Rp22,5 M untuk Destinasi Wisata Ollon dan Subsidi Penerbangan

  • Bagikan
PENYERAHAN bantuan keuangan ke Pemda Tator oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman diterima Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, Rabu 31 Agustus 2022. RISNA/PALOPO POS

Rute Toraja-Balikpapan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKALE -- Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan bantuan keuangan Pemprov Sulsel tahun 2022 kepada Pemkab Tana Toraja senilai Rp 22,5 miliar.

Bantuan keuangan itu diserahkan kepada Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung pada Rapat Paripurna 65 tahun Kabupaten Tana Toraja yang dirangkaikan 775 Tahun Toraja di Bandara Pongtiku, Rabu (31/8/2022).
Bantuan keuangan itu untuk mendukung pembangunan akses jalan menuju wisata Ollon dan subsidi penerbangan.

"Kita meminta Pemkab segera merealisasikan untuk Ollon. Jangan tidak terserap lagi Pak Bupati," kata Andi Sudirman.
Mengingat ditahun 2021 lalu, Pemprov Sulsel juga mengalokasikan nilai yang sama untuk pengembangan wisata Ollon. Namun tidak terealisasi.

Terlebih, kawasan Ollon merupakan destinasi wisata baru yang perlu dikembangkan. Lokasinya terletak di pelosok Tana Toraja, tepatnya di Desa Buakayu, Kecamatan Bonggakaradeng.

Menawarkan pemandangan yang indah, Bukit Ollon memiliki hamparan bukit dan lahan hijau yang luas, serta sungai jernih mengalir di sepanjang bukit.

Subsidi Penerbangan
Pemerintah Provinsi Sulsel juga terus menunjukkan berkomitmen dalam mendorong pembangunan di Tana Toraja.
Hal itu sebagai bukti nyata, perhatian dan komitmen dibawah kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman. Total alokasi Pemprov di Tana Toraja sekitar Rp 290 Miliar.

Untuk mendukung kemudahan mobilitas masyarakat, Pemprov Sulsel melakukan penanganan sejumlah infrastruktur secara bertahap.
"Di antaranya Ruas Jalan Mebali Kuto yang tahun ini direncanakan dikerjakan sepanjang 6 km; di ruas Pasobbo - Matangli - Massupu - Batas Pinrang yang tahun ini menjadi fokus untuk dilanjutkan penanganannya, mendukung kawasan Simbuang - Mappak," jelasnya.

"Sementara di Ruas Batupapan-Bandara Pongtiku- Batas Toraja Utara telah kita tuntaskan sepanjang 9,1 km. Dan Alhamdulillah sudah dinikmati masyarakat," ungkapnya.

Di tahun 2022 ini pula, akan melakukan pembangunan Jembatan Talondo di ruas Kotu-Mebali.
Dalam mendorong upaya pemulihan di sektor wisata, tahun ini Gubernur Sulsel mengalokasikan bantuan keuangan senilai Rp 22,5 miliar untuk Tana Toraja.
"Yang diperuntukkan untuk mendukung akses menuju kawasan Wisata Ollon yang memiliki panorama alam yang indah. Serta untuk subsidi tiket pesawat dari Toraja-Balikpapan di Provinsi Kalimantan Timur," pungkasnya.

Terlebih hadirnya Bandara Buntu Kunik yang telah dibangun atas sinergi bersama Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja.(idr)

  • Bagikan