HMD Soal PT Vale, Jangan Terlalu Cepat Menyatakan Menolak atau Mendukung

  • Bagikan

* Rabu Sore, Legislator Sulsel Dapil XI Tana Luwu Gelar Rapat

PALOPOPOS. CO. ID, MAKASSAR-- Anggota DPRD Sulsel, Dr H Husmaruddin SE MM (HMD) selaku legislator asal Tana Luwu angkat bicara soal sikap Gubernur Sulsel untuk memperpanjang Kontrak Karya (KK) PT Vale.

Kepada Palopo Pos, Rabu, 13 September 2022, politisi PAN bertagline HMD Anak Desa mengatakan bahwa ia telah menyampaikan kepada sesama sebelasa anggota DPRD Sulsel asal Dapil Tana Luwu, pengurus wilayah KKLR, senior dan petinggi Wija To Luwu (WTL).

Untuk perpanjangan kontrak PT Vale, HMD sebenarnya telah menyampaikan, jangan terlalu cepat menyatakan mendukung atau menolak karena kewenangan ini ada di pusat.

Tapi yang menjadi tantangan adalah bagaimana mengkaji dan memperjuangkan manfaat yang bisa dihadirkan PT Vale selama berkiprah selama 53 tahun.

Selama ini, HMD banyak menerima aspirasi, menerima demo dari mahasiswa, masyarakat adat yang ada di Luwu Timur. Mereka mengatakan bahwa mereka belum merasakan manfaat PT Vale belum terasa secara signifikan.

Ada beberapa poin yang dijanjikan, terkait dengan pemberdayaan, pelayanan rumah sakit. Karena RS Vale ini masih sangat terbatas sarana dan prasarana pelayanannya. Masih semi permanen dan dibatasi oleh regulasi.

Berikut, ada dalam MoU untuk mengaspal namun belum teraspal sampai sekarang. Itu semua point-point yang diperjuangkan dan disampaikan oleh mereka.

"Kami sebagai wakil rakyat tentu sangat berharap agar PT Vale membawa dampak positif untuk masyarakat, terutama masyarakat Luwu Timur. Dengan banyak demo, berarti ini belum tercapai.

Inilah yang perlu disikapi sehingga anggota DPRD Sulsel asal Dapil XI akan rapat Rabu sore. Kemudian Kamis, 14 September 2022, RDP Komisi D dengan Vale serta pihak terkait. (ikh)

  • Bagikan