Ketua PAN Sulsel Dorong Husmaruddin Maju di Pilkada Luwu, Ashabul Kahfi: Silakan Sosialisasi Mulai Sekarang

  • Bagikan

Husmaruddin

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Tokoh asal Luwu yang kini menjadi anggota DPRD Sulsel, Husmaruddin, masuk bursa untuk bersaing maju pada pemilihan kepala daerah.

Husmaruddin bersama dua legislator  DPRD Sulsel asal Partai Amanat Nasional (PAN) digadang-gadang maju di daerah masing-masing untuk bertarung di Pilkada. Ketiganya dianggap sudah layak diusung pada 2024 mendatang.

Mereka adalah Andi Irwandi Natsir untuk Pilkada Bone dan  Syamsuddin Karlos di Jeneponto.

"Bagi mereka yang ingin maju di Pilkada silakan sosialisasi dari sekarang. Partai memberi dukungan penuh," kata Ketua DPW PAN Sulsel Ashabul Kahfi, Jumat, 23 September 2022 seperti dilansir fajar.co.id.

Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi

Jika sosialisasi maksimal, kata Kahfi akan dibuktikan dengan respon masyarakat melalui survei. "Kalau mengukur dari kapasitas semua layak. Tetapi untuk mengusung calon kepala daerah salah satu pertimbangannya hasil respon publik dari survei," katanya.

Tetapi Kahfi menegaskan agar semua kader untuk sementara fokus dahulu memenangkan PAN di Pileg. Bagi yang berminat maju di Pilkada sekaligus bisa sosialisasi memperkenalkan diri.

Andi Irwandi Natsir yang ditemui di DPRD Sulsel mengamini jika dirinya sudah diberi lampu hijau oleh partainya. Mantan kepala Desa Bonto Cani ini mengklaim sudah membentuk jaringan pemenangan di desa-desa.

"Kita sudah diminta oleh DPW dan DPP agar berproses dengan matang di wilayah masing-masing. Untuk saat ini kita turun memperkenalkan diri. Turun memahami secara utuh seperti apa ekspektasi masyarakat. Itu upaya yang kita lakukan di tahap awal ini," jelasnya.

PAN menganggap ketiga kader ini sudah bisa bersaing. Sudah punya basis di akar rumput. Ketiganya merupakan sudah empat periode di legislatif, baik di kabupaten maupun provinsi. Bahkan pernah menjadi kepala desa.

"Soal kemampuan saya kira bisa disandingkan dengan calon lain. Begitu pula soal popularitas. Jaringan di desa, pasti kami sudah ada. Kita sudah punya karena kami pernah caleg. Itu bedanya dengan figur yang bukan legislator," kata dia.

Apalagi PAN mengunci lima kursi di DPRD Bone. Empat kursi di DPRD Jeneponto dan tiga kursi di DPRD Luwu. Sedangkan di DPRD Sulsel, PAN mengontrol tujuh kursi.

Husmaruddin juga telah membulatkan niatnya untuk maju di Pilkada Luwu. Anggota DPRD Sulsel dua periode ini mengaku sudah bersosialisasi. Yakni kepada parpol lain maupun tokoh masyarakat setempat.

“Sekarang ini kita jalan dulu, menawarkan konsep dan gagasan yang bakal dilakukan bila memimpin Luwu nantinya, semoga saja masyarakat memberikan dukungan,” kata Husmaruddin.

Sementara itu Syamsuddin Karlos mengaku masih harus melihat respons masyarakat Jeneponto terhadap dirinya setelah direstui partai. Apabila mendapat restu dari masyarakat Jeneponto, maka ia akan maju pada Pilkada mendatang.

"Kalau rakyat menilai saya sudah bisa melaksanakan tugasnya (sebagai bupati) kenapa tidak.'' Katanya. (Fjr/pp)

  • Bagikan