Ketua MUI Tana Toraja Ujian Proposal Disertasi S3 PAI di Unismuh Makassar

  • Bagikan
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tana Toraja, Zaenal Muttaqin, mengikuti Ujian Kualifikasi Proposal Disertasi S3 Pendidikan Agama Islam pada Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, di Ruang Rapat Senat Unismuh Menara Iqra Lantai 17 Kampus Unismuh Makassar, Senin, 26 September 2022. Foto: Herul / Humas Unismuh Makassar

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID MAKASSAR -- Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tana Toraja, Zaenal Muttaqin, mengikuti Ujian Kualifikasi Proposal Disertasi S3 Pendidikan Agama Islam pada Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, di Ruang Rapat Senat Unismuh Menara Iqra Lantai 17 Kampus Unismuh Makassar, Senin, 26 September 2022.

Zaenal Muttaqin yang juga Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tana Toraja, mengusung judul disertasi “Pendidikan Islam dan Kerukunan Umat Beragama (Optimalisasi Peran Tongkonan dalam Meningkatkan Kerukunan Umat Beragama) di Tana Toraja).

Ujian Kualifikasi Proposal Disertasi S3 dipimpin Prof Nasir Mahmud, dengan tim penguji Dr KH Mustari Bosra, Dr Azis Muslimin, Dr Darwis Muhdina, dan Dr Abdul Rahim Razak.

Pada hari yang sama beberapa jam sebelumnya, Wakil Dekan IV Fisip Unismuh, Muhammad Amin, juga mengikuti Ujian Kualifikasi Proposal Disertasi S3 dengan mengangkat judul “Implementasi Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar.”

Ujian dipimpin Prof Ambo Asse, dengan anggota tim penguji terdiri atas Prof Bahaking Rama, Dr Dahlan Lamabawa, Dr Darwis Muhdina, dan Dr Abdul Rahim Razak.

Ketua Prodi S3 PAI PPs Unismuh Makassar, Prof Bahaking Rama, mengungkapkan, sejak ditunjuk menjadi Kaprodi, ia mulai proaktif menghubungi mahasiswa agar segera menyiapkan proposal disertasi.

“Dari 31 mahasiswa, 16 orang dari angkatan pertama, dan 15 orang dari Angkatan kedua, alhamdulillah ada 21 mahasiswa yang sudah siap ujian proposal,” sebut Bahaking.

Bahaking berpesan agar mahasiswa S3 yang ada di Unismuh, proaktif mempromosikan S3 PAI Unismuh, apalagi prodi tersebut sudah Terakreditasi Baik dari BAN PT dan sebentar lagi sudah memiliki alumni.

“Jangan ragu memilih Program Doktoral PAI Unismuh,” kata Bahaking sambil tersenyum.

Rektor Unismuh Prof Ambo Asse, yang juga bertindak sebagai Ketua Tim Penguji, menargetkan agar mahasiswa yang telah selesai seminar proposal, bisa segera merampungkan proposalnya sebelum akhir tahun 2022.

Ujian Kualifikasi Proposal Disertasi S3 Pendidikan Agama Islam hari pertama dihadiri para mahasiswa S3 PAI Unismuh, antara lain Drs KH Mawardi Pewangi MPdI yang juga Wakil Rektor IV Unismuh, dan Drs Arfah Bas’ha MPdI yang menjabat Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Sistem Informasi (BAAKSI) Unismuh Makassar. Turut hadir, Kaprodi S2 Pendidikan Islam Unismuh Dr M Rusli Malli MPdI.(int)

  • Bagikan