IGI Pusat Puji Kepedulian Gubernur Sulsel Terhadap Guru Honorer

  • Bagikan

Wakil Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI), Abdul Wahid Nara, M.Pd. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Kepedulian Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman terhadap guru honorer (non ASN) diapresiasi oleh Wakil Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI), Abdul Wahid Nara, M.Pd.

Wahid Nara menilai, Gubernur Andi Sudirma telah berkomitmen memperjelas status guru non ASN dengan mengajukan ke Pusat agar diangkat menjadi guru PPPK.

“Luar biasa komitmen Pak Gubernur Sulsel dalam bidang pendidikan. Karena, beliau menjadikan PPPK ini sebagai kesempatan memperjelas status dan pendapatan guru di Sulsel dan juga harapan akan karier guru,” ungkap Wahid Nara yang juga mantan Ketua Wilayah IGI Sulsel ini, Selasa, 13 September 2022.

Untuk memajukan kualitas suatu daerah, tentu ditentukan sumber daya manusianya. Sehingga, langkah Gubernur sangat tepat karena tentu akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan guru dan akan berimbas pada peningkatan kualitas guru.

Meskipun diketahui beberapa daerah tidak berani mengajukan formasi PPPK karena khawatir menjadi beban keuangan.

"Langkah yang dilakukan Pak Gubernur sangat tepat. Apalagi saat ini semakin banyak guru yang memasuki masa pensiun" jelas kepala SMAN 3 Pinrang ini.

Diketahui, atas usulan itu, Gubernur Sulsel menerima penghargaan sebagai wujud komitmen menjadi pengusul kuota guru terbesar di Indonesia sesuai kebutuhan tahun 2022.

Penghargaan itu diserahkan oleh Menpan RB, Azwar Anas kepada Gubernur Andi Sudirman pada Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2022 dan penyerahan Surat Keputusan Menteri PANRB tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai ASN di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Pada tahun ini yang ditetapkan lolos seleksi dari Formasi PPPK Guru Tahun 2021 Pemprov Sulsel yakni sebanyak 3.432 orang dari 8.350 formasi yang dibuka dan sebagian besar yang lolos PPPK itu merupakan honorer guru yang telah lama mengabdi.

Atas usulan kuota terbesar untuk formasi guru, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) memberikan penghargaan kepada Gubernur Sulsel Andi Sudirman atas komitmen Pemerintah Provinsi Sulsel dalam pemenuhan kebutuhan guru di Lingkungan Pemerintah Daerah, dalam rangka mendukung upaya Pemenuhan Prioritas Kebutuhan Guru secara Nasional tahun 2022.

Penghargaan itu diserahkan oleh Menpan RB, Abdullah Azwar Anas kepada Gubernur Andi Sudirman pada Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2022 dan penyerahan Surat Keputusan Menteri PANRB tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai ASN di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (13/9/2022). (Pp)

  • Bagikan