Warga Terima BLT BBM Rp300 Ribu Bantuan Pangan Rp200 Ribu

  • Bagikan
WARGA menerima BLT di kantor Pos Indonesia cabang Palopo baru-baru ini. IDRIS/PALOPO POS

Tahap Dua BLT Infonya Dibayar November

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Adanya kabar simpang siur tentang jumlah nominal Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM yang diterima masyarakat miskin dipotong Rp100 ribu, hanya terima Rp500 ribu, itu dijelaskan PT Pos Indonesia cabang Palopo. Kepada Palopo Pos dalam keterangannya, Selasa 13 September 2022, kemarin, kalau tidak ada pemotongan BLT.

Nominal yang diterima adalah Rp500 ribu dengan rincian Rp300 ribu untuk BLT BBM tahap I dan Rp200 ribu untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). "Jadi tidak ada pemotongan sama sekali," bunyi surat keterangan dari PT Pos Indonesia Cabang Palopo.

Diketahui, kenaikan harga BBM membuat masyarakat miskin tidak mampu membeli untuk kepentingan mobilitas harian. Hal tersebut, membuat pemerintah menguyurkan dana bantuan BLT BBM kepada masyarakat miskin atau rentan miskin.

Sementara Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) telah hadir sejak awal pandemi berlangsung. Diketahui penerima BPNT dan BLT BBM akan menerima Rp 500 Ribu pada bulan ini.

Pemerintah telah mencairkan dana BLT BBM periode bulan September dan Oktober. Sementara BPNT sendiri juga cair pada bulan September ini. Kedua bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat yang kurang mampu.

Diketahui besaran dana yang akan diterima Penerima Manfaat (PM) BLT BBM adalah sebesar Rp 600 Ribu. Jumlah ini akan dicairkan secara per tahap, yaitu Rp 300 Ribu pada bulan September dan Rp 300 Ribu pada bulan Desember 2022.

Untuk BPNT sendiri, besaran dana yang akan dicarikan pada bulan September ini sebesar Rp 200 Ribu. Oleh karena itu, PM BLT BBM dan BPNT akan menerima bantuan sebesar Rp 500 Ribu jika digabungkan. Kedua bantuan ini bisa diambil di Pos Indonesia.

Untuk mengetahui apakah nama Anda masuk dalam daftar Penerima Manfaat atau tidak, Anda bisa mengunjungi link resmi Kemensos untuk mengecek data Anda, cekbansos.kemensos.go.id.

Sebelumnya, jangan lupa menyiapkan KTP untuk kebutuhan pengisian data. Jika berhasil masuk ke link tersebut, masukkan data sesuai dengan yang diinginkan situs.

Data-data yang perlu diisi berupa data wilayah dan nama lengkap sesuai KTP. Kemudian ketik 8 huruf kode pada kotak captcha yang tertera. Anda bisa mengganti kode jika huruf tidak terbaca dengan jelas.

Setelah itu, klik "Cari Data". Jika Anda masuk dalam daftar PM, maka akan tertera sejumlah informasi termasuk status menerima bantuan. Jika tidak, kemungkinan penyebabnya adalah data Anda belum terdaftar dalam DTKS.

Demikian informasi mengenai penerima BPNT Online dapat BLT BBM Rp 500 Ribu. Login cekbansos.kemensos.go.id untuk melihat informasi tersebut.
Terpisah, Ibu Hadiah, warga Kelurahan Dangerakko yang pekerjaannya pedagang bakso gerobak juga penerima BLT BBM dan BPNT ini mengaku sangat senang dengan adanya bantuan BLT ini Rp500 ribu.
Ia mengaku uang itu akan dipakai sebagai bantuan modal usaha berjualan dan membeli kebutuhan sehari-hari.

Awalnya ia juga mengira kalau jumlah uang yang diterima dikurangi Rp100 ribu lantaran, dari berita yang ia dengar katanya Rp600 ribu, tetapi justru yang diterima hanya Rp500 ribu di kantor Pos.

Namun, dengan adanya penjelasan dari pihak PT Pos dan pihak kelurahan membuat hati Ibu Hadiah menjadi tenang.
"Dengar-dengan bulan November lagi ada pencairan BLT BBM tahap kedua," ucapnya. Ia berharap, kalau bisa dinaikkan lagi jumlahnya. (idr)

  • Bagikan