Sejumlah Incumbent masih Maju Caleg Provinsi

  • Bagikan

Juga Ada Pendatang Baru dan Legislator Kab/Kota Naik Kelas

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Sejumlah incumbent disebut-sebut masih akan mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Sulsel dari Dapil XI Tana Luwu meliputi Kota Palopo, Kab. Luwu, Luwu Utara, dan Luwu Timur.

Sebut saja, Andi Hatta Marakarma (Golkar), Esra Lamban (PDIP), Rakhmat Kasjim (NasDem), Wahyuddin Nur (Hanura), Andi Fadriati AS (Demokrat), Drs Marjono (Gerindra), dan Andi Syarifuddn P (PKS).
Sementara beberapa legislator Sulsel dikabarkan akan maju Caleg pusat, bahkan ada yang maju pada Pilkada 2024. Seperti Jabbar Idris (PPP) dan Irwan Hamid (PKB) akan menuju Senayan. Kemudian Dr H Husmaruddin akan maju pada Pilkada Luwu dan Taqwa Muller sudah mempersiapkan diri jadi Wakil Bupati Lutim.

Pakar Hukum Demokrasi Unanda, Dr Haedar Djidar SH MH yang dihubungi Palopo Pos, Rabu, 26 Oktober 2022 kemarin, mengatakan, yang namanya incumbent dan telah merasakan 'nikmatnya' fasilitas wakil rakyat, tentu masih berhasrat maju.

''Tentu ada juga pendatang baru yang percaya diri lolos ke DPRD Sulsel. Beberapa anggota DPRD kab/kota dikabarkan anak naik kelas,'' jelas Haedar yang juga mantan Ketua KPU Palopo.

Adapun caleg incumbent yang diprediksi masih maju ke provinsi yakni Esra Lamban (PDIP), Rakhmat Kasjim (NasDem), Wahyuddin Nur (Hanura), Andi Fadriati AS (Demokrat), Drs Marjono (Gerindra), A Syarifuddin P (PKS), dan Andi Hatta Marakarma (Golkar). Sedang legislator Sulsel yang disebut-sebut akan naik kelas menuju Senayan yakni Jabbar Idris (PPP), Irwan Hamid (PKB).

Sementara pendatang baru pada kontestasi Caleg provinsi yang diperbincangan masyarakat Palopo yakni Arham Basmin (NasDem), Baharman Supri (Golkar) dan Dahri Suli (PKB). Dua nama terakhir merupakan legislator Palopo yang akan naik kelas ke provinsi. ''Sebaiknya memang legislator yang sudah dua atau tiga periode duduk di DPRD, agar tes-tes nyali naik kelas,'' tandas pria yang selalu tampil necis ini.

Disinggung nama Wali Kota Palopo Judas Amir yang disebut-sebut akan maju ke provinsi, Haedar mengaku, tidak memonitor hal itu. Ketua PDIP Palopo, Alfri Jamil SE MSi yang dikonfirmasi secara terpisah, Rabu kemarin, mengatakan, belum ada informasi dari DPD PDIP Sulsel terkait nama-nama caleg provinsi. Namun incumbent (Esra Lamban) merupakan andalan PDIP di Tana Luwu.

Sebelumnya, Ketua PAN Palopo, Abduh Bakri menyatakan, dirinya memiliki plan (rencana) untuk maju caleg provinsi. Selain itu, pengurus PAN Sulsel, Jamaluddin Nawir akan maju juga caleg provinsi.

Sebelumnya juga, Ketua DPD PKS Palopo, Ibrahim Halim mengungkapkan, kemungkinan dirinya maju caleg provinsi. Pasalnya, ia memiliki lebih banyak konstituen potensial yang tersebar pada empat kab/kota di Tana Luwu, ketimbang pada Dapil tertentu di Palopo.

Informasi yang dihimpun Palopo Pos, Marthen Rantetondok yang akan PAW menggantikan Taqwa Muller, juga akan meramaikan bursa Caleg provinsi di Dapil Tana Luwu. Demikian pula halnya mantan anggota DPRD Luwu, Hafidah Rauf Basyuri (Golkar).

Menurut Marten yang ditemui pada pelantikan Golkar Palopo di SCC beberapa waktu lalu, ia sudah berapa kali maju caleg DPRD Sulsel dan selalu 'tabrak tembok'. Tapi kemudian, dilantik melalui mekanisme PAW. (ikh)

  • Bagikan