis.

" Sayangnya Pengawasan pihak terkait di SPBU juga tidak optimal. Kami amati kuota BBM diberikan ke SPBU dalam jumlah yang cukup untuk melayani kendaraan. Tetapi faktanya belum berapa lama beroperasi SPBU itu sudah tutup karena alasannya BBM sudah habis, " kata Zaenal Arifin. (andrie islamuddin)  

  • Bagikan