Hadiri Rapat Kesiapan TMMD Ke-115, Dandim 1403 Palopo Paparkan Kesiapannya

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Dalam rangka memantapkan kesiapan pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 dan Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) Tahun 2022, Kodam XIV/Hasanuddin gelar Paparan oleh Dansatgas TMMD dan Kapendam yang diterima langsung oleh Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han), di Balai Pertemuan Hasanuddin (BPH) Makodam, jalan Urip Sumoharjo, Makassar. Rabu (21/09/2022).

Dandim 1403 Palopo Letkol Inf Apriadi Nidjo S.M M.ip mengatakan, pelaksanaan TMMD ini akan dilakukan dalam dua jenis kegiatan yakni kegiatan fisik dan non fisik , sehingga diharapkan secara meraca masyarakat desa bisa menikmati hasil dari kegiatan ini. Untuk wilayah Kabupaten Luwu Utara, Program TMMD ini akan dilaksanakan 6 Lokasi di 5 Kecamatan.

“ Kelima Kecamatan tersebut yakni Kecamatan Masamba,Malangke, Tanalili, Mappedeceng, Sukamaju, dan Baebunta, anggarannya berasal dari Anggaran APBD Tahun 2022, diperuntukkan sebagai penunjang dari kegiatan yang akan dilaksanakan nanti,” ujar Letkol Inf Apriadi Nidjo S.M M.ip saat paparkan kesiapan TMMD.

Untuk Kecamatan Malangke, sasaran fisik yang akan dikerjakan berupa pembangunan Talud di jalan ruas Desa pice putevolume 311 Meter, Kecamatan Baebunta pembangunan talud jalan desa Mario volume 190 Meter, Kecamatan Mappedeceng pembangunan Drainase Desa Mekar Jaya volume 126 Meter.

Lebih lanjut, Dandim 1403 Palopo mengatakan bahwa Untuk pekerjaan fisik yang akan kami kerjakan Kecamatan Masamba pembanguna proteksi Bronjong Desa Taradda volume 85 Meter, Kecamatan Tana Lili pembangunan proteksi Bronjong sungai Patila Desa Patila Volume 77 Meter, Kecamatan Sukamaju pembangunan Talud jalan Lr 10B Desa Mulyorejo Volume 525 Meter,’’ lanjutnya dihadapan Pangdam XIV Hasanuddin.

Sementara dikegiatan non fisik, Alfriadi Nidjo mengatakan akan melakukan beberapa penyuluhan kepada masyarakat yaitu Penyuluhan peningkatan wawasan kebangsaan, Penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan Teroris dan Radikalisme, Pengobatan massal, beserta Donor darah.

Kemudian, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan TMMD dan Lomba Karya Jurnalistik ini merupakan suatu agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Pihaknya berharap, agar kegiatan TMMD bukan hanya dijadikan suatu hal yang biasa saja, melainkan harus melahirkan nilai-nilai baru yang memiliki Value, Inovasi dan harus bermanfaat bagi masyarakat.

"Jangan benarkan yang biasa, tapi biasakan yang benar", Ungkap Pangdam dengan kata bijak.

“Saya sudah berkali-kali mengikuti kegiatan TMMD, mulai dari masuk Kodim sampai Danrem, sudah menjadi biasa, jadi saya harapkan pelaksanaan TMMD ini memiliki nilai tambah, nilai yang bermanfaat, agar sudah direncanakan, disamping hanya sasaran fisik dan non fisik juga bisa menjadi nilai tambah, cari penemuan baru, sehingga dapat menimbulkan manfaat bagi masyarakat,” Harapnya.

Mayjen Totok juga berpesan kepada para Danrem agar dalam pelaksanaan Lomba Karya Jurnalistik menjadi atensi khusus dan memerintahkan agar melibatkan rekan media, baik dari pemerintah daerah ataupun instansi lain untuk membuat berita yang menarik bagi pembaca.

“Saya minta kepada Danrem dan Dandim di wilayah untuk menjadikan TMMD sebagai pesta rakyat dengan membuat acara yang besar dengan melibatkan masyarakat sebanyak-banyaknya, beri edukasi mereka sehingga mereka merasa bahwa pembangunan di wilayah merupakan tugas pemerintah daerah, TNI dan tugas kita bersama,” Tandasnya.

Di akhir sambutannya orang nomor satu di Kodam XIV/Hasanuddin ini berpesan agar dalam pelaksanaan TMMD nantinya tidak ada prajurit yang membebani masyarakat melainkan keberadaan TNI harus memudahkan dan membantu sehingga dapat menimbulkan kemanunggalan yang hakiki dan terpatri dalam masyarakat.

"Saya juga berharap kegiatan TMMD ke-115 dan Lombanya Karya Jurnalistik ini bisa mendapat hasil yang maksimal jangan sia-sia dalam program," Tutupnya.

Untuk diketahui kegiatan TMMD ke-115 ini akan dilaksanakan di beberapa wilayah diantaranya, di Kodim 1403 Palopo, Kodim 1414 Tator Kabupaten Tana Toraja, Kodim 1401 Majene Kabupaten Majene dan Kodim 1412 Kolaka Kabupaten Kolaka.. (rls)

  • Bagikan