1.223 Maba UMB Ikuti PKKMB, Hadirkan Dandim, Kapolres, dan BNN Beri Kuliah Umum

  • Bagikan

Foto bersama pada saat PPKMB. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Universitas Mega Buana (UMB) Palopo melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dengan memeberikan kuliah umum kepada mahasiswa oleh Dandim 1403 Palopo, Letkol Inf. Afriadi Nidjo, Kapolres Palopo, AKBP Muhammad Yusuf Usman serta BNN Palopo, Andi Werru kepada mahasiswa baru.

Dandim 1403 Palopo Letkol Inf. Afriadi Nidjo. --ist--

Sebanyak 1223 mahasiswa baru mengikuti proses ini secara hybrid yakni online dan offline di gedung Merdeka Convention Hall, Minggu 11 September 2022. Diketahui mahasiswa baru ini tersebar di sejumlah Fakultas yakni Fakultas Kesehatan, Program Magister (S2) Kesehatan Masyarakat, Program Profesi yang terdiri dari Profesi Bidan, Profesi Ners, Program Sarjana (S1) Kesehatan Masyarakat S1 Keperawatan, S1 Kebidanan, D4 Kebidanan, Fakultas Hukum, Program Sarjana (S1) Ilmu Hukum, Fakultas Bisnis, serta Program Sarjana (S1), S1 Perdagangan Internasional S1 Kewirausahaan, Mereka ini berasal dari dari Wilayah Sulawesi, Kalimantan, Papua, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kapolres Palopo AKBP Muh. Yusuf Usman. --ist--

Rektor Universitas Mega Buana (UMB) Palopo, Dr Hj Nilawati Uly dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini adalah langkah awal bagi mahasiswa untuk mengikuti proses perkuliahan. Selain itu, mahasiswa di kegiatan ini dibekali pengetahuan tentang hukum oleh 3 pemateri, sebagai salah satu upaya UMB Palopo melakukan langkah preventif dan pencerahan bagi mahasiswa terkait pelanggaran hukum yang bisa terjadi.

Andi Werru Kambau SH dari BNN. --ist--
Tampak dari kiri BNN Palopo Andi Werru Kambau, SH, Kapolres Palopo AKBP Muhammad Yusuf Usman, Rektor UMB Dr. hj Nilawati Uly, Dandim 1403 Palopo Letkol Ibf. Afriadi Nidjo, dan Ketua Yayasan Mega Buana Abdul Rahim Munir. --ist--

"Tentunya PKKMB ini kita kemas untuk menunjang tercapainya tujuan menjadi mahasiswa yang unggul di UMB Palopo ini, itu berdasarkan tema yang kita usung yakni menjadi mahasiswa unggul, berprestasi dan berinovasi untuk UMB Merdeka Belajar Kampus Merdeka,"sebut Dr Nilawaty Uly.

Dikesempatan itu, Rektor, Nilawaty Uly memberikan gambaran tentang kemajuan tekhnologi dan bagaimana melakukan pengembangan diri kepada mahasiswa baru, dimana pengetahuan bisa didapatkan darimana saja, terlebih di era smartphone saat ini, mahasiswa lebih mudah menyerap pengetahuan untuk mengembangkan softskill mereka, etika, adab, kemampuan berfikir kritis, analitis dan komunikasi yang baik, "Intinya kami sampaikan bahwa jangan ragu untuk kuliah di UMB Palopo karena kita tentunya ingin menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mudah terserao dalam dunia kerja,"tandasnya.

Mahasiswa yang ikut PKKMB

Sementara itu, Dandim 1403 Palopo, Letkol Inf. Afriadi Nidjo dalam kuliah umumnya mengajak mahasiswa baru untuk mengisi ruang ruang kemerdekaan saat ini. Aksi bela ne%gara bisa ditunjukkan oleh mahasiswa dengan lebih produktif, belajar secara tekun, dan sebagainya. Dan ia menyampaikan sebagai warga negara indonesia, mahasiswa harus tetap menjadikan pancasila sebagai idiologi atau pedoman dalam bernegara. Dikesempatan itu ia mengapresiasi UMB Palopo yang menghadirkan berbagai terobosan salah satunya menyiapkan mahasiswa dan memfasilitasi alumninya untuk mendapatkan Pekerjaan baik dalam negeri maupun di Luar Negeri.

Demikian halnya Kapolres Palopo, AKBP Muhammad Yusuf Usman yang hadir memberikan pencerahan hukum, bagaimana kemudiaan mahasiswa terhindar dari tindakan hukum dimana hal itu adalah upaya terakhir oleh institusi kepolisian. Begitu juga dengan BNN Palopo yang diwakili oleh Andi Werru Kambau menyampaikan agar mahasiswa terhindar dari penyalahgunaan obat obat terlarang.

Pada gelaran PKKMB tahun ini, Mega Buana mebagi bagikan 3 beasiswa masing masing 1 juta kepada mahasiswa baru dengan menghadirkan quis. Selain itu juga diberikan hadiah kepada pemenang lomba vidio yang dilakukan oleh mahasiswa baru tersebut.(aldy)

  • Bagikan