Timnas Inggris, Salah Satu Kandidat Juara

  • Bagikan
Pemain yang akan memperkuat timnas Inggris di Piala Dunia Qatar 2022, November mendatang. --net--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, -- Timnas Inggris, salah satu tim yang akan bertanding di Piala Dunia 2022 Qatar November mendatang.

Timnas Inggris menjadi salah satu dari 32 negara yang akan berpartisipasi pada ajang Piala Dunia 2022 di Qatar pada November hingga Desember mendatang.

Tim berjuluk The Three Lions tergabung di Grup B bersama Iran, Amerika Serikat dan Wales.

Di Piala Dunia 2022 Qatar ini, Timnas Inggris menjadi salah satu kandidat juara. Hal ini tak lepas dari prestasinya di edisi 2018 lalu.

Pada Piala Dunia 2018 lalu, Timnas Inggris berhasil masuk ke babak semifinal dan menjadi tim terbaik keempat di belakang Prancis, Kroasia dan Belgia.

Bahkan belum lama ini Timnas Inggris juga hampir menjuarai Euro 2020, andai tak tumbang dalam drama adu penalti kontra Italia.

Kiprahnya di empat tahun terakhir ini membuat Timnas Inggris diprediksi akan menjadi salah satu kandidat juara.

Apalagi saat ini Timnas Inggris dalam motivasi tinggi untuk meraih gelar Piala Dunia pertamanya sejak berhasil menjadi juara pada edisi 1966 silam.

Mampukah Timnas Inggris meraih gelar juara Piala Dunia 2022? Untuk menjawabnya, ada baiknya melihat lebih jauh kiprah dan komposisi tim berjuluk The Three Lions tersebut.

Timnas Inggris merupakan langganan tetap Piala Dunia. Tercatat sejak 1950, The Three Lions hanya tiga kali gagal menembus putaran final.

Prestasi terbaik Timnas Inggris di Piala Dunia adalah saat menjadi juara Piala Dunia 1966 kala ajang tersebut di gelar di tanahnya sendiri. Selebihnya, The Three Lions hanya mampu menjadi peringkat 4 terbaik dan terhenti di fase grup maupun fase gugur.

Sedangkan di babak kualifikasi, Timnas Inggris punya kiprah mentereng, yakni dengan rekor 85 kemenangan, 27 hasil imbang, dan 11 kekalahan dari 122 laga.

Di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Inggris berhasil lolos dengan status juara grup, usai menang 8 pertandingan dan 2 kali imbang dalam 10 laga.

3 Pemain Kunci

Timnas Inggris menjadi salah satu kandidat juara karena banyaknya bintang di kubu The Three Lions yang menghuni liga-liga top Eropa,

Untuk Piala Dunia 2022 nanti, Timnas Inggris diyakini akan mengandalkan 3 bintangnya, yakni Harry Kane, Raheem Sterling, dan Jude Bellingham.

Harry Kane merupakan kapten Timnas Inggris saat ini. Namanya dikenal berkat ketajamannya baik di level klub dan tim nasional.

Sedangkan Raheem Sterling juga merupakan juru gedor Timnas Inggris, terutama di Euro 2020 lalu. Belum lagi dengan Jude Bellingham yang berstatus salah satu pemain muda dan gelandang terbaik di Eropa.

Untuk meraih gelar di Piala Dunia 2022 ini, Timnas Inggris mengandalkan ramuan sang pelatih, Gareth Southgate yang telah terbukti di dua gelaran besar.

Di Piala Dunia 2018 lalu, Southgate mampu membawa Timnas Inggris ke semifinal dengan status kuda hitam. Pun di Euro 2020 lalu, ia mampu membawa The Three Lions ke final.

Kiprah apiknya terutama dalam ajang-ajang bertajuk turnamen, membuat Southgate dipercaya bisa menyamai prestasi Sir Alf Ramsey pada Piala Dunia 1996 silam.

Pemain kunci

Inggris merupakan salah satu pencetak pemain-pemain terbaik di dunia. Oleh karena itu, tidak heran jika Inggris akan menjadi salah satu favorit juara dunia.

Salah satu pemain kunci Inggris adalah Harry Kane. Penyerang Tottenham Hotspur ini sedang dalam penampilan terbaiknya.

Kane menjalani debut di Timnas Inggris pada 2015. Dikutip dari Transfermark kini ia memiliki 73 caps dengan 50 gol dan memberikan 43 assist. Total dia sudah bermain dalam 5.643 menit.

Komentar Manajer

Berada di Grup B bersama Amerika, Wales, dan Iran membuat Southgate tak ingin meremehkan salah satu tim. Southgate mengatakan ingin membawa The Three Lions lolos ke babak selanjutnya.

"Kami harus lolos dari penyisihan grup. Seperti apa yang sudah kami lakukan sebelumnya, yaitu lolos dari penyisihan grup dan kami akan membangun dari sana," kata Southgate dikutip dari laman FA.

Penyerang Inggris, Harry Kane pun nampak senang dengan hasil undian Inggris di Piala Dunia. Ia bahkan sudah tak sabar ingin segera bermain. "Sangat senang melihat siapa saja yang berada di grup kami. Bermain di laga pertama akan sangat senang," kata Kane dalam Twitternya.

Jadwal Inggris di Piala Dunia 2022:

21 November, Inggris vs Iran
25 November, Inggris vs Amerika Serikat
29 November, Inggris vs Wales.

Profil Timnas Inggris

-Nama Federasi: The Football Association

-Julukan: The Three Lions

  • Manajer: Gareth Southgate

-Pemilik Caps Terbanyak: Peter Shilton (125 caps)

  • Top Skor: Wayne Rooney (53 gol)
  • Julukan: The Three Lions
  • Presentasi di Piala Dunia: Juara 1966

Daftar Pemain (per 14 Juni 2022)

Kiper:

Aaron Ramsdale
Nick Pope
Jordan Pickford

Bek:

Harry Maguire
John Stones
Kyle Walker
Reece James
Kieran Trippier
Marc Guehi
Fikayo Tomori
Conor Coady
James Justin

Gelandang:

Declan Rice
Kalvin Phillips
Mason Mount
Jude Bellingham
Conor Gallagher
James Ward-Prowse

Penyerang:

Jarrod Bowen
Harry Kane
Bukayo Saka
Jack Grealish
Raheem Sterling
Harry Kane
Phil Foden
Tammy Abraham (***/pp)

  • Bagikan