Kadispar Torut Harap Dukungan Warga Toraja Untuk Menyukseskan Event Festival Budaya Toraja 2022

  • Bagikan

Kadis Pariwisata Toraja Utara, Matius Sampelalong.. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO-Pemerintah Kabupaten Toraja Utara akan menggelar Lomba kesenian tradisional Festival Budaya tahun 2022 yang akan dilaksanakan di lapangan Bakti Rantepao dari tanggal 7 hinggah 11 November 2022 dalam rangka mempromosikan budaya Toraja.

Kegiatan ini di laksanakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Toraja Utara,dalam rangka mempromosikan budaya Toraja yang masih ada hinggah kini.

Sekaitan kegiatan tersebut Kepala Dinas Pariwisata Matius Sampelalong kepada Palopo pos, Sabtu,15 Oktober 2022 mengatakan festival budaya itu adalah untuk membangkitkan budaya-budaya yang selama ini tidak muncul, kemudian memberikan semangat kepada masyarakat -masyarakat di Toraja Utara khususnya budaya-budaya yang sudah lama terpendam itu dibangkitkan kembali.

"Festival ini dominan untuk budaya,hanya saja kita perlombakan supaya semangatnya itu bangkit kembali budaya - budaya Toraja.Nah ketika budaya Toraja itu bangkit kembali maka sudah barang tentu wisatawan mancanegara itu bisa terobsesi untuk datang ke Toraja Utara ". Ujar Matius Sampelalong.

Lanjut Kadis Pariwisata menambahkan terkait budaya Toraja yang akan dilombakan,dimana ada adat budaya untuk rambu solo' (kedukaan) dan rambu tuka' (kesenangan) jelaskan bahwa adat budaya ini adalah satu kesatuan ada yang budaya untuk rambu solo' dan ada yang budaya untuk rambu tuka',dan kalau pariwisata itu satu kesatuan ini yang bisa dipromosikan keluar .

"Jadi adat budaya untuk rambu solo'dan adat budaya untuk rambu tuka' satu kesatuan,litu keduanya tidak terpisah karena yang kita jual itu adalah budaya Toraja.Makanya ada didalam itu ,ini budaya itu cocoknya untuk rambu solo' oh itu budaya ini cocoknya untuk rambu tuka' satu kesatuan didalam event festival budaya 2022". Jelas Kadis Pariwisata Toraja Utara ini.

Kadis Pariwisata Kabupaten Toraja Utara, berharap dukungan dari stekholder dan seluruh masyarakat Toraja.

"Saya harap dukungan dari stekholder dan seluruh masyarakat Toraja yang ada di Toraja,bukan hanya di Kabupaten Toraja Utara tapi juga masyarakat dari Tana Toraja karena itu juga satu kesatuan untuk mendapatkan tamu wisata mancanegara (Wisman) ". Kunci Kadis Pariwisata ini.

Adapun budaya Toraja yang akan dilombakan yakni lomba baca Sura' madatu, Pa gellu tua,Gora-gora mali' , To ma'lambuk, Pa' pompang , Pa'pelle' ,Massuling Lembang, To Ma'dandan ,To manimbong ,To ma' daga dan Kontes Kerbau .(albert tinus)

  • Bagikan