Ketum PMTI Langsung Berikan Bonus Rp10 Juta

  • Bagikan
Tim PS PMTI Palopo jadi juara 1 Paduan Suara (PS) Magical Toraja di Pasar Seni, Makale Kabupaten Tana Toraja.
  • PS PMTI Palopo Juara 1 pada Lomba Paduan Suara Magical Toraja

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKALE -- Ketua Umum (Ketum) Persatuan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) Mayjend TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa langsung memberikan bonus Rp10 juta secara tunai kepada kelompok paduan suara (PS) PMTI Kota Palopo, Rabu 31 Agustus 2022.

Ketum PMTI Mayjend TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa memang menjanjikan kepada PMIT Kota Palopo saat pelantikan PD PMTI Palopo, Sabtu 27 Agustus 2022, lalu. Kalau paduan suara PMTI Palopo berhasil juara pada lomba paduan suara magical Toraja 2022, maka ia janji akan memberikan bonus. Janji tersebut didengar oleh pengurus. Bahkan, wali kota Palopo juga disebutkan janjikan bonus.

Janji ketum PMTI sudah dibuktikan dan direalisasikan malam itu. Ia menyerahkan Rp10 juta secara tunai kepada PS PMTI Kota Palopo yang keluar sebagai juara saat diumumkan. Saat diumumkan juara 1, bukan janji lagi ketum PMTI. Akan tetapi, langsung tunai penyerahan Rp10 juta kepada PMTI Kota Palopo. Luar biasa.

Mayor Jenderal TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa bersama Irbar Pairing dan lainnya hadiri lomba-lomba Paduan Suara (PS) Magical Toraja di Pasar Seni, Makale Kabupaten Tana Toraja.

Lomba paduan suara ini digagas oleh Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) yang diikuti 9 peserta group paduan suara masing-masing membawakan dua lagu, diantaranua lagu Mars PMTI dan lagu daerah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Jadi Toraja ke- 775 serta menyambut G20, berlangsung meriah di area Pasar Seni Makale, Tana Toraja, Senin 29 Agustus 2022.

Ketua Pengurus Daerah Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PD PMTI) Kota Palopo periode 2022-2027, David Somalinggi, ST, saat dimintai tanggapan atas keberhasilan Paduan Suara PMTI Kota Palopo, mengatakan, pihaknya sangat bersyukur atas prestasi dan kesuksesan tim PS PMTI Palopo jadi juara 1 (satu) pada ajang lomba Paduan Suara (PS) Magical Toraja di Pasar Seni, Makale Kabupaten Tana Toraja.

"Hasil maksimal yang diraih pada lomba PS PMTI di Toraja, ini tidak terlepas dari latihan dan disiplin baik yang selama ini mereka terapkan. Ini juga berkat bimbingan pelatih tim Ibu Emi Ibrahim, S.Pd yang sangat luar biasa dalam membimbing PS PMTI Kita," jelas David Somalinggi.

Lanjutnya, ini juga merupakan salah satu program PD PMTI Kota Palopo pada Bidang Seni Budaya dan Parawisata yaitu mengikuti Lomba Paduan Suara Magical Toraja, dan telah sukses dilaksanakan.

Usai mendegarkan lantunan suara merdu dari para peserta, dewan juri yang terdiri dari Yafet Palebangan (ketua merangkap anggota), Junita E. Lebang (sekretaris merangkap anggota) dan Ida Ibrahim (anggota) langsung mengumumkan pemenang lomba.

Adapun juara lomba paduan suara Magical Toraja 2022 yakni, juara I PS PMTI Kota Palopo, Juara II PSM IAKN Toraja, Juara III Ps Nonianki' Choir. Kemudian Harapan I Ps Rantepao Choir, Harapan II Ps PPGT Klasis Makale, dan Harapan III Ps SMA Kristen Rantepao.

Hadir menyaksikan lantunan suara merdu dari 9 (sembilan) group paduan suara se-Sulselbar yakni pengurus pusat PMTI, Wakil Bupati Tana Toraja, dr Zadrak Tombeg, pengurus PMTI dari berbagi daerah, serta ratusan masyarakat Toraja yang memenuhi lokasi pasar seni tempat event PS Magical Toraja.

David Somalinggi mengucapkan banyak terima kasih atas bonus dari ketum PMTI. Ia bangga dan bahagia. ''Terima kasih pak ketum. Ini bukti keseriusan dari bapak ketua umum kepada PS PMTI Palopo,'' ujarnya.

Ir Irbar Pairing Senobua, MT bersama istri, Emma Seli Malino, mengucapkan selamat atas kebrhasilan PS PMTI Kota Palopo keluar sebagai juara I pada lomba PS Magical Toraja 2022.

Untuk diketahui, event ini berlangsung dari tanggal 15-31 Agustus. ''Tujuan magical Toraja adalah untuk membangkitkan Pariwisata Toraja pasca pandemi Covid-19 dan menghidupkan serta mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Toraja,'' ujar Irbar Pairing, ketua PW PMTI Provinsi Kalimantan Tengah, kepada Palopo Pos.

Berbagai lomba mengisi acara di magical Toraja. Ada lomba vlog dan lomba foto. Kemudian desain homestay, lomba sule sangtorayaan. Selanjutnya, lomba paduan suara, tari kreasi, PMTI Idol, dan lainnya.

Menurut Irbar, kegiatan penuh adat. ''Kegiatan yang dapat mengembangkan minat dan bakat generasi dengan harapan agar event ini dapat dilaksanakan setiap tahun karena telah didukung dari kementrian pariwisata, pemerintah pusat, provinsi maupun Kabupaten,'' paparnya.(man-alb/ary)

  • Bagikan