APDESI Gelar Festival Layang-layang

  • Bagikan
Perwakilan Kades se Luwu membacakan deklarasi mendukung Road Safety menuju Zero Accident pada peringatan HUT ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara di Pelabuhan Taddette, Belopa, Ahad, 18 September 2022 siang. --ft: istimewa--

Bupati Basmin Cetuskan, Pelajar Dilarang Naik Motor

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA-- Dalam rangka memperingati HUT ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara, Asosiasi Pemerintahan Desa (APDESI) Kab. Luwu menggelar Festival Layang-layang dan Fun Bike yang dipusatkan di Pelabuhan Taddette, Belopa, Ahad, 18 September 2022 siang.

Pada kesempatan itu, para Kades se Luwu membacakan deklarasi mendukung Road Safety menuju Zero Accident. Deklarasi tersebut dipandu Plt. Ketua APDESI Luwu yang juga Sekertaris APDESI Sulsel, Khairuddin.

"Kami kepala desa se- Kabupaten Luwu, kepala desa yang peduli keselamatan berlalulintas mendukung penuh program kepolisian negara Republik Indonesia dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalulintas, serta siap menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas," tambahnya.

Pada acara tersebut hadir Bupati Luwu, H. Basmin Mattayang. Ia menyebutkan jika kasus laka lantas di Kabupaten Luwu terbilang cukup tinggi.

"Kasus yang tinggi, Laka lantas dan narkoba, kalau tidak salah tingkat penggunaan narkoba di Luwu sangat tinggi. Karena itu, pada kesempatan ini, mengapresiasi Pak Kapolres untuk memokuskan memberantas kedua hal ini. Narkoba yang paling berbahaya untuk anak bangsa di masa akan datang," katanya.

Basmin mengatakan, satu dari sekian faktor terjadinya laka lantas dikarenakan siswa sekolah yang belum cukup umur, menggunakan kendaraan menuju sekolah. Untuk itu, tambahnya perlu dirumuskan bersama oleh pihak terkait untuk menemukan solusi bersama.

"Perlu dimusyawarahkan Kapolres dengan Dinas Pendidikan terkait anak SMP dan SMA itu dilarang naik motor kecuali diantar orang tua, kalau jalan sendiri harus naik sepeda," tambah Basmin.

Untuk diketahui, dalam memeriahkan HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke 67 Tahun 2022 Sat Lantas Polres Luwu melaksanakan Lomba Festival Layang Layang di Pelabuhan Belopa dan Funbike Wija To Luwu.

Mengangkat tema Bangkit Bersama Menuju Indonesia Maju, kegiatan tersebut diikuti seluruh eleman masyarakat, baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa.

Diketahui Festival Layang Layang dan Funbike diikuti 1.000 peserta dari masyarakat luas dengan hadiah utama sepeda motor dan berbagai macam hadiah door price menarik

Kapolres Luwu AKBP Arisandi, bahwa selain sebagai ungkapan rasa syukur HUT Lantas ke 67, kegiatan tersebut sengaja digelar untuk mendekatkan diri (Polri) dengan masyarakat.

"Korps Lalu Lintas Polri memiliki peran penting dalam pengelolaan keamanan wilayah yang salah satu tugas pokoknya adalah memastikan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Oleh karena itu, lalu lintas bersama stake holder terkait harus mampu membangun budaya tertib berlalu lintas. Harus menjadi budaya, tertib tidak hanya karena ada polisi tapi harus menjadi sebuah kesadaran masyarakat," terangnya. (fan/ikh)

  • Bagikan