Anies Capres NasDem, Ucap Bismillah dan Insyaallah

  • Bagikan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri pendeklarasian dirinya sebagai capres dari Partai NasDem untuk Pilpres 2024 di NasDem Tower, Jakarta Pusat. Senin (3/10). Foto: Kenny K Putra/JPNN.com

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Partai Nasdem akhirnya memulai tensi persaingan pada pemilihan Presiden 2024 mendatang. Itu setelah, Partai Nasdem menyatakan siap mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Anies sendiri menyatakan kesiapannya menjadi calon presiden dari Partai NasDem pada Pilpres 2024.

Anies menyampaikan itu dalam Deklarasi Calon Presiden Partai NasDem di Jakarta, Senin, 3 Oktober 2022.

Dalam deklarasi itu, Ketua Umum NasDem Surya Paloh menyampaikan keputusan parpolnya soal memilih Anies sebagai capres.

Anies yang hadir langsung dalam deklarasi itu pun diberi kesempatan menanggapi keputusan NasDem.

"Bang Surya Paloh dan keluarga besar NasDem, bismillah kami terima, kami siap jalan bersama," kata Anies. Saat berpidato, Anies juga mengutip salah satu isi Manifesto Partai NasDem yang memuat cita-cita tentang demokrasi Indonesia yang matang.

Mantan rektor Universitas PAramadina itu mengaku mengingat terus pesan dalam manifesto itu. "Menjadi tempat persandingan keragaman dengan kesatuan, dinamika dengan ketertiban, kompetisi dengan kesamaan. kebebasan dengan kesejahteraan," tuturnya.

Namun, mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu meminta izin untuk menyelesaikan tugasnya sebagai gubernur DKI Jakarta terlebih dahulu sebelum fokus soal capres.

Capres "Sesudah itu saya langsung bersiap, bangun kolaborasi yang solid, bersiap membangun apa yang diamanahkan NasDem sebagai tanggung jawab ke negeri ini dan insyaallah niat baik yang jadi cita-cita kita bisa tercapai," katanya.

Sebelum Anies berpidato, Surya Paloh menjelaskan alasan NasDem mendeklarasikan cucu Pahlawan Nasional Abdurrahman Baswedan itu sebagai capres.

Menurut Surya, partainya mencari anak-anak bangsa dengan kapasitas baik dari kelompok mana pun. Selanjutnya, NasDem memilih yang terbaik dari figur-figur yang baik itu.
"Makanya yang dicari NasDem adalah yang terbaik daripada yang baik-baik. Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat sosok Anies Rasyid Baswedan," ujar Surya.(jpnn/pp)

  • Bagikan