SMA Kristen Barana Raih Juara 1 FLS2N Tingkat Provinsi

  • Bagikan

Wakil Kepala Sekolah SMA Kristen Barana,Marthen Payung Langi,S.Pd, M.Pd. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO-- Prestasi membanggakan diraih Sekolah Menengah Atas (SMA) Kristen Barana, Toraja Utara.

Sekolah ini berhasil meraih juara pertama Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat provinsi. Dan, saat ini bersiap untuk berlomba di tingkat nasional.

Wakil Kepala Sekolah SMA Kristen Barana' Toraja Utara Marthen Payung Langi,S.Pd, M.Pd mengucapkan syukur.

Tak heran karena memang sekolah telah banyak menghasilkan siswa -siswi berprestasi. Bahkan, di tahun 2022 ini, ada beberapa prestasi yang telah mereka raih.

SMA Kristen Barana adalah sekolah favorit yang berbasis asrama di Toraja Utara. Telah banyak melahirkan anak didik meraih berbagai berprestasi di bidang sains, olahraga, karya tulis, dan lainnya.

Ditemui di ruangannya, Wakil Kepsek SMA Kristen Barana membeberkan prestasi sekolahnya. Menurutnya, ini berkat pembinaan yang dilakukan baik akademik maupun non akademik.

Prestasi yang berhasil diraih yakni Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat kabupaten. Sekolah ini keluar sebagai juara 1 umum.

Ada 11 siswa yang mewakili ke tingkat provinsi. Dari 11 itu, terdiri dari jurusan Biologi, Ekonomi, Biografi, Fisika, Informatika, dan Komputer serta Matematika.

"Saat ini SMA Kristen Barana masuk 9 besar sekolah berprestasi di Sulawesi Selatan terkait dengan UTBK /SBMPTN. Dan, satu-satunya dari wilayah 10 yang meliputi Enrekang, Tana Toraja, dan Toraja Utara.

Satu-satunya sekolah di Toraja Utara yang masuk kategori tersebut. Kalau secara nasional disebut seribu sekolah dari 23 ribu sekolah,'' beber Marthen.

Marthen juga membeberkan prestasi siswanya yaitu karya tulis ilmiah esai yang dilaksanakan oleh Fakultas MIPA Universitas Hasanuddin. Ini diikuti siswa dari Sulawesi Selatan dan Tenggara.

SMA Kristen Barana keluar sebagai juara 1 terkait dengan si merah yang menyehatkan teh Tendong (Teh Andong Merah).

"Melalui karya tulis ilmiah itu, anak-anak kita keluar sebagai juara 1 di Universitas Hasanuddin (Unhas). Bahkan juga ada siswa yang juara 4 terkait dengan pengelolaan limbah asrama dan sekolah. Yaitu, Solusi Sekolah Lestari dan juara lainnya terkait dengan O2SN.

''Ada satu anak kita yang mewakili Provinsi Sulawesi Selatan ke Tingkat Nasional dari pencak silat. Ada dua di Sulawesi Selatan yang mengikuti dan kita keluar sebagai juara 2 yang lolos di tingkat nasional,'' katanya lagi.

Selain itu, lanjutnya, juga juara di ajang FLS2N terkait film pendek. ''Kita keluar sebagai juara 1 di bidang film pendek tingkat provinsi,'' ungkapnya, sambil tersenyum merekah.

Ditambahkan, saat ini siswa juga mulai mengambil gambar video di wisma SMA Kristen Barana eks Wisma Tikala, yang dimulai dari tanggal 12 hingga 17 September 2022 dan dikirim ke panitia tingkat nasional.

''Kami mengapresiasi anak-anak didik kami atas prestasi yang mereka raih dengan susah payah. Mereka bisa meraih itu melalui guru-guru pembina mereka di sekolah sehingga bisa mengharumkan nama sekolah," kuncinya. (albert tinus)

  • Bagikan