Demokrat Target Tambah Kader di Senayan

  • Bagikan

Dari Dapil Sulsel 3, Terbuka yang Mau jadi Bacaleg

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Partai Demokrat bertekad untuk tetap bisa menempatkan kadernya di Senayan pada Pileg 2024, mendatang. Kalau bisa bertambah, dari satu menjadi dua figur yang lolos DPR RI. Saat ini di DPR RI, Partai Demokrat dari Dapil Sulsel 3, baru satu menempatkan perwakilan yakni, Muhammad Dhevy Bijak. Putra dari Wakil Bupati Luwu yang juga Ketua DPC Demokrat Kabupaten Luwu, Syukur Bijak.

Hanya saja, untuk memuluskan kadernya lolos ke DPR RI, saat ini Partai Demokrat berpikir keras. Lantaran, badai pandemi Covid-19 yang melanda sejak Maret 2020 sampai akhir 2021, lalu, dua tokoh senior Partai Demokrat Dapil Sulsel 3, meninggal dunia. Yaitu, almarhum Dr H Bahrum Daido dan mantan Bupati Torut Frederik Batti Sorring. Kepergian dua tokoh senior ini berdampak besar pada perolehan suara nantinya.

Sebagai informasi, hasil Pileg 2019, lalu, almarhum Dr H Bahrum Daido memperoleh dukungan suara sebanyak 31.127. Sedangkan almarhum Frederik Batti Sorring mendapat dukungan suara 36.564. Total 67.691 suara yang akan beralih nantinya pada Pileg 2024.
Untuk menjaga suara Partai Demokrat tetap utuh bahkan bisa bertambah, rekrutmen bakal caleg sudah dilakukan jauh hari.

Salah satu tokoh perempuan ternama di Tana Luwu, Bastem, dan Toraja, yang juga seorang pengusaha, Ir Dewi Sartika Pasande M.Sc (DSP) bergabung dengan partai berlambang mercy ini.
DSP, sapaannya menjadi "amunisi" dan angin segar bagi Partai Demokrat menyongsong Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI 2024. Anggota DPR RI dari Dapil Sulsel 3, Muhammad Dhevy Bijak Pawindu (DBP) bahkan memberikan ucapan selamat datang atas bergabungnya Ibu DSP.

"Alhamdulillah suatu kesyukuran buat kami selaku kader Partai Demokrat karena ternyata animo masyarakat untuk masuk sebagai kader Partai Demokrat sangatlah besar, dan terkait Ibu Dewi Sartika Pasande yang masuk sebagai kader Partai Demokrat dan maju sebagai bakal calon legislatif pusat dari Partai Demokrat ini merupakan angin segar dan tentu kami membukakan pintu selebar lebarnya untuk Ibu Dewi. Bukan cuman untuk Ibu Dewi tapi seluruh masyarakat yang ingin bergabung di Partai Demokrat, insyah Allah kami akan menerima dengan sebaik-baiknya," kata Muhammad Dhevy Bijak Pawindu yang dihubungi Palopo Pos, Kamis 6 Oktober 2022, kemarin.

Lanjutnya, dengan bergabungnya Ibu Dewi, target meraih dua kursi DPR RI di Dapil Sulsel 3 semakin terbuka lebar. Saat ditanyakan tokoh-tokoh caleg Partai Demokrat untuk kursi DPR RI, Muhammad Dhevy Bijak Pawindu mengatakan masih dalam tahap penyusunan komposisi dan penjaringan. Namun, ia menyatakan kalau Partai Demokrat terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung membawa perubahan menjadi lebih baik bagi bangsa dan masyarakat melalui Partai Demokrat.

Sebelumnya diberitakan DSP menyatakan diri akan maju dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI 2024.
“Saya Dewi Sartika Pasande mengatakan siap maju dalam pileg 2024 untuk DPR RI,” jelasnya, Ahad 18 September 2022. “Saya baru saja gabung bersama Partai Demokrat. Kita sama-sama berjuang,” tandas dari pengurus BPP KKLR dan PMTI ini.
“Mohon Doa dan Dukungan keluarga semua. Semangat ki. Mamesa ki,” tandasnya.

Ketua Bidang Luar Negeri PMTI ini yakin bersatunya keluarga dan masyarakat yang menjadi basis dalam kelompoknya akan menuai hasil manis dalam Pileg 2024 nanti.
Selain DSP, tokoh perempuan yang juga disebut-sebut akan mengisi komposisi bacaleg Partai Demokrat DPR RI adalah istri almarhum Dr H Bahrum Daido, yaitu Irmawati Yahya.

Saat ini Ibu Irmawati Yahya tergabung dalam kepengurusan DPD Demokrat Sulsel di bawah kepemimpinan Ni'matullah. Dengan masuknya Ibu Irmawati Yahya, tentunya harapannya suara pemilih dari almarhum Dr H Bahrum Daido dapat tetap terjaga. Sekadar informasi pada Pileg 2019, lalu, nama-nama caleg Demokrat DPR RI Dapil Sulsel 3 adalah, Hj APA Timo Pangerang, Alm Dr H Bahrum Daido, Alm Drs Frederik Batti Sorring, Ir H NUpri Basri, Michiko, Sri Handayani, dan Muhammad Dhevy Bijak. (idr)

Nama-nama Disebut Bacaleg Demokrat DPR RI Dapil Sulsel 3

  • Muhammad Dhevy Bijak : Anggota DPR RI saat ini
  • Dewi Sartika Pasande : Pengusaha, tokoh perempuan Tana Luwu, Bastem, Toraja
  • Irmawati Yahya : Istri alm Dr H Bahrum Daido
  • Bagikan