Resmi Tutup Event Magical Toraja, Ketum PMTI: Akan Dilaksanakan Setiap Tahun

  • Bagikan

Suasana saat penutupan Event Magical Toraja pertama tahun 2022 yang digagas PMTI yang berlangsung di Pasar seni Makale Tana Toraja, Rabu, 31 Agustus 2022. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,MAKALE-- Penutupan Event Magical Toraja pertama tahun 2022 yang digagas Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) berlangsung meriah dan berjalan lancar dilaksanakan di Pasar seni Makale Tana Toraja, Rabu, 31 Agustus 2022

Penutupan ditandai pemukulan gendang oleh Ketua Umum PMTI Mayjen TNI Purn Yulius Selvanus Lumbaa,bersama Bupati Tana Toraja Theophilus Allorerung,Sekjen PMTI Dating Palembangan dan pengurus PMTI lainnya.

Dalam sambutannya Ketua Umum PMTI Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa di Penutupan event Magical Toraja katakan Atas nama pengurus pusat perhimpunan masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), saya mengucapkan banyak -banyak terima kasih atas partisipasinya dalam rangka kita sama-sama merayakan hari jadi Toraja yang ke-775 dan hari kemerdekaan republik Indonesia yang ke-77 juga dalam rangka menyambut G 20 di bulan November nanti .

"Semua rangkaian kegiatan, seiring juga dengan Ulang Tahun Kabupaten Tana Toraja yang ke 65 tahun. Dan tentunya rangkaian kegiatan Magical Toraja ini akan semakin marak dan marak terus, apalagi dibulan Agustus di Pangala'dikampung saya disana .Ada juga kegiatan yang namanya ma' nenek '.

Kegiatan Magical Toraja, sangat tepat kalau di bulan Agustus, karena bulan Juli Toraja Utara ulang tahun, bulan Agustus Tana Toraja ulang tahun, kemerdekaan republik Indonesia juga bulan Agustus, kemudian hari jadi Toraja juga di bulan Agustus.

"Jadi hitungan-hitungan seperti itu lahirlah tema atau judul Magical Toraja, dan semua masyarakat yang kita temui menyatakan agar magical Toraja ini, dibuat kembali ke depan. Saya belum bisa menjawab tetapi nanti kita akan bawah ke forum, rapat antara dewan penasehat, dewan pertimbangan dan pengurus pusat. Dan saya yakin semuanya akan setuju apabila magical Toraja setiap tahun di laksanakan di Toraja," jelas Ketum PMTI disambut tepuk tangan dari warga masyarakat yang memenuhi lokasi pasar seni Makale tempat digelarnya even Magical Toraja ini.

Kegiatan Magical Toraja lanjutnya, semuanya akan mengangkat tema budaya.

Potensi budaya lokal yang selama ini tidak terekspos apalagi dua tahun yang silam terkena Covid-19. Itu sebabnya, PMTI hadir dalam rangka membantu, bersinergi dengan pemerintah daerah dan komponen lainnya termasuk Gereja-gereja bagaimana menggerakkan kembali ekonomi dunia karena runtuh gara-gara Covid 19 ini.

Menurutnya, Toraja unggulannya adalah Pariwisata. Pariwisata juga unggulannya adalah budaya -budaya yang dimiliki bersama. Tentunya, dapat membangkitkan UMKM dan pariwisata bergerak. Maka, PAD Tana Toraja dan Toraja Utara akan meningkat dan akan menjadi kesejahteraan bagi masyarakat.

"Itulah peran PMTI bersama dengan pemerintah daerah. Tentunya kami yang ada di perantauan akan monitor terus perkembangan di daerah. Karena, di sini juga ada perwakilan PMTI yang akan berkomunikasi dengan pemerintah daerah dan unsur -unsur lainnya. Keterlibatan PMTI atau sang perantau ini kepada daerahnya. Itulah sebabnya kita akan terus membuat program -program yang sasarannya adalah Tana Toraja, Toraja Utara dan Mamasa," kunci Ketum PMTI Mayjen TNI ( Purn) Yulius Selvanus Lumbaa.

Diakhir penutupan event Magical Toraja, Ketua Umum, Sekjen PMTI, Kabid Luar Negeri Dewi Sartika Pasande, dan lainnya menyerahkan piala trophy, piagam, dilanjutkan dengan penampilan Band Tindoki dan di Tutup dengan Ma'Dero dimana penyanyi serta pemusiknya didatangkan langsung dari Poso Sulawesi Tengah.

Penutupan event Magical Toraja turut dihadiri, Bupati Tana Toraja Theophilus Allorerung, Dandim 1414/Tator Letkol.Inf Monif Ade Chandra, Kapolres Tana Toraja AKBP. Juara Silalahi , Sekjen PMTI Dating Palembangan ,SE, Ak MM .Irbar Pairing Senobua Ketua PMTI Kalimantan Tengah , Anggota DPRD Provinsi Sulsel Dan Pongtasik , Jhon Rende Mangontan ,Ketua DPRD Tator Welem Sambolinggi, Anggota DPRD Tator Kristian IP Lambe ,Dewi Sartika Pasande Ketua Bidang Luar Negeri PMTI dan Pengurus PMTI lainnya.(albert tinus)

  • Bagikan