Pemkot Palopo Serahkan Lokasi BLK Dikelola Unanda

  • Bagikan
WALI Kota Palopo, HM Judas meresmikan penyerahan BLK Palopo untuk dikelola pihak Universitas Andi Djemma disaksikan Rektor Dr Annas Boceng, Ahad 2 Oktober 2022. ALDY/PALOPO POS

Rektor Dr Annas: Kita akan Jadikan Agrokompleks dan Jadikan BLK Komunitas

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo bakal melakukan pengembangan lokasi BLK yang merupakan aset Pemerintah Kota Palopo menjadi BLK Komunitas. Itu setelah Unanda mendapatkan persetujuan Pemkot Palopo untuk mengelola aset tersebut. Selain BLK Kompleks juga akan dibangun BLK Komunitas.

Rektor Unanda Palopo, Dr Annas Boceng kepada Palopo Pos, Ahad 2 Oktober disela-sela kegiatan pengguntingan pita pemanfaatan lokasi BLK tersebut menuturkan, BLK Komunitas yang akan dikembangkan ini berdasarkan dukungan Kemenaker yang mensupport dua perguruan tinggi di Sulsel, yakni Unanda Palopo dan UMI Makassar yang akan membantu dua kegiatan.

Dimana Unanda Palopo ditunjuk sebagai pelaksana program seleksi delegasi penerimaan tenaga magang ke luar negeri yang wilayah kerjanya ini di Luwu Raya dan Toraja, dan sekitarnya. Dimana itu akan berjalan tahun ini. Kemudian yang kedua adalah, kementerian akan membantu pembangunan tempat ini sebagai tempat pelatihan yang rencananya akan berjalan pada 2024 mendatang," jelasnya.

Diketahui pada Ahad, kemarin, Unanda resmi mengelola gedung BLK Palopo yang merupakan aset Pemerintah Kota Palopo untuk dimanfaatkan. Itu ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wali KOta Palopo, HM Judas Amir, didampingi Sekkot Palopo, Firmanza, Kepala Dinas Tenaga Kerja Palopo, Asmiati, Rektor Unanda Palopo, Dr Annas Boceng dan sejumlah civitas Akademika Unanda di lokasi tersebut.

Rektor Dr Annas Boceng mengatakan dengan pengelolaan BLK ini kepada Unanda tentu pihaknya akan memaksimalkan amanah Wali Kota yang diberikan. Karena harapan ini tentunya untuk kepentingan masyarakat luas, dan itu sangat sejalan dengan Unanda. "Tentu kita akan memanfaatkan lokasi gedung BLK ini sebaik-baiknya, karena harapan sinergi dengan Pemerintah dimana tidak hanya bagi kampus saja namun memberikan manfaat besar kepada masyarakat luas, kami juga tidak akan hadir disini jika tidak memberikan bisa memberikan manfaat, minimal masyarakat sekitar," ungkapnya.

Dr Annas Boceng menuturkan, gedung ini akan menjadi Agrokompleks Unanda bagi 3 Fakultas yakni Pertanian, Perikanan dan Kehutanan. "Tentu akan kita benahi terlebih dahulu untuk dimanfaatkan sebagai Agrokompleks Unanda bagi 3 fakultas," jelasnya.

Ia berencana untuk pengembangan tanaman hidroponik terbesar di Kota Palopo di lokasi itu, pengembangan jamur tiram dan sejumlah pembibitan. "Kita harap nantinya lokasi BLK ini menjadi ikon Palopo untuk tanaman organik," ujarnya. Ditegaskan Rektor, selain sebagai tempat praktik mahasiswa juga untuk kegiatan produksi untuk mensuplai kebutuhan masyarakat di Luwu Raya ini.

Sementara itu Wali Kota Palopo, HM Judas diksempatan itu mengungkap sejumlah alasan untuk memberikan lokasi BLK kepada Unanda Palopo, karena gedung ini dinilai terlantar sejak 11 tahun dan hingga saat ini tidak pernah berfungsi dengan baik. Lokasinya luas namun hanya digunakan paling banyak 100 orang itupun 3 kali setahun. "Ini salah satu awal berfikir saya mengajak Unanda memanfaatkan lokasi BLK ini, karena kalau begini terus akan tidak bagus ini gedung," jelasnya.

Kenapa? kata Wali Kota, kalau Unanda berkembang maka Kota Palopo juga akan berkembang. "Yang penting mau berbuat baik untuk kota Palopo kita akan berikan, dan bukan cuma unanda, banyak yang sudah kasih lokasi,"ungkapnya. Namun tentunya, Wali Kota Palopo berharap agar lokasi ini dimaksimalkan secara baik. Ia mengungkapkan, disini juga nanti akan dibangun kantor pemerintah, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja dan memanfaatkan beberapa gedung untuk dipergunakan secara luas oleh masyarakat. Diketahui terdapat sekitar enam gedung yang akan dikelola oleh Unanda Palopo, selebihnya yakni mesjid dan Aula akan dikelola oleh Pemerintah Kota. "Aulanya nanti ini kita beri nama HM Judas,"celetuk Rektor disambut aplaus civitas Akademika Unanda. (ald/idr)

  • Bagikan