Prodi PG-PAUD FKIP UIM dan PG-PAUD FIP UNG Laksanakan Seminar Nasional Bersama, Impelemetasi MBKM Mandiri

  • Bagikan

Ketua Prodi PAUD UIM, Nasaruddin, R, dan Ketua Prodi UNG Setio Utoyo bersama dekan FKIP Badruddin Kaddas, Ph. D dan pemateri seminar berpose bersama usai melaksanakan seminar nasional bersam di Auditorium Kh. Muhyddin Zein. --hmsuim--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Pogram Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Makassar (UIM) melaksanakan MoU dan Kegiatan Seminar Nasional Bersama dengan Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Rabu 5 Oktober 2022 di Auditorium K.H. Muhyiddin Zain UIM pukul 09.00 WITA.

Ketua Prodi PG PAUD FKIP UIM, Nasaruddin, S.Pd., M.Pd., menyampaikan terima kasih karena menjadikan PG PAUD FKIP UIM sebagai tujuan Kunjungan PPL dan Seminar Nasional Implikasi MBKM.

Rektor UIM Dr.Ir. Andi Majdah M. Zain, M.Si yang juga Ketua HIMPAUDI Sulawesi Selatan menyampaikan bahwa di era sekarang ini kita harus maju Bersama dengan Implikasi MBKM ini yang mengharuskan di berbagai bidang untuk mengadakan kolaborasi atau Kerjasama “.

Rektor UIM juga menjelaskan Hak belajar tiga semester di luar program studi adalah untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin
masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

Program-program experiential learning dengan jalur yang fleksibel diharapkan akan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai dengan passion dan bakatnya.

Rektor UIM Dr.Ir. Andi Majdah M. Zain, M.Si., juga mengapresiasi Prodi PG PAUD FKIP UIM karena melaksanakan MBKM secara Mandiri.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 100 Mahasiswa dan Dosen UNG Dr. Setio Utoyo, M.Pd., yang juga Ketua Jurusan PG PAUD FIP UNG menyampaikan Terima Kasih Kepada Prodi PG PAUD FKIP UIM yang telah menerima kunjungan PPL dan Kegiatan Seminar Nasional Implikasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Merancang Strategi Pembelajaran di PAUD , “Implikasi MBKM ini adalah MoA dan seminar nasional dalam rangka berkolaborasi meningkatkan kompetensi dan memberikan haknya kepada mahasiswa untuk kuliah 3 semester diluar Program Studi PG PAUD”.

Ketua Jurusan PG PAUD FIP UNG juga menyampaikan Terima Kasih kepada Rektor UIM yang telah memberikan penguatan dan materi Implikasi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka di PAUD.

Badruddin Kaddas, M.Ag., Ph.D., sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menyampaikan apresiasi kepada Prodi PG PAUD FKIP UIM dan Jurusan PG PAUD FIP UNG karena telah mengimplementasikan MBKM ini secara mandiri dengan melaksanakan Seminar nasional bersama.

Dekan FKIP UIM juga menjelaskan Bentuk kegiatan yang ada di MBKM adalah Pertukaran Pelajar, Magang/Praktik Kerja, Asistensi Mengajar di satuan Pendidikan, Penelitian/Riset, Proyek Kemanusiaan, Kegiatan Wirausaha, Studi/Proyek Independen, Membangun Desa/KKN Tematik.

Kegiatan MoU dan Seminar Nasional ini juga dihadiri oleh Mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dari Unisma Malang, IKIP Siliwangi Bandung, Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Pembawa materi dalam hal ini adalah Abd. Hakim Naba, S.Pd., M.Pd., Dosen PG PAUD FKIP UIM, Sri Rawanti, S.Pd., M.Pd., Dosen PG PAUD FIP UNG, Nurwan Lanter Mahasiswa PG PAUD FIP UNG, dan Damayanti Suci Ramadhani Mahasiswa PG PAUD FKIP UIM.

Pemateri Abd. Hakim Naba yang juga Tim Kurikulum MBKM Prodi PG PAUD FKIP UIM menjelaskan bahwa mahasiswa Prodi PG PAUD telah melakukan perkuliahan selama 1 semester di Jurusan Bimbingan Konseling Universitas Negeri Makassar dan telah mendapatkan pengalaman di bidang praktik konseling yang juga sebagai salah satu keunggulan dalam mengikuti kegiatan MBKM ini, mahasiswa Prodi PG PAUD telah melakukan Asistensi Mengajar selama 1 semester di TK Pabbata Ummi di Antang Kec. Manggala dalam kegiatan ini mahasiswa Menyusun Media Pembelajaran dan mempraktikkan kegiatan belajar mengajar sebagaimana menjadi seorang guru di TK, mahasiswa tidak hanya mempelajari teori tengtang cara mengajar tetapi juga langsung mengaplikasikan dengan mengajar selama 1 semester di TK.

Mahasiswa Prodi PG PAUD FKIP UIM telah melakukan perkuliahan di prodi yang berbeda di perguruan tinggi yang sama yakni di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UIM dalam perkuliahan ini mahasiswa mendapatkan pengalaman di bidang Bahasa inggris yang berkaitan dengan cara mengajar pada anak usia dini dengan memberikan pemahaman dasar dalam Bahasa inggris, mahasiswa sangat antusias karena mereka mendapatkan banyak kosakata baru terkait pembelajaran Bahasa inggris dalam satu semester.

Mahasiswa Prodi PG PAUD FKIP UIM sementara melaksanakan MBKM Mandiri di Prodi Teknik Informatika UIM untuk mendapatkan pembelajaran dan pengetahuan tambahan di bidang Teknik informatika.

Pemateri Sri Rawanti, S.Pd., MPd., Dosen PG PAUD FIP UNG mengatakan bahwa adopsi Kurikulum Merdeka dilakukan secara bertahap.

Satuan pendidikan mempelajari Kurikulum Merdeka, melakukan penilaian diri dan menentukan pilihan implementasi Kurikulum Merdeka sesuai kesiapan satuan pendidikan masing-masing.

Ada 3 pilihan implementasi yang dapat dijalankan oleh Satuan Pendidikan.

(1) Mandiri Belajar yaitu menerapkan beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka, tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan (K-13) yang sedang diterapkan pada satuan pendidikan PAUD.

(2) Mandiri berubah menerapkan kurikulum merdeka menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan pada satuan pendidikan PAUD,

(3) mandiri berbagi menerapkan kurikulum merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar di satuan pendidikan PAUD. (*/pp)

  • Bagikan