Ratu Elizabeth II Mangkat, Ini Sosok Penerusnya

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID INGGRIS -- Kabar duka datang dari Inggris. Ratu Elizabeth II meninggal dunia dalam usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat atau Jumat WIB.
Pihak Istana Buckingham menyampaikan kabar duka itu, seperti dikabarkan media ternama BBC.
Sebelum kepala Kerajaan Inggris ini meninggal dunia, anak-anak Ratu Elizabeth II berkumpul di Kastil Balmoral, Skotlandia, tempat sang ratu ditangani tim dokter.
Beberapa jam sebelumnya, tim dokter sudah menyampaikan kekhawatiran mereka pada kondisi kesehatan sang ratu.
Kekhawatiran tim dokter itu kemudian mengundang anak-anak Ratu Elizabeth II segera berdatangan dan berkumpul.
Anak Ratu Elizabeth II yang hadir adalah Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, Pangeran William, dan Pangeran Edward.
Sementara itu, Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, juga hadir di Kastil Balmoral untuk berada di sisi Ratu Elizabeth II sebelum meninggal.
Setelah mangkatnya Ratu Elizabeth II, maka Pangeran Charles (73 tahun) akan menjadi penerus takhta Kerajaan Inggris. Dalam pernyataan resminya sebagai raja baru Inggris, Raja Charles III mengatakan, Ratu Elizabeth II adalah penguasa yang disayangi dan ibu yang sangat dicintai yang akan dirindukan di seluruh dunia.
"Kematian ibunda tercinta, Yang Mulia Ratu, adalah momen kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya," kata Raja Charles III, seperti diberitakan AFP.
"Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang penguasa yang disayangi dan seorang ibu yang sangat dicintai," tambahnya.
Raja Charles III meyakini, meninggalnya Ratu Elizabeth II setelah 70 tahun berkuasa, akan sangat dirasakan di seluruh negeri, kerajaan, Persemakmuran, dan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Pewaris Takhta Berikutnya
Setelah Charles naik takhta sebagai Raja Inggris, maka sang istri, Camilla menjadi permaisuri atau Queen Consort.
Pihak kerajaan menyampaikan, Raja Charles III dan istrinya akan tetap berada di Balmoral malam ini dan kembali ke Kota London besok.
Rencananya, Charles akan resmi dinyatakan sebagai Raja Inggris di Istana St James, London.
Sedangkan putra Pangeran Charles yakni Pangeran William sebagai pewaris takhta berikutnya, akan mewarisi gelar ayahnya, Duke of Cornwall.
Sementara istri Pangeran William yakni Kate Middleton akan mendapat gelar Duchess of Cornwall.
Raja Charles III dijadwalkan menyampaikan pidato pertama di depan masyarakat pada Jumat (9/9/2022).
Agenda lainnya adalah memimpin pertemuan para menteri pada pukul 21.00 waktu setempat.
Bendera Inggris di Istana Buckingham diturunkan menjadi setengah tiang pada pukul 18.30 waktu setempat.
Beberapa saat setelah beredarnya kabar duka ini, ratusan orang berkumpul di luar gerbang Istana Buckingham untuk menyampaikan duka cita. (int)

  • Bagikan