Pengamat: Komitmen Irvan Majid Tidak Diragukan untuk Membesarkan Partai Demokrat Palopo

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA---Partai Demorat Kota Palopo saat ini tengah dalam proses pemilihan ketua baru periode mendatang. Hasilnya, akan ditentukan pihak DPD partai Demokrat Sulsel dan DPP setelah melalui Muscab serentak tingkat Kabupaten/Kota, di Kota Makassar baru-baru ini.

Sementara, untuk partai Demokrat Palopo terdapat 2 calon yakni, Irvan Majid (wakil ketua DPRD) Palopo dan Dhevy Bijak (anggota DPR RI). Adapun Irvan Majid didukung 4 pimpinan anak cabang (PAC) dan Dhevy Bijak didukung 3 PAC.

Terkait hal tersebut, pengamat kebijakan publik dosen Unadan Kota Palopo, Dr. Syahruddin Syah, SE.MSi mengatakan bahwa proses pemilihan ketua Demokrat Palopo yang masih berjalan saat sekarang ini hasilnya akan ditentukan DPD dan DPP.

Meski begitu, Syahruddin mengharapkan ketua partai Demokrat Palopo ke depan diamanahkan terhadap figur yang berdomisili dan memiliki tugas pokok di Kota Palopo.

Di samping itu tentunya partai Demokrat Palopo ke depan bisa membangun sistem yang lebih baik ke depan sebagaimana sistem yang diterapkan oleh ketua Demokrat Palopo yang ada sebelumnya.

Seperti di era kepempinan Hamka Hidayat (Alm.). Dimana sistem atau program yang dibangun itu tersistematis dan terukur dan bersifat jangka panjang.

"Di masa kepemimpinan Hamka Hidayat ini bersitat terbuka dan merancang setiap program untuk sampai 20 tahun ke depan. Dalam jangka 20 tahun ini dibuat dirancang lagi sistem untuk jangka lima tahun ke depan yang dalam tiap tahunnya dilakukan evaluasi," katanya, melalui ponselnya, Kamis, 10 November 2022.

Mengapa dilakukan demikian. Sebab, partai Demokrat memiliki visi dan misi untuk menjadi partai penguasa ke depan khususnya di Kota Palopo. "Oleh sebab itu, beliau Hamka Hidayat mengawali langkah itu untuk menguasai tingkat DPRD lebih dahulu. Dan ketika itu terwujud maka sasaran berikutnya adalah bagaimana bisa berkuasa di pemerintahan," katanya.

Baginya hal itu sangat ia paham, sebab dirinya merupakan salah satu mantan PAC di era kepemimpinan Hamka Hidayat. Dengan sistem dan program yang dirancang saat itu betul-betul tearah sesuai visi dan misi partai Demokrat.

Disamping itu, keberadaan kader terbilang solid. Sebab, di masa itu semua kader dilibatkan dalam meramu dan merancang sistem dalam mewujudkan tujuan dari pada partai Demokrat. "Tentunya hal seperti ini dapat dilakukan ketua Demokrat Palopo yang baru ke depan. Bukan justru membangun sebuah sistem yang hanya menguntungkan kepentingan seorang/kelompok tertentu," katanya.

Terkait 2 kader yang bertarung saat ini, pak Eko, begitu akrab disapa, melihat sosok seorang Irvan Majid dapat membangun sistem seperti ini dan terlebih lagi kader-kader partai Demokrat yang aktif sebelumnya akan kembali bergabung. Bahkan, komitmennya dalam membesarkan partai Demokrat Palopo tidak diragukan.

"Itu bukan hal yang mustahil. Karena memang Irvan ini adalah sosok pekerja. Berdomisili dan kesibukannya ada di Kota Palopo. Tentunya banyak waktu yang diluangkan bekerja untuk partai Demokrat," tandasnya. (arsul)

  • Bagikan