Rp290 M Gairahkan Pariwisata Tana Toraja

  • Bagikan
PENYERAHAN bantuan keuangan senilai Rp22,5 miliar untuk Pemkab Tator diserahkan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman diterima Bupati Tator, Theofilus Allorerung disaksikan Wabup Tator, dr Zadrak Tombeg, dan Ketua DPRD Tator, Welem Sambolangi di acara Puncak Peringatan Hari Jadi Toraja ke-775 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tana Toraja ke- 65 tahun 2022 di eks Bandara Pongtiku, Rabu (31/8/2022). RISNA/PALOPO POS

Peringati Puncak Peringatan Hari Jadi Toraja ke-775 dan HUT Kabupaten Tana Toraja ke-65

PALOPOPOS.FAJAT.CO.ID, MAKALE -- Pariwisata Tana Toraja harus kembali maju dan berkembang. Untuk itu, butuh dukungan semua pihak untuk mensukseskan semua program pengembangan pariwisata di Bumi Lakipadada. Salah satunya, bantuan dari Pemprov Sulsel yang digelontorkan untuk Tana Toraja sudah mencapai Rp290 miliar.

Hal itu diungkapkan Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung di sela-sela peringatan peringatan Hari Jadi Toraja ke-775 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tana Toraja ke- 65 tahun 2022 di eks Bandara Pongtiku, Kecamatan Rantetayo, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Rabu (31/8/2022), kemarin.

Peringatan acara ini diawali ibadah syukur bersama pemerintah daerah dan tamu undangan, perayaan HUT bertema ‘Memantapkan Produktivitas Masyarakat Menuju Kemandirian Pangan Lokal’.

Dilanjutkan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tana Toraja dalam rangka memperingati Hari Jadi Toraja ke-775 dan HUT Kabupaten Tana Toraja ke- 65 saat Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman tiba di lokasi.

Rapat dipimpin langsung Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi didampingi Wakil Ketua DPRD Yohanis Lintin Paembongan dan Evivana Rombe Datu dihadapan para anggota DPRD lainnya dan tamu undangan.

Kepala daerah hadir diantaranya Gubernur Andi Sudirman Sulaiman didampingi Asisten I, Tautoto Tanaranggina, Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sulsel, Since Erna Lamba, Kepala Dinas Kominfo Sulsel, Amson Padolo dan beserta rombongannya.

Anggota DPRD Sulsel Dapil X Fraksi Golkar, Jhon Rende Mangontan (JRM) dan Fraksi PDI Perjuangan, Dan Pongtasik serta Direktur Bank Sulselbar.
Kepala daerah turut hadir yakni Bupati Enrekang, Muslimin Bando, Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang dan Wakilnya, Frederik Victor Palimbong serta Kabid TIK Polda Sulsel, Kombes Pol. Darma Lelepadang dan Ketua Umum Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), Mayjen TNI (P) Yulius Selvanus Lumbaa yang juga asisten khusus Menhan RI, Prabowo Subianto.

Setelah pembacaan sejarah singkat pembentukan Kabupaten Tana Toraja oleh Yohanis Lintin, dilanjutkan sambutan dari pejabat daerah serta pemutaran video keberhasilan Pemprov Sulsel membangun Toraja.

Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung dalam sambutannya menyampaikan Toraja sebagai daerah tertua di Sulsel memiliki budaya tinggi, sehingga itu Toraja patut menjadi daerah tujuan wisata di Indonesia yang memiliki kekayaan budaya dan sumber daya manusia yang sangat hebat.

Maka itu, patut disyukuri perjalanan panjang Toraja, bukan hanya dirayakan Pemkab Tana Toraja tapi juga Toraja Utara, Mamasa dan kabupaten yang ada di Sulsel dan Sulawesi Tengah.

“Karena suku Toraja tidak hanya berkembang di wilayah administratif tapi melalui batas provinsi dan berbagai peran suku dan bangsa Toraja tidak perlu lagi diragukan,” ungkap Theo.

Lanjut Theo menjelaskan, empat ribuan hadir di lokasi perayaan HUT membawa bekal sendiri sebagai bagian kearifan pangan lokal sehingga sebagai awal kebangkitan menuju peningkatan kreativitas dimasa akan datang.

Menurutnya, sejalan dengan situasi global disamping ancaman krisis energi maka dikhawatirkan krisis pangan, untuk itu Bupati Theofilus mengajak masyarakat Toraja untuk persiapkan diri dan manfaatkan lahan pekarangan dengan menanam tanaman jangka pendek.

Pada kesempatannya, Theofilus juga menginformasikan event tahunan yang sempat ditiadakan yaitu Lovely December akan kembali digelar Pemkab Tana Toraja pada Desember 2022 mendatang.

“Atas nama pemerintah daerah saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setingginya atas bantuan simpati dinyatakan, baik dari Gubernur Sulsel, para pimpinan bank juga berbagai tokoh masyarakat seperti PMTI,” kata Bupati Theofilus.

Bupati Tana Toraja beberkan bantuan dari Pemprov Sulsel yaitu Rp290 miliar pembangunan infrastruktur dalam menunjang destinasi pariwisata dan pembangunan jembatan. Lalu, Rp22,5 miliar bantuan keuangan dalam mendukung akses jalan ke destinasi wisata Ollon, Bonggakaradeng, perekonomian dan subsidi pesawat rute Toraja-Balikpapan, Bandara Buntu Kunik (BBK), mendorong penghijauan ribuan pohon menuju ke bandara, program siswa menanam di sekolah sebanyak 16 ribu bibit pohon, sektor pertanian dan menyasar tani bantuan pupuk serta alat pertanian dan Rp2,5 miliar bantuan lainnya.

Sementara itu Gubernur Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya menyampaikan sejak awal ingin datang membangun Toraja, maka itu berharap agar anggaran pembangunan jalan destinasi wisata Ollon agar segera dirampungkan tahun ini.

“Bupati janji saya bahwa Ollon selesai tahun ini, secepatnya terealisasi, juga perbaikan jalan Simbuang-Mappak juga diutamakan, dan juga saya terima kritikan asal jangan halangi saya membangun,” ucap Sudirman.

Katanya, Pemprov Sulsel fokus kerja karena jiwanya memperbanyak pekerjaan daripada di diskusikan, terbukti perbaikan pada jalan Batupapan-eks Bandara Pongtiku Rantetayo dan empat ruas jalan provinsi di Toraja Utara demi menunjang pariwisata.

Selain itu, upaya Pemprov Sulsel layanan subsidi pesawat rute Toraja-Balikpapan, rencana penerbangan pesawat jenis boeing kepada pemerintah pusat yang telah diterima berkasnya.

“Saya butuh support dari orang hebat Toraja sehingga ke depan generasi muda mencontoh, dan juga tetap pada kearifan lokal, kami tetap bekerja dan terima kasih, pesan saya mau melihat Ollon baik karena saya sudah rasakan jalan yang rusak kesana,” tuturnya.

Gubernur termuda di Indonesia itu juga menegaskan pembangunan infrastruktur destinasi Ollon saat ini lelang fisik dan secepatnya dikerjakan sehingga kendaraan roda empat sudah mulus melewati jalan.
Sementara subsidi rute Balikpapan-Toraja sudah MoU dan tinggal diatur oleh pemerintah daerah untuk blogshit dua kali sepekan dengan syarat lebih 80 orang penumpang baru dapat terealisasi.

Terkait lokasi acara HUT di eks Bandara Pongtiku Rantetayo, Gubernur Sudirman akan membantu ke pemerintah pusat untuk dijadikan ruang tempat terbuka atau taman hijau.

Setelah acara, tak lupa Sudirman Sulaiman juga foto bersama dan ikut peragakan Ma’lambuk yang diiringi para Ibu-ibu dan selanjutnya menuju batas ruas jalan Bandara Batupapan-Rantetayo.
Selain launching event Lovely December 2022, juga diadakan MoU Wings Air dan Pemkab Tana Toraja atas dukungan bantuan keuangan Pemprov Sulsel penerbangan Balikpapan-Toraja yaitu dua kali seminggu dengan pola subsidi.
Selanjutnya penyerahan bantuan CSR Bank Sulsebar untuk penghijauan sepanjang jalur masuk BBK di Mengkendek dengan penanaman 420 juta bibit serta bantuan penyiapan lapak-lapak UMKM pada destinasi wisata Pango-pango dan pembangunan jalan gantung.

Launching pasar digital diprakarsai Bank BRI, kesepakatan Bank Mandiri dan pemda Tana Toraja tentang pengelolaan kopi Toraja dari hulu ke hilir dibantu OJK dan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.
Launching aplikasi e-Toraja oleh Pemkab Tana Toraja yang dimaksud memudahkan setiap orang agar dapat melihat destinasi dan produk UMKM, fasilitas umum yang sudah dapat didownload aplikasinya di Play Store dan Apple Store.

Dilangsungkan pula penyerahan hasil desain homestay juara 1 lomba Magical Toraja oleh PMTI kepada Pemkab Tana Toraja agar dapat dibangun dikawasan wisata. (Cr1/idr)

  • Bagikan