MEMAKSIMALKAN MENU REFERENCES PADA MICROSOFT WORD DALAM PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN ARTIKEL JURNAL DAN TUGAS AKHIR STUDI

  • Bagikan

Oleh Dr. Jalil, S.Pi., M.P.*)

*)Dosen pada Program Studi Magister Manajemen Perikanan Universitas Terbuka

“Penulisan referensi dan daftar Pustaka pada laporan tugas akhir program studi dan artikel pada jurnal ilmiah merupakan salah satu unsur penting yang dapat menentukan diterima atau tidaknya laporan atau artikel.  Tugas akhir program studi yang saya maksud di sini adalah Skripsi untuk, Tesis, maupun Disertasi masing-masing tingkatan strata satu sampai strata tiga”

Style penulisan refrensi sangat penting diperhatikan dalam membuat artikel/Manuscrift jurnal atau laporan penelitian tugas akhir program studi. Banyak manuscrift yang ditolak pada tahap awal hanya karena salah menggunkan model referensi dan sitasi yang dipersyaratkan oleh jurnal tertentu.  Terutama pada jurnal-jurnal yang bereputasi internasional maupun bereputasi nasional.  Begitupun pada penulisan laporan tugas akhir  Skripsi, tesis maupun Disertasi yang tidak ditandangani atau dikembalikan oleh pembimbing hanya karena keliru menggunakan style gaya selingkung  yang dipedomonai oleh perguruan tinggi yang bersangkutan dalam penulisan sitasi dan daftar Pustaka.

Saat ini tersedia bebagai aplikasi yang dapat digunakan untuk manajemen referensi.  Beberapa aplikasi tersebut antara lain adalah Mendeley, Zotero dan EndNote, baik yang berbayar maupun yang gratis.  Disisi lain Microsoft word (Msword) juga menyediakan menu untuk penulisan sitasi dan referensi untuk penulisan artikel  jurnal (manuscrift) maupun laporan tugas akhir program studi.  Menu references standar dari aplikasi ms Word, tetapi belum banyak dimanfaatkan oleh penulis pada saat menulis laporan atau artikel ilmiah.  Artikel ini akan membahas teknik penulisan sitasi dan referensi dengan menggunkan menu tersebut. 

Pada umunya, pembaca menggunakan aplikasi Ms. Word, terutama bagi pembaca kalangan pegawai/karyawan, mahasiswa, Guru serta Dosen.  oleh karena itu melalui artikel ini kami akan menjelaskana secara sederhana bagaimana memanfaatkan menu references tersebut agar dapat menambah wawasan bagi pembaca dalam penggunaan aplikasi Ms word khususnya pada menu Refrences.   Secara umum dapat dijelaskan bahwa Microsoft Word atau lebih dikenal Ms word adalah aplikasi yang digunakan untuk mengola kata (word processor) yang digunakan membuat tulisan dalam berbagai format berupa surat, artikel, laporan dan lain sebagainya.  Aplikasi ini dapat operasikan melalui desktop dengan operasi windows.  Pada saat pertama membuka Ms word akan tampil beberapa menu bar sebagaimana ditampilkan pada Gambar 1, yaitu; File – Home – Insert – Draw – Design – Layout – References – Mailing – Review – view – Help.

D

Gambar 1 Menu Bar Ms Office 2016

Salah satu menu yang belum banyak dimanfaatkan adalah menu Bar References. Pada menu References tersebut terdapat sub menu “Citation and Bibliografi”.  Menu ini dapat membantu pembaca untuk melakukan penulisan sitasi dan membuat daftar pustaka pada saat membuat proposal penelitian, laporan penelitian artikel jurnal (manuscrft).  Menu ini sangat efektif karena dapat menghindarkan penulis dari adanya sitasi/kutipan dalam tulisan yang tidak dituliskan dalam daftar Pustaka atau referensi  Keuntunfan kedua yaitu konsistensi penulis dalam melalukan penulisan dalam sitasi dengan menu ini penulis hanya menulis tulisan yang disitasi yang bersumber dari buku teks, artikel jurnal, laporan, peraturan perundangan, Pustaka online, koran dan lain sebagainya.

Untuk menggunakan menu citation and Bibliograhy dapat dilakukan dengan langnkah-langkah yaitu:  Buka aplikasi Ms Wordà References àInsert Citation àAdd New Citattion àType of Sourceà isi formular yang muncul àOK.  Pada saat membuka menu references kemudian memilih menu insert citation akan muncul menu sebagi mana pada pada kotak biru  gambar 1.

  1. Menulis input sitasi pada badan Tulisan

Pada menu insert citation memilih style yang dipersyaratkan atau gaya selingkung yang berlaku pada institusi atau jurnal yang akan menerbitkan artikel/Manuscrift yang penulis buat.  Pada menu style terdapat beberapa style referensi yang di gunakan antara lain: APA Style, Chicago Style, Harvard Style, IEEE style, MLA Style, Turabian dan lain-lain sebagainya.  Style penulisan tersebut mempunyai ciri-ciri masing-masing.  Adapun contoh perbedaan penulisan sitasi dalam tulisan dan daftarReferensi/Bibliografi  pustaka disajikan pada Tabel 1 yang menggunakan salah satu buku teks/sebagai referensi.

Sebagai contoh, pada satu artikel kitta akan mengutif buku yang berjudul: Filsafat Ilmu (edisi revisi) Konsep, Sejarah, dan Pengembangan Metode Ilmiah, Pengarang: Prof. Dr. Suwardi Endaswara, M. Hum yang diterbitkan oleh PT Buku Seru, Jakarta pada tahun 2015.

Langkah pertama untuk melakukan yaitu memilih menu refrences pada ms.word à KotaK A à atur style yang digunakan àinsert Citation akan muncul formulir seperti pada gambar 2

Gambar 2 Menu create source, untuk mengisi identitas Sumber yang digina sebagai referensi

Langkah selanjutnya adalah formulir seperti pada gambar 2. Cara pengisiannya yaitu:

  1.  Type Of Source. adalah tipe sumber pustaka yang digunakan dengan memilih tanda panah bawah (Gambar   Tipe sumber pustaka dapat berupa Buku reference, Buku chapter, laporan, artikel jurnal, artikel prosiding, website dan lain-lain.
  2. Author, menu untuk menuliskan nama dengan cara menulis sesuai nama yang ada pada buku (Suwardi Endrawan).  Jika penulis lebih dari satu orang stiap nama dipisahkan dengan tana titik koma (;).
  3. Title, untuk menuliskan judul buku/artikel yang di sitasi.
  4. Year, untuk mengisi tahun terbit buku/artikel yang di gunakan
  5. City, untuk mengisi tahun terbit buku yang gunakan.
  6. Publisher, untuk mengisi penerbit buku yang digunakan

Setelah pengisian formulir tersebut klik OK. Setelah meng-klik OK akan tampil sesuai pada kolom 2 Tabel 1.  Tampilan akan menyesuaiakan dengan style yang kita gunakan.

Tabel 1. Beberapa gaya penulisan sitasi dan daftar pustaka yang umum digunakan

StylePenulisan sitasi (dalam tulisan)Daftar pustaka
APA….Fislsafat dan filosof selalu berkaitan (Endraswara, 2015).Endraswara, S. (2015). Filsafat Ilmu (Edisi Revisi): Konsep, sejarah, dan Pengembangan Metode ilmiah. Jakarta: PT Buku Seru.  
Chicago….Fislsafat dan filosof selalu berkaitan (Endraswara 2015)  Endraswara, Suwardi. 2015. Filsafat Ilmu (edisi revisi): Konsep, Sejarah, dan Perkembangan Metode Ilmiah. Jakarta: Buku Seru.  
Harvard…..Fislsafat dan filosof selalu berkaitan (Endraswara, 2015)  Endraswara, S., 2015. Filsafat Ilmu (edisi revisi): Konsep, Sejarah, dan Perkembangan Metode Ilmiah. Jakarta: Buku Seru.  
IEEE…..Fislsafat dan filosof selalu berkaitan  [1]  [1]  S. Endraswara, Filsafat Ilmu (edisi revisi): Konsep, Sejarah, dan Perkembangan Metode Ilmiah, Jakarta: Buku Seru, 2015.
MLA…..Fislsafat dan filosof selalu berkaitan  (Endraswara)  Endraswara, Suwardi. Filsafat Ilmu (edisi revisi): Konsep, Sejarah, dan Perkembangan Metode Ilmiah. Jakarta: Buku Seru, 2015.  
Turabian…..Fislsafat dan filosof selalu berkaitan  (Endraswara 2015)  Endraswara, Suwardi. Filsafat Ilmu (edisi revisi): Konsep, Sejarah, dan Perkembangan Metode Ilmiah. Jakarta: Buku Seru, 2015.  

Demikian halnya jika yang akan kita gunakan adalah prosisding dari conference.  Salah satu artikel Conference seperti Gambar 3.

Gambar 3 Contoh artikel Konferensi  sebagai salah satu referensi

Langkah yang dilakukan adalah:

  1. Memilih menu references
  2. Memilih Style gaya selingkung misalnya; APA style
  3. Memilih Insert Citation
  4. Pada menu Source of citation pilih: Conference Proceedings
  5. Memasukkan identitas sumber sitasi dengan cara (Gambar 4)

Gambar 4 Menu Formulir untuk sitasi dari buku referensi

  • Menulis daftar Pustaka 

Untuk menulis daftar pustakan dengan bantun menu  Refrences khususnya Citation and bibliografi, dapat dilakukan dengan langkah sebagai berkiut:

  1. Buka menu References seperti pada saat memasukkan sitasi yang dijelaska sebelumnya, sub menu Citation and Bibliografi  sebagaimana pada gambar 5.

Gambar 5 Sub Menu Citation and Bibliografi

  • Pilih bibliografi klik dan  menu yang sesuai. (

Gambar 6. Menu Bibliografi

Sehingga hasinya sebagai berikut.

Daftar Pustaka

Endraswara, S. (2015). Filsafat Ilmu (Edisi Revisi): Konsep, sejarah, dan Pengembangan Metode ilmiah. Jakarta: PT Buku Seru.

Jalil, Mallawa, A., Amir, F., & Safruddin. (2020). Size Composition and length-weight relationships of the Yellowfin Tuna (Thunnus albacares) in Bone Bay. CORECT-IJJSS 2019 (p. 10). Bali: E3S Web of Conferences.

Untuk merubah style referensi tidak perlu mengubah dari awal, tetapi hanya melkukan perubahan pada menu style sehingga bias menghemat waktu dan meminimalkan kekeliruan penulisan sitasidan referensi. Demikian tulisan ini semoga bermanfaat bagi pembaca. (*/pp)

  • Bagikan