Mahasiswa Jepang Senang Belajar di UMB Palopo

  • Bagikan

Nagisa, Mahasiswa Kanda University of International Studies, Japan yang mengikuti program pertukaran pelajar di UMB Palopo. --aldy--

*Dalam Program Pertukaran Pelajar

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Salah seorang mahasiswa Kanda University of International Studies, Jepang yang mengikuti program pertukaran pelajar di Universitas Mega Buana (UMB) Palopo mengungkapkan kekagumannya terhadap budaya Indonesia di Kota Palopo.

Tak terkecuali di UMB tempat ia belajar. Banyak hal menarik yang tidak ada di negaranya.

Menurut Nagisa, mahasiswa Jepang tersebut, selama di UMB Palopo kurang lebih dua pekan, ia sangat merasakan budaya dan perbedaan cara belajar.

"Di UMB semua saling mengenal sehingga mudah untuk belajar bersama, dan atmosfir belajar mereka bagus," kata Nagisa yang telah fasih berbahasa Indonesia saat diwawancarai media, Selasa 13 September 2022.

Ia juga kagum dengan keakraban dan kebersamaan mahasiswa dalam belajar begitu juga dosen yang ada di kampus ini.

'' Kalau di tempat saya itu sendiri. Karena itu saya sangat senang di sini punya banyak teman dan mereka sangat antusias dan cepat akrab," katanya.

Gadis kelahiran tahun 2000 ini mengungkapkan UMB salah satu tempat belajar yang cukup baik. Dimana informasi itu ia dapatkan dari dosen kampusnya di Kanda University serta di sosial media. "Alasan saya memilih UMB Palopo karena informasi dari dosen dan sosial media. Dan benar, di sini sangat menyenangkan," katanya.

Selama berada di UMB Palopo, ia mengajarkan mahasiswa bahasa Jepang, "saya berbagi dengan mahasiswa di sini bahasa Jepang. Mereka mengajarkan saya bahasa Indonesia termasuk juga bahasa lokal di sini saya diajarkan. Misalnya tabe, iye, dan kuliner lokal seperti pacco yang belum saya cicipi," tuturnya tersenyum di ruang perpustakaan UMB Palopo.

Bagi Mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia ini, di UMB salah satu pengalaman sangat baik baginya yang tidak ditemukan di negaranya.

Terkait fasilitas, menurut Nagisa fasilitas belajar di UMB Palopo terbilang lengkap, "meski tidak banyak tapi di sini lengkap. Di tempat saya itu banyak karena jumlah mahasiswa yang sangat banyak, tetapi di sini bagus karena bisa bertukar informasi dengan orang-orang, di tempat saya sendiri sendiri," tuturnya.

Diketahui, Nagisa, mahasiswa Kanda University of International Studies, Jepang mengikuti proses pertukaran pelajar di Indonesia dan memilih UMB Palopo, dimana saat ini sedang berjalan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Rektor UMB Palopo, Dr Hj NIlawati Uly saat diwawancara menjelaskan bahwa melalui program ini mahasiswa bisa mengikuti pembelajaran di luar dari Program Studinya dan mengikuti pembelajaran diluar kampus atau di Perguruan Tinggi lain seperti pertukaran mahasiswa dengan Otemae University Jepang, "nah, yang ada di UMB ini adalah mahasiswa dari Kanda University Tokyo mengikuti program pertukaran mahasiswa di UMB, program MBKM juga di laksanakan mahasiswa dengan magang di instansi pemerintah dan swasta,"katanya.

Sekadar diketahui, Universitas Mega Buana sejak awal berdiri pada tahun 2009 telah memprogramkan pembelajaran singkat bagi mahasiswanya ke9 Luar Negeri melalui program short course, disini, mahasiswa juga telah mengunjungi beberapa Rumah Sakit, layanan Kesehatan dan Perguruan Tinggi di Malaysia, Singapura, Thailand, China, Jepang dan Korea Selatan.(ald)

  • Bagikan