Sejumlah Mantan Pejabat Bakal Ramaikan Pilcaleg

  • Bagikan

PALOPO -- Perhelatan politik pemilihan calon anggota legislatif tahun 2024 bakal diramaikan sejumlah kalangan dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

Di Kota Palopo, terdapat sejumlah ASN maupun mantan ASN disinyalir akan mengambil bagian dalam perhelatan tersebut. Dari informasi yang dihimpun Palopo Pos di lapangan, beberapa ASN tersebut ialah, Farid Kasim Judas (FKJ). Kepala BKPSDM Kota Palopo ini menguat untuk bertarung di pemilihan legislatif (Pileg) pada Pemilu 2024 untuk tingkat DPR RI. Kemudian, ada nama Suryani Kaso. Mantan Kaban Pemberdayaan Perempuan dan KB Pemkot Palopo ini namanya mulai tercium untuk maju di Pileg tingkat DPRD Kota Palopo.

Saat ini, Suryani Kaso masih aktif sebagai abdi negara dengan masa pengabdian berakhir di Desember 2022 tahun ini. Oleh karenanya, ASN yang pernah menjabat sebagai Camat Wara Selatan ini dipastikan akan berkarir di dunia politik. Selain, ada nama Darsan Dappi. Darsan saat ini masih aktif sebagai ASN Pemkot Palopo.

Namanya sudah mencuat ke permukaan untuk maju di pileg mendatang. Adapun Darsan selama ini dikenal sebagai organisatoris, seperti pernah menjadi pengurus NPI Palopo dan Ketua KNPI Palopo. Dia juga menjabat sebagai Camat Telluwanua Palopo.
Sementara, ada pula beberapa mantan pejabat Pemkot Palopo yang kini sudah berstatus pensiun dari ASN.

Seperti, Mas Jaya Maksum. Mantan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Palopo ini juga disinyalir bakal meramaikan perhelatan Pileg untuk DPRD Kota Palopo. Selanjutnya, ada mantan Sekretaris DPRD Palopo, Amirullah juga dipastikan ikut persaingan untuk calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Palopo 2024 mendatang.

Tidak hanya itu, mantan Sekretaris Kota (Sekkot) Palopo, Jamaluddin Nuhung. Jamaluddin saat ini tengah bergabung di Partai Hanura. Dirinya juga dipastikan maju bertarung di Pileg untuk tingkat DPRD Palopo dan yang terakhir ada nama Ansir Ismu.

Ansir Ismu merupakan mantan ASN. Selama berkarir di ASN sejumlah jabatan strategis pernah diembannya di lingkup Pemkot Palopo, seperti Camat, kepala bagian Humas sekretariat daerah Palopo, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Palopo.

Divisi Tekhnis KPU Kota Palopo, Ahmad Adiwijaya, Senin, 26 September 2023 mengatakan bahwa untuk maju dalam kontestasi Pileg mendatang terbuka bagi semua kalangan tidak terkecuali mereka yang berlatar belakang sebagai ASN. Akan tetapi, bagi ASN yang ingin maju dalam Pileg nantinya wajib mundur sebagai ASN sebelum dilakukannya penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT) pada 10 November 2023.

"Begitu DCT ditetapkan bersangkutan sudah tidak lagi berstatus sebagai ASN yang ditandai bukti surat dari Kemendagri. Itu jelas aturannya dalam PKPU," katanya.(rul/idr)

Beberapa Nama Pejabat dan Pensiunan ASN Diisukan Maju Pileg 2024

  • Farid Kasim Judas (Kepala BKPSDM Palopo) membidik DPR RI
  • Suryani Kaso (mantan Kaban PP-KB) membidik DPRD Palopo
  • Darsan Dappi (mantan Camat Telluwanua) membidik DPRD Palopo
  • Mas Jaya Maksum (mantan Kadis Pertanian) membidik DPRD Palopo
  • Amirullah (mantan Sekwan Palopo) membidik DPRD Palopo
  • Jamaludding Nuhung (mantan Sekkot Palopo) membidik DPRD Palopo
  • Ansir Ismu (mantan Kadis Pariwisata) membidik DPRD Palopo
  • Bagikan